Wednesday, August 23, 2017

DAPODIKDAS, CARA ENTRI SISWA MUTASI KE SEKOLAH KITA DI DAPODIK VERSI 2018

Assalamualikum Warahmatullohi Wabarokatuh.
Jumpa lagi kawan, Pada kesempatan kali ini Intro Pendidikan akan membahas tentang bagaimana cara memasukkan atau entri siswa mutasi/pindahan dari sekolah yang lain ke sekolah kita. Untuk memindahkan data siswa dari sekolah lama ke sekolah kita melalui tarik peserta didik secara online melalui laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ atau melalui aplikasi dapodik versi 2018 dapat dilihat pada fitur Informasi. 
selanjutnya kita Login di laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Klik login pada pojok kanan atas kemudian pilih Operator Sekolah.

Isi Username, Password sesuai dengan username dan pasword sekolah yang kita gunakan pada aplikasi dapodik versi 2018, untuk kode registrasi silahkan isi sesuai kode registrasi dapodik sekolah kita, jika kita lupa atau kode registrasi hilang maka bisa diminta ke operator dapodik di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten setempat. Setelah memasukkan nomor registrasi lalu klik gambar panah dalam lingkaran merah.

 Kita akan masuk ke dashbor sekolah kita. Klik menu Tarik Peserta Didik pada pojok kiri bawah. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
 Untuk kolom Jenis pilih Pindah/mutasi, untuk provinsi, kabupaten, kecamatan dan sekolah diisi dengan sekolah asal peserta didik pindahan.
Pada menu peserta didik silahkan diisi Nomor Induk Siswa Nasional  peserta didik yang akan kita mutasi, nama siswa dan nama ibu kandung, laluk klik tombol Cari Peserta Didik yang berwarna biru.
Maka data siswa akan muncul setelah mengklik tombol Cari Peserta didik tadi. Setelah data siswa muncul dan sesuai selanjutnya kita klik gambar segitiga dalam bola merah seperti gambar
Selanjutya scroll ke bawah ke menu Konfirmasi. Klik tombol KONFIRMASI PROSES MUTASI yang berwarna biru pada pojok kiri bawah dan selesai dan jangan lupa logout kawan agar data tetap aman dan terjaga.
Agar siswa yang sudah kita mutasi masuk ke Aplikasi dapodik kita, kita cukup syncron online, maka secara otomatis siswa tadi akan masuk ke database aplikasi dapodik yang sudah terpasang di komputer kita kawan. Demikian cara entri siswa mutasi ke Aplikasi dapodik versi 2018 secara online dan semoga bermanfaat. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment