Saturday, August 19, 2017

DAPODIKDAS, CARA MEMBUAT JADWAL PELAJARAN JEJANG SD DI DAPODIK VERSI 2018

Asslamuaikum Warahmatullohi Wabarakatuh.

Dapodik versi 2018 adalah aplikasi yang berisi tentang data pokok pendidikan, yang merupakan penyempurnaan aplikasi dapodik versi 2017c. Pada aplikasi versi 2018 ini ada beberapa fitur tambahan yang disematkan diantaranya, terdapat menu ekstrakulikuler, jadwal pelajaran. Pada kesempatan kali ini Intro Pendidikan akan membahas tentang bagaimana tahapan-tahapan dan cara mengisi jadwal pelajaran pada aplikasi dapodik versi 2018 untuk kurikulum KTSP pada jenjang sekolah dasar. Sebelum membahas tentang tahapan dan cara mengisinya, untuk yang belum mampunyai aplikasi dapodik versi 2018 dapat diunduh pada link unduh berikut ini:

Unduh aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.

Setelah itu kita lanjut lagi kawan, bagaimana cara membuat jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik versi 2018.

Sebelum masuk ke menu jadwal, tahap pertama yang harus kita isi telebih dahulu adalah mengisi data rinci sekolah di menu sekolah pada aplikasi.

Pada data rinci sekolah kita harus mementukan waktu penyelanggaraan pembelajaran. Pada menu terdapat beberapa pilihan waktu penyelenggaraan, diantaranya, pagi, siang, kombinasi dan lain sebagainya. Yang perlu dicatat untuk pilihan Kombinasi, Kombinasi kita gunakan jika terdapat 2 rombongan belajar menempati satu ruangan. Misalkan di sekolah kita tedapat kelas 1a dan 1b kemudian menempati ruangan yang sama pada proses pembelajaran, dalam sistem aplikasi dapodik tidak mengenal pengunaan 1 ruang belajar untuk 2 rombongan belajar secara bersamaan. Untuk menyiasatinya kita gunakan waktu penyelenggaraan kombinasi. Nanti pada saat pembuatan jadwal kita harus buat jadwal pagi dan siang pada setiap kelas.
Selanjutnya tahapan berikutnya adalah mengisi menu pembelajaran di setiap kelas.
Untuk pengisianya sama seperti pengisian pada aplikasi sebelumnya, untuk guru kelas 24 jam. Maksimal jumlah jam mengajar untuk kelas 1 adalah 30, kelas 2 adalah 31, kelas 3 adalah 32 dan 4,5, adalah 36 jam. Jika terdapat mata pelajaran muatan lokal, tambah menggunakan Matapel wajib.

Setelah selesai mengisi pembelajaran, selanjutnya kita akan membuat jadwal pelajaran. Pada pembuatan jadwal pelajaran ini silahkan klik menu Jadwal kemudian pilih Prasarana. Pilih kelas misalkan untuk kelas 1, isi jadawal sesuai dengan SK pembagian tugas di sekolah kawan. Dalam pengisiannya cukup mengisi jumlah jam perhari dan dimulai jam ke berapa. Contoh seperti gambar
Misalkan pada hari senin jam ke-1 dan ke-2 adalah Pendidikan Agama Islam, klik Tambah Pilih pembelajaran dan alokasi jam perhari, disini karena Pendidikan Agama Islam 2 Jam maka kita isi dengan 2 dan pada kolom Dimulai jam ke isi dengan angka 1. Maka jadwal pelajaran akan terbentuk dengan Pendidikan Agama Islam pada jam pertama dan kedua. Selanjutnya untuk mata pelajaran lain yang dipegang oleh guru kelas cukup pilih Pembelajaran guru kelas, kemudian alokasi jam perhari, berapa jam pelajaran dia mengajar, misalkan hari senin mata pelajaran Ipa 2 jam dan Matematika 1 jam maka pada kolom alokasi waktu kita tulis 3 jam, dan Dimulai dari jam ke 3, dan jam ke 3 dan selanjutnya akan terisi otomatis. Jika terdapat 2 rombongan belajar dalam satu ruangan, maka kita harus membuat jadwal untuk pagi dan siang setiap hari, Untuk menambahkannya kita harus rubah dulu waktu pembelajaran seperti pada tahap sebelumnya yaitu menggunakan waktu penyelenggaraan kombinasi. Jika terdapat kekeliruan pada saat pembuatan pembelajaran, gunakan tombol hapus dan dihapus secara berurutan mulai dari bawah, karena jika kita hapus secara acak maka tampilan baris akan berwarna merah. Untuk hari berikutnya cara pengisiannya sama silahkan dilanjutkan. Demikian cara pengisian jadwal pelajaran pada aplikasi Dapodik versi 2018 untuk jenjang sekolah dasar, semoga bermanfaat wassalam.

0 comments:

Post a Comment