Saturday, November 21, 2015

Baru Tau Kalau STAN Sekarang Jadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

STAN Sekarang Jadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)-Hallo pengunjung topiksekolahan! Kabarnya baik ya? Buat kamu yang bentar lagi lulus SMA, mungkin salah satu diantara kalian ada yang berniat kuliah di STAN alias Sekolah Tinggi Akuntansi Negar yang alamatnya ada di Jurangmangu Jakarta Selatan itu. Kalau mau kuliah disana siap-siap saja dengan rangkaian tes, dan buat ngambil nomor tesnya saja bisa ngantri seharian, maklum peminat STAN itu se-Indonesia. Maklum juga karena kalau udah lulus dari STAN dijamin punya jabatan di lembaga milik negara, kebanyakan menjadi pengelola keuangan di Kementrian Negara dan di lembaga pemrintahan lainnya, karena lulusan dari sana langsung ikatan dinas. Tapi tahukah kamu nama STAN ternyata sudah berubah jadi PKN STAN, nih info lengkapnya....
Baru Tau Kalau STAN Sekarang Jadi Politeknik Keuangan Negara
Grdung PKN STAN
Perubahan nama STAN jadi PKN STAN
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro meresmikan perubahan status Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) di Jakarta, Senin (9/11/2015), pernyataan Menteri Bambang tersebut admin kutip dari situs berita onlien kompas beriku;"Perubahan ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas dan kompentensi sumber daya manusia di bidang pengelola negara bagi Kementerian Keuangan, kementerian lembaga lain dan pemerintah daerah,"

Dan perubahan status STAN menjadi PKN STAN tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknis Keuangan Negara STAN. Menurut Bambang, bentuk politeknik dipilih oleh PKN STAN karena dapat menyelenggarakan pendidikan lanjutan hingga program doktoral. Sedangkan akademi hanya dapat menyelenggarakan pendidikan hingga jenjang diploma tiga.

PKN STANnantinya menjadi perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dan pembinaan PKN STAN secara teknis akademik dilaksanakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sedangkan pembinaan secara teknis operasional dan administratif dilaksanakan oleh Menteri Keuangan.

Mau kuliah di STAN ini syaratnya...
Kalau kalian pengen kuliah disana, sebelum dinyatakan diterima jadi mahasiswa setelah lulus serangkaian tes tentunya, untuk pendaftarannya saja kalian harus menyiapkan beberapa kualifikasi sebegai berikut:
  •  Lulus SMA, SMK / sederajat
  • Nilai rata-rata yang tercantum dalam ijazah, SKHUN rata-rata minimal 7,00. Nilai tersebut bukan hasil dari pembulatan. Ilustrasi nilai seperti berikut:
    Jumlah Nilai adalah Jumlah Nilai Sekolah ditambah Jumlah Nilai Ujian Nasional, maka
    Jumlah Nilai  = (7.96+7.74+7.89+8.23+8.56+7.84) + (9.60+6.20+3.50+7.75+6.60+6.20)
    = 48.42 + 39.85
    = 88.27
    Jumlah Mata Pelajaran = 12 (6 mata pelajaran ujian sekolah + 6 mata pelajaran UN)
    Maka Rata-rata nilai = 88.27 / 12 = 7.36
    Misal nilai rata-rata 6,99 gimana kak? Tidak bisa, karena sudah syarat nilai tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
  • Usia tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun
  • Berbadan sehat, tidak cacat, dan bebas dari narkotika psikotoprika dan obat-obatan terlarang
  • Belum nikah, dan bersedia tidak nikah dulu selama mengikuti pendidikan
  • Tinggi badan bagi cowok minimal 165 cm, dan buat cewek minimal 155 cm
  • Kalau minum, batas toleransinya sampai batas 2 dioptri
  • Dan persyaratan lainnya sesuai persyaratan penerimaan mahasiswa baru tiap tahunnya
Demikian, semoga bermanfaat buat kalian semuanya yang sedang mencari info terbaru tentang STAN, dan topik kali ini adalah STAN Sekarang Jadi Politeknik Keuangan Negara. Cari banyak info di topiksekolahan. Semoga bermanfaat!


0 comments:

Post a Comment