Saturday, January 23, 2016

Pendaftaran Siswa Baru MAN Insan Cendekia 2016

Buat kamu yang tahun ini berencana mengikuti Pendaftaran Siswa Baru MAN Insan Cendekia 2016, pastikan terus mengintip kapan PPDB MAN IC ini dibuka. Salah satunya dengan mengikuti terus informasi di blog topiksekolahan ini, karena admin akan mengupdate terus PPDB MAN IC tahun ini. Seperti sudah menjadi buah bibir di kalangan pelajar Indonesia, bahwa MAN Insan Cendekia merupakan salah satu sekolah unggulan yang dimimpikan oleh siswa siswi SMP/MTs setelah lulus nanti. Reputasinya yang kinclong, ditambah kualitas dan fasilitas yang tidak diragukan lagi menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

MAN Insan Cendekia mulanya hanya ada di Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Tapi perminat yang begitu besar, akhirnya MAN IC membuka cabang di beberapa provinsi. Sampai saat ini sudah ada 9 cabang MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia.
Pendaftaran Siswa Baru MAN Insan Cendekia 2016
Alamat MAN Insan Cendekia di masing-masing provinsi:
  • MAN IC Serpong - Jl. Cendekia Sektor XI BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten Telp. 021-7563578 Fax 021-7563582
  • MAN IC Gorontalo - Jl. Tapa Suwawa Desa Mautong, Tilangkabila Kab. Bone Bolango, Gorontalo Telp. 0435-823692 Fax 0435-822091
  • MAN IC Jambi - Jl. Lintas Jambi Muara Buliang KM 21 Pijoan, Kab. Muaro Jambi, Jambi Telp.0741-7051025/7070713
  • MAN IC Aceh Timur - Gampong Kuta Lawa Idi Reyeuk, NAD
  • MAN IC Ogan Komering Ilir - Desa Seriguna Kec. Teluk Gelam, OKI, Sumatera Selatan
  • MAN IC Siak - Jl. Lintas Pemda Desan Perawan Barat Tualang, Riau
  • MAN IC Paser - Desa Sempulang, Tanah Grogot Paser, Kalimantan Timur
  • MAN IC Pekalongan - Kelurahan Banyuurip Ageng, Pekalongan Selatan, Jawa Tengah
  • MAN IC Bangka Tengah - Desa Sungkap, Simpang Katis, Bangka Tengah, Bangka Belitung
Silahkan pilih di MAN IC mana kamu akan mendaftar sebagai calon siswa baru MAN Insan Cendekia tahun 2016 ini, sesuaikan dengan tempat tinggalmu. Atau jika ingin membuka kesempatan yang lebih tinggi, silahkan pilih MAN IC yang menurut kamu kuota penerimaan peserta didik barunya lebih memberi peluang buat kamu. Kalau di IC Serpong kan pasti saingannya banyak banget, mungkin di Provinsi lain peluangnya lebih prospek buat kamu.

Baca dulu persyaratan PPDB MAN Insan Cendekia berikut ini:
  • Peserta didik kelas IX MTs/Ponpes/SMP pada tahun pelajaran 2015/2016.
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2016
  • Pada  semester  1  kelas  IX  tahun  pelajaran  2015/2016 merupakan peserta didik terbaik  pada madrasah/ sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal Peserta Didik) dengan ketentuan sebagai berikut:
    (1). Madrasah/Sekolah yang memiliki  rombongan belajar 1-5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 7 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah;
    (2). Madrasah/Sekolah yang memiliki  rombongan belajar  lebih dari 5 kelas, dapat mengirimkan peserta maksimal 10 orang peserta didik berdasarkan rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah;
    (3). Bagi MTs/Ponpes/SMP yang berada di wilayah dimana MAN IC baru berdiri yaitu Provinsi NAD, Sumatera Selatan, Riau, Bangka Belitung,  Kalimantan Timur dan Kota Pekalongan dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.
    (4). Khusus pendaftar yang memiliki prestasi di bidang sains pada kompetisi tingkat nasional  (peserta pada OSN, KSM, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang resmi diselenggarakan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Ristek) dapat diberikan rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik  secara individu di luar batasan poin 1 s.d. 2 di atas dengan menyertakan bukti prestasinya.
    (5). Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an 10 juz, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik  secara individu di luar batasan poin 1 s.d. 2 di atas.
  • Mengunggah (upload) pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm (mak. 300 kb)
  • Mengunggah (upload) berkas persyaratan:
    (1). Rapor kelas IX semester 1 (gasal) yang telah disahkan.
    (2). Surat Rekomandasi Kepala Madrasah/Sekolah sebagaimana disebutkan di poin c.1 dan c.2. Contoh surat bisa diunduh disini
    (3). Sertifikat/penghargaan prestasi di bidang sebagaimana disebutkan di poin c.4.
    (4). Surat Keterangan/Sertifikat hafalan  Al Qur’an sebagaimana disebutkan di poin c.5.
    (5). Akte kelahiran/kenal lahir.
    (6). Surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren bagi peserta didik yang tinggal (menginap) dan belajar di MTs di Pondok Pesantren. Contoh suratnya unduh disini
  • Bagi calon peserta didik dari keluarga kurang mampu secara ekonomi harap menyertakan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) / Kartu Indonesia Pintar (KIP).  Contoh surat juga unduh disni
Biaya pendidikan MAN Insan Cendekia
Berapa sih biaya pendidikan di MAN Insan Cendekia itu? Apakah Gratis?

Beiaya pendidikan di MAN IC berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3192 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, dalam rangka memberi layanan pendidikan pada MAN Insan Cendekia yang berkeadilan, maka terhitung mulai tahun pelajaran 2015/2016 peserta didik baru MAN Insan Cendekia dibebankan biaya personal berupa :
  1. Biaya makan
  2. Pakaian seragam,
  3. Kebutuhan hidup diasrama yang tidak dianggarkan dalam DIPA MAN Insan Cendekia
Berdasar surat no. Dj.I/Dt.II/I/PP.00.6/52.B/2015 Biaya personal bagi peserta didik baru MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2015/2016 ditetapkan sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) setiap peserta didik perbulan. Tetapi untuk peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Indonesia Pintar (KIP) tidak dikenakan biaya.

Alur PPDB MAN Insan Cendekia Tahun Pelajaran 2016/2017
Datang langsung ke alamat MAN Insan Cendekia di masing-masing cabang dengan membawa persyaratan yang sudah disiapkan seperti persyaratan yang di tulis diatas.

Pendaftaran online PPDB MAN IC biasanya disediakan situs khusus PPDB, tapi sampai info ini diterbitkan admin TopikSekolahan, situs untuk PPDB MAN IC belum diaktifkan. Untuk memudahkan akses informasi tentang pendaftaran online PPDB MAN IC 2016 silahkan menuju sistus MAN IC masing-masing cabang / provinsi berikut ini:
Untuk sekedar referensi sosialisasi pendaftaran siswa baru MAN Insan Cendekia bisa mengunduh berkas sosialisasi PPDB MAN IC tahun lalu, download disini.

NB:
Untuk alur pendaftaran calon siswa baru MAN Insan Cendekia tahun 2016 akan kami update apabila ada info terbaru seputar PPDB MAN IC tahun 2016 ini.

0 comments:

Post a Comment