Friday, September 29, 2017

RPP Kimia Kelas 12 kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 -

Dalam skala mikro pendidikan, dunia abad XXI sekarang juga ditandai oleh adanya imperatif-imperatif global pendidikan, di antaranya PUS, ESD, MDG’s dan literasi dunia bagi pemberdayaan. Sehubungan dengan itu, penyelenggaraan pendidikan nasional terutama pendidikan dasar dan menengah dapat dikatakan sudah berada pada jalur yang tepat, karena telah memberikan pendidikan karakter sekaligus membentuk intelektualitas berupa kompetensi.

Gerakan PPK menempati kedudukan fundamental dan strategis pada saat pemerintah mencanangkan revolusi karakter bangsa, dengan demikian Gerakan PPK merupakan jalan perwujudan gerakan Revolusi Mental di samping menjadi inti kegiatan pendidikan yang berujung pada terciptanya revolusi karakter bangsa.

Pendidikan Berkarakter tersebut merupakan instrument yang harus diterapkan dalam pembuatan RPP kurikulum 2013 revisi 2017, adapun penerapan prinsip pengembangan dan implementasi PPK tersebut diantaranya nilai moral universal, gitistik, terintegrasi, partisipatif, kearifan local kecakapan abad 21 (4C), adil dan inklusif, selaras dengan perkembangan peserta didik dan terukur.

Berkaitan dengan hal diatas, maka seorang guru harus pandai membuat kreatifitas mengenai penysunan RPP agar target yang inginkan bisa tercapai dalam Kegitan Belajar Mengajar (KBM) dan tentunya sesuai konsep dan prinsip penyusunan RPP Revisi 2017.

Berikut ini merupakan contoh untuk mapel kimia kelas 12 kurikulum 2013 revsisi 2017 yang sudah terintegrasi PPk, literasi, hots & 4c, dengan materi terbaru sesuai dengan tahun ajaran 2017-2018. Adapun materi pembahasan meliputi:
  • Sifat Koligatif Larutan
  • Redoks dan Sel Elektrokimia 
  • Kimia Unsur 
  • Struktur, Tata Nama, Sifat, Isomer, Identifikasi dan Kegunaan Senyawa 
  • Benzena dan Turunannya 
  • Struktur, tata nama, sifat, penggunaan dan penggolongan makromoleku

0 comments:

Post a Comment