Saturday, February 7, 2009

Pendidikan Indonesia, Aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.0

Selamat Siang, Berhubung terdengar isu bahwa bulan agustus ini aplikasi Dapodikdas versi 3.00 akan segera diterbitkan, saya sebagai salah satu operator sekolah ingin menunjukkan beberapa saran kepada rekan-rekan sekalian mengenai persiapan kita jikalau nanti aplikasi tersebut sudah dapat di download.

Adapun informasi ini bersumber dari operator kabupaten di kawasan saya adalah bapak Trisna Santrisna, berikut saran-saran yang dia sampaikan melalui posting di grup pendataan kabupaten muara enim di sosial media Facebook

  1. Jika nanti aplikasi Dapodikdas Versi 3.0.0 telah terbit, silahkan download melalui link resmi : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  2. Setelah sukses mendownload file installernya, jangan melaksanakan instalasi terlebih dahulu ke laptop atau komputer anda sebelum mendapat aba aba dari Operator kabupaten masing-masing (untuk antisipasi segala sesuatu yang tidak kita inginkan bersama).
  3. Hati-hati terhadap penggunaan Kode Registrasi alasannya instruksi itu bersifat Sangat Rahasia.
  4. Menurut info dari pusat, akan ada fitur RESET untuk Kode Registrasi (diutamakan bagi sekolah yang bermasalah).
  5. Jika ada sekolah yang akan me-RESET Kode Registrasi, sampaikan usul RESET tersebut ke saya secara tertulis yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan.
  6. Siapkan materi bahan yang akan di entri ke dalam aplikasi Dapodikdas 3.0.0 sebaik dan selengkap mungkin dan sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah pada tahun aliran 2014/2015.
  7. Siswa lulus, keluar atau PTK mutasi JANGAN DI HAPUS/DELETE DATANYA, tapi registrasikan sesuai dengan keterangannya biar tersimpan sebagai data historical. Tahun kemarin cara hapus ini alasannya ketidaktahuan masih banyak dilakukan oleh OPS, alhasil status siswa dan PTK jadi bermasalah.

Demikianlah Informasi mengenai persiapan Operator Sekolah dalam menghadapi aplikasi Dapodikdas Terbaru versi 3.00. Terima kasih

0 comments:

Post a Comment