Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melakukan proses pembelajran, mengedintifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan untuk menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Dimana tahapan pembelajaran menurut standar proses adalah pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah perencanaan pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada permendikbud.
Dimana RPP yang disusun harus berdasarkan Permendikbud 22 – 24 tahun 2016 dan tentunya RPP yang di buat harus terintegrasi diantaranya
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
Bagi guru Ilmu Pengetahuam Sosial yang saat ini sedang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berikut ini kami sajikan untuk anda contoh RPP Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9 kurikulum 2013 Revisi 2017 ( terintegrasi PPK ,literasi ,4C, dan HOTS) dan tentunya RPP Matematika kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2017 di susun berdasarkan materi yang terdapat buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 (Buku pegangan guru &dan siswa ) kurikulum 2013 revisi 2017
Adapun materi yang terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dijadikan sumber atau bahan pembuatan RPP yaitu diantaranya sebagai berikut
- Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, flora dan fauna) melalui peta rupa bumi Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut). Sumber Daya Manusia , jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan; kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan keragaman etnik (aspek-aspek budaya . Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)
- Perubahan sosial budaya Globalisasi (dalam bidang iptek, ekonomi, komunikasi, transportasi, budaya). Dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan kebangsaan. Upaya menghadapi globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.
- Ketergantungan antar ruang berdasarkan konsep ekonomi(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar). Pengaruh ketergantungan antar ruang terhadap migrasipenduduk, transportasi, lembagasosial,ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dankesejahteraanmasyaraat. Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Pasar Bebas (Masyarakat Ekonomi Asia, AFTA, APEC, Uni Eropa).
- Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan RI, peristiwa heroik sekitar proklamasi, proses pengakuan kedaulatan. Perubahan dan kesinambungan (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) masyarakat Indonesia pada masa demokrasi liberal dan demokrasi terpimpindalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa (antara lain: DI/TII, APRA, Andi Aziz, Pembebasan irian Barat, G30S/PKI) dan kerja sama Internasional (antara lain: KAA, Gerakan Non Blok, dan PBB). Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia masa Orde Baru. Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa reformasi. Mengenal tokoh-tokohpada masa awal kemerdekaan sampai reformasi
Baca juga
0 comments:
Post a Comment