Monday, August 7, 2017

DAPODIKDAS, FITUR BARU DI DAPODIK VERSI 2018


Pada kaesempatan kali ini Intro Pendidikan akan membahas tentang fitur-fitur tambahan pada aplikasi dapodik . Sistem pendataan Dapodik pada tahun pelajaran 2017/2018 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2018. Pembaruan pada versi 2018 hadir dengan tampilan warna pada menu login dan registrasi yang lebih segar. Secara sistem, pembaruan versi 2018 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodik versi 2018 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu didahului oleh proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.
Untuk Aplikasi Dapodik versi 2018 dapat kawan-kawan unduh pada link di bawah ini:


Untuk panduan instalasi dapat di unduh pada link di bawah ini:


Setelah memasang Aplikasi Dapodik Versi 2018, ada beberapa fitur-fitur baru yang ditambahkan, yang tidak ada pada versi sebelumnya. Pembaruan yang paling menonjol adalah di relasional entitas data substansi pendidikan, dimana dikembangkan menu baru yaitu, menu Jadwal dan Ekstrakurikuler. Pembaruan yang lainnya ada pada menu sekolah, peserta didik, dan sarana.
Perlu di ketahui bahwa data dapodik merupakan data pokok pendidikan  dimana data ini merupakan acuan pemerintah dalam menyalurkan dana bagi sekolah, baik itu mulai dari dana Bos, Tunjangan Profesi Guru dan segala bentuk tunjangan lainnya. Karena begitu pentingnya data ini maka operator sekolah dituntut untuk mengisi data secara tepat dan akurat.
Poin penting yang perlu dilakukan saat ini adalah mengentri data siswa kelas 1, mengisi sarana dan prasarana, mengisi menu pembelajaran, menaikkan kelas siswa dan meluluskan siswa, mengisi jadwal. Namun untuk saat ini yang paling penting adalah meluluskan kelas VI dan melakukan syncron dapodik secara online secepatnya. 
Pada aplikasi Dapodik versi 2018 ini beberapa pembaharuan terlihat diantaranya terdapat pada fitur Sarana dan prasarana. Gunakan menu aksi untuk menyalin data sarana dan prasarana tahun pelajaran 2016/2017 lalu. Ketika memilih salah satu ruang kelas maka akan muncul pesan dan tanda berwarna merah, yang menandai ada item barang yang wajib ada di ruangan belajar sekolah tapi tidak di temukan, diantaranya jam dinding,papan panjang dan lain sebagainya.
Menu selanjutnya adalah menu rombongan belajar dimana terdapat sub menu yakni Reguler dan Ekstrakurikuler. Menu Ekstrakurikuler adalah menu tambahan yang harus kita isi dengan jenis rombel, nama ekstrakurikuler, nama Pembina dan prasarana. Pada menu reguler  Gunakan menu aksi untuk menaikkan kelas peserta didik dan meluluskan siswa kelas 6 tahun sebelumnya. Yang tidak kalah pentingnya adalah pada menu pembelajaran dan waktu penyelenggaraan harus diisi sebelum kita melanjutkan ke pengisian jadwal yang merupakan fitur tambahan terkhir.  Pada menu jadwal ini kita akan mengisi setiap jadwal tatap muka mulai jam pertama hingga jam terakhir.

Demikian coretan singkat mengenai fitur-fitur tambahan pada aplikasai Dapodik versi 2018, semoga bermanfaat wassalam.

0 comments:

Post a Comment