Friday, July 31, 2015

Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD Bab Makna Sumpah Pemuda dan Jawabannya(Semester 1)

Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD Bab Makna Sumpah Pemuda dan Jawabannya(Semester 1)-Topik sekolahan kali ini adalah topiknya soal ulangan harian. Kali ini soal ulangan harian untuk kelas 3 SD, mata pelajaran PKn, sub bab bahasan makna sumpah pemuda. Soal ulangan harian ini, merupakan soal ulangan harian ke satu di semester 1/ganjil. Buat guru yang butuh soal gratis dan jawaban gratis, bisa melihatnya dibawah ini, kalau bermanfaat bisa menggunakannya pada kegiatan ulangan harian siswanya di kelas tiga.

Daripada ribet-ribet bikin soal, ribet-ribet ngetik soal, ribet pula nyiapin jawabannya mending menggunakan soal yang sudah jadi ini, praktis tinggal copy dan print.

Soal PKn kelas 3 SD Bab Makna Sumpah Pemuda
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
  1. Jelaskan makna dari Sumpah Pemuda?
  2. Kapan dan dimana para pemuda mengucapkan  Sumpah Pemuda?
  3. Apa alasan para pemuda memperjuangkan kemerdekaan?
  4. Apa yang menjadi kelemahan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan sebelum terjadinya peristiwa Sumpah Pemuda?
  5. Tuliskan teks Sumpah Pemuda!
Sebelum menjawab soal-soal diatas, mari kita lihat sebentar bahasan singkat mengenai makna sumpah pemuda tersebut.

Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD Bab Makna Sumpah Pemuda semester 1
Bahasan Makna Sumpah Pemuda
Sumpah berarti ikrar / janji yang di ucapkan. Pemuda berarti orang-orang yang usianya masih muda, kalau sekarang yang digolongkan usia pemuda itu antara 17 tahun sampai 35 tahun.

Jadi arti dari Sumpah Pemuda adalah, ikrar / janji yang di ucapkan oleh orang-orang yang usianya masih muda. Orang-orang yang masih muda itu dari mana? Dari segenap bangsa Indonesia.

Sumpah pemuda di maknai sebagai janji yang di ucapkan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia, pada masa pergerakan nasional, tepatnya pada Kongres Pemuda II tanggal 28 oktober 1928 di Jakarta.

Tujuan diucapkannya Sumpah Pemuda untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju cita-cita mulia, yaitu Indonesa merdeka yang bebas dari penjajahan, kemiskinan dan kebodohan.
teks asli sumpah pemuda
Jawaban Soal ulangan bab Makna Sumpah Pemuda
  1. Sebagai janji yang di ucapkan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia
  2. Pada tanggal 28 Oktober 1928, di Jakarta.
  3. Untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju cita-cita mulia, yaitu Indonesa merdeka yang bebas dari penjajahan, kemiskinan dan kebodohan.
  4. Kurangnya persatuan, masih berjuang sendiri-sendiri, perjuangannya masih bersipat kedaerahan
  5. Teks sumpah pemuda:
    Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
    Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
    Kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia"
Demikian topiksekolahan kali ini tentang soal ulangan PKn kelas 3 SD bab makna sumpah pemuda, plus bahasan dan jawaban lengkapnya. Semoga dapat membantu temen-temen guru yang mengajar mata pelajaran tersebut, terutama guru kelas tiga sekolah dasar (SD).

0 comments:

Post a Comment