Friday, September 22, 2017

RPP Antropologi Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 (PPK, Literasi & HOTs)

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 

dan salah satu kewajiban seorang tenaga pengajar sebelum melaksanakan pembelajaran yaitu diantaranya adalah menyusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP ), dimana RPP harus disusun secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. dan tentunya RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

RPP  dikembangkan secara rinci mengacu pada KI-KD, silabus dan bahan ajar. RPP terdiri atas komponen KI, KD, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, media, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.Masing-masing komponen saling berhubungan secara logis sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh. Sebagian besar komponen silabus dapat langsung digunakan dalam pengisian komponen-komponen RPP.

di Tahun Ajaran 2017/2018 ini dimana RPP yang disusun harus terintegrasi dengan pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. 4C (kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampua berpikir/lebih luas dari HOTS
    • HOTS (kemampuan berpikir)
  2. Literasi antara lain pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahama beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan, dll  
  3. Karakter
Begitupun sama halnya dalam penyusunan RPP untuk mata pelajaran Antropologi dimana RPP yang disusun harus terintegrasi dengan PPK, Literasi dan HOTs, dan bagi teman guru saat ini sedang menyusun RPP Antropologi untuk kelas 10 sebagai bahan panduan berikut ini kami sajikan khusus dan spesial untuk anda Contoh RPP Antropologi Kelas 10 Revisi 2017(PPK, Literasi & Hots) .
Adapun ruang lingkup materi antropologi kelas 10 yang dijadikan sumber bahan materi dalam pembuatan RPP diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pengertian tentang Ilmu Antropologi
  2. Konsep-konsep dasar Ilmu Antrpologi: Budaya (culture); Adat; Kelompok Etnik; Etnosentrisma, Relativisme Kebudayaan (cultural relativism), Emik; Etik; Holistik, Struktur Sosial; Bhinneka Tunggal Ika; Kerukunan nasional; Sikap Mental; Revolusi Mental.
  3. Sub-disiplin Ilmu Antropologi
  4. Tujuan, dan manfaat ilmu Antropologi
  5. Penggolongan sosial dalam masyarakat Indonesia berdasarkan kriteria tertentu (misalnya: agama, etnik, gender, pekerjaan, desa-kota) dalam rangka menyadari bahwa masyarakat Indonesia beraneka ragam
  6. Konsep Stratifikasi Sosial, yaitu pelapisan sosial dalam masyarakat berdasarkan kriteria: penghasilan,  pendidikan, pangkat, dan lain-lain (disesuaikan dengan ciri khas masing-masing daerah).
  7. Membangun sikap bijak, kekeluargaan, dan kemanusiaan.

0 comments:

Post a Comment