Intro pendidikan - terbaru Contoh RPP Tematik SD Kurikulum KTSP Kelas 2 Terbaru tahun 2017/2018 perihal hidup rukun - Memasuki tahun fatwa baru, para guru kembali disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran dan salah satunya yakni RPP. Jika anda bertanya apa itu RPP, maka jawabannya yakni berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 perihal Standar Proses, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ). Dalam Permendikbud tersebut dijelaskan bahwa RPP merupakan sebuah planning kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilakukan untuk satu pertemuan atau bahkan lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dikembangkan dari silabus yang kemudian diarahkan pada kegiatan pembelajaran siswa sebagai upaya mencapai Kompetensi Dasar.Bagaimana sudah jelaskan?
Sekedar mengingatkan bapak ibu guru kembali, bahwasannya Pada kurikulum ktsp 2006, untuk kelas 2 SD menerapkan pembelajaran tematik. Sedangkan pada Kurikulum 2013 pembelajaran Tematik Terpadu diterapkan di semua kelas. Pada implementasi K-13 prosesnya menerapkan pendekatan saintifik. Penerapan pembelajaran Tematik Terpadu dengan pendekatan saintifikmembawa implikasi perubahan dalam pembelajaran di SD. Perubahan itu menjadikan perubahan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sistem penilaian, buku siswa, buku guru, kegiatan remedial serta pengayaan, dan sebagainya
Intro pendidikan - Download juga: RPP KTSP SD Tematik Berkarakter Kelas 1 Terbaru 2016Jenjang Pendidikan Dasar SD merupakan salah satu satuan pendidikan yang telah mengalami perkembangan pendidikan huruf oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal akseptor didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar. nah berikut yakni pola RPP Tematik Kelas 2 Tema Kesehatan Semester I tahun 2016
contoh RPP Tematik Kelas 2 KTSP Terbaru 2017
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Kesehatan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
· Memahami insiden penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengenal bab –bagian utama badan binatang dan tumbuhan, pertumbuhan binatang dan tumbuhan serta banyak sekali daerah hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan hingga 500
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara mulut melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi dongeng dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
- Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.
Kompetensi Dasar :
1. PKn
· Mengenal pentingnya lingkungan alam menyerupai dunia tumbuhan dan dunia hewan.
· Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam.
2. IPS
- Menceritakan insiden penting dalam keluarga secara kronologis.
.3. IPA
· Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
.4. Matematika
· Menggunakan alat ukur panjang tidak baku , dan baku ( cm, m) yang sering digunakan.
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
- Mendeskripsikan isi puisi
· Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
· Melengkapi dongeng sederhana dengan kata yang tepat.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
- Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana.
· Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari materi alam.
- Menyiapkan materi alam untuk pembuat cat
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
· Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
· Menjelaskan jawaban dari tidak merawat lingkungan.
· Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah.
· Menceritakan insiden yang tidak menyenangkan di rumah.
· Menyebutlkan nama binatang yang merugikan manusia.
· Menyebutlkan nama binatang yang merugikan binatang lain.
· Menyebutlkan nama binatang yang merugikan tumbuhan
· Menyebutlkan nama binatang yang menguntungkan manusia
· Menyebutlkan nama binatang yang menguntungkan bagi tumbuhan .
· Menyebutlkan nama binatang yang menguntungkan bagi binatang lain.
· Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
· Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
· Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih pendek dari, sama panjang dengan .
· Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
· Mengukur panjang benda dengan memakai ukuran tidak baku atau jengkal.
· Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.
· Menggunakan alat ukur ( mistar)
· Mengukur panjang benda dengan memakai satuan baku . ( m, cm )
· Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
· Menaksir panjang benda dengan memakai satuan yang sesuai.
· Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
· Menjawab pertanyaan perihal isi teks pendek yang dibacakan guru
· Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
· Menjawab pertanyaan perihal isi puisi
· Mendeklamasikan puisi
· Menjelaskan isi puisi
· Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
· Membaca teks dengan bersuara.
· Mengajukan pertanyaan bacaan,
· Menceritakan kembali isi bacaan.
· Meringkas isi bacaan.
· Membaca puisi
· menceritakan isi puisi..
· Menyususn kata menjadi kalimat.
· Memperbaiki penulisan kalimat.
· Melakukan tepuk berfariasi
· Memainkan alat musik sederhana.
· Memainkan alat musik sederhana
· Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
· Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu bawah umur dengan iringan alat musik ritmis.
· Memilih materi alam yang sanggup dibentuk cat warna.
· Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari materi alam.
· Mengelompokkan materi alam yang baik dengan yang kurang baik.
· Mengelompokkan materi alam yang sesuai dengan warna yang dihasilkan
v Karakter siswa yang diperlukan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Nah untuk lebih jelasnya dan lengkap tema lain RPP KTSP SD Tematik kelas 2 semester 1 dan 2 silahkan bpak ibu guru download melalui tautan yang kami sematkan dibawah
Mata Pelajaran PAI- SK-KD PAI SD Kelas 2 [Download]
- Pemetaan SK-KD PAI Kelas 2 [Download]
- Silabus PAI SD Kelas 2 [Download]
- RPP PAI SD Kelas 2 [Download]
Mata Pelajaran PJOK
- SK-KD PJOK SD Kelas 2 [Download]
- Pemetaan SK-KD PJOK Kelas 2 [Download]
- Silabus PJOK SD Kelas 2 Semester I [Download] - Semester II [Download]
- RPP PJOK SD Kelas 2 Semester I [Download] - Semester II [Download]
Mata Pelajaran B. Inggris
- SK-KD B. Inggris SD Kelas 2 [Download]
- Pemetaan SK-KD B. Inggris Kelas 2 [Download]
- Silabus B. Inggris SD Kelas 2 Semester I [Download] - Semester II [Download]
- RPP B. Inggris SD Kelas 2 Semester I [Download] - Semester II [Download]
Mata Pelajaran Tematik
- SK-KD Tematik SD Kelas 2 [Download]
- Pemetaan SK-KD Tematik Kelas 2 [Download]
- Silabus Tematik SD Kelas 2 [Download]
- RPP Tematik SD Kelas 2 [Download]
Demikian share intro pendidikan kali ini tentang Rpp Kelas 2 Sd Ktsp 2006 Semester 1 & 2 Terbaru Tahun Pelajaran 2017/2018, semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment