Monday, July 27, 2015

Profil 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik di Indonesia

Profil 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik di Indonesia -Topik yang akan kita bicarakan kali ini adalah, profil dari kelima SMK terbaik di Indonesia yang pernah kita bahasa pada posting terdahulu. Ke lima SMK terbaik tersebut yaitu, SMK N 3 Bandung, SMK Telkom dan SMK Telkom Sandy Putra Malang, SMK Telkom Jakarta, dan SMK 7 Semarang. Pada topik ini kita akan menguliti profil mereka, seperti apa sih profil mereka sehingga mereka mendapat predikat SMK terbaik di Indonesia saat ini.

Profil SMK Negeri 3 Bandung
Mari kita intip profil singkat SMK Negeri 3 Bandung ini, kita mulai dari sejarah singkat SMK ini terlebih dahulu:

Dulunya SMK N 3 Bandung ini dikenal dengan SEMA 2 Bandung,didirikan 1 Agustus 1960 dengan Surat Keputusan Nomor 1820/B.3/Kep.Dep. P dan K/1960. Waktu itu bertempat di jalan Wastukancana No. 3 menempati gedung SMEA Negeri 1 Bandung, kemudian pada tahun 1966 membuka kelas jauh di jalan Pajagalan  (sekarang SMK Profita), dan di tahun 1968 SMA Koperasi yang menempati gedung di jalan Buah Batu No. 135 dibubarkan dan selanjutnya sebagian siswa SMEA Negeri 2 pada waktu itu di tempatkan di gedung tersebut, yang sekarang menjadi SMK Bina Warga.

Pada tahun 1972  mendapat bantuan dari Asian Development Bank (ADB), dibangunlah gedung  seluas 5.058,50 meter persegi yang diresmikan pada tahun 1977 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang  pada waktu itu dijabat oleh Bapak Syarip Thajeb dengan Nama SMEA Pembina  II. Dan pada tahun 1997, berdasarkan SK Mendikbud No. 036 Mei  1997 tentang NOMENKLATUR Sekolah, maka terjadi perubahan nama dari SMEA Negeri (Pembina) 2 menjadi SMK Negeri 3. Itulah sejarah singkat berdirinya SMK Negeri 3 Bandung.

Dan sekarang, SMK N 3 Bandung menjadi salah satu dari 5 SMK terbaik di Indonesia. SMK ini adalah SMK Negeri Non Teknologi, dimana saat ini SMKN 3 Bandung merupakan salah satu dari SMK non teknologi terbaik yang ada di Indonesia. SMK ini pernah mendapatkan Quality Management ISO 9000:2000, sertifikat untuk tim manajemen.

Di SMK ini, terdapat 4 jurusan keahlian yaitu:
  1. Administrasi Perkantoran, 
  2. Akuntansi, 
  3. Multimedia
  4. Pemasaran dan 
  5. Pariwisata.
Ke empat jurusan tersebut telah mendapatkan akreditasi A dengan nilai hampir sempurna, 96. Saat ini SMKN 3 Bandung sedang berusaha menciptakan SMK bertaraf internasional. Lebih lengkap mengenai SMK N 3 Bandung kamu bisa menelusurinya via blog mereka, silahkan menuju blog SMK N 3 Bandung disini.

Profil 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik di Indonesia lainnya silahkan dibaca lanjutannya, atau pilih sesuai profil salah satu SMK terbaik yang ingin dibaca profilnya.


LANJUTKAN MEMBACA: Profil Singkat SMK Telkom Malang

0 comments:

Post a Comment