Tuesday, October 3, 2017

Soal Pretest Ppg 2018

Intro pendidikan - Update 26 Nopember 2017! Prediksi soal pretest ppg 2018. sahabat guru, Tahun 2017 sertifikasi melalui PLPG resmi dilarang dan diganti dengan PPG. oleh sebab itu, dalam membantu guru yang akan menghadapi uji tulis nasional (UTN), maka pada kesempatan yang baik ini kami akan mencoba mengembangkan soal PPG dilengkapi dengan kunci jawaban.
Adapun prediksi soal pretest ppg 2017 ini berdasarkan kisi-kisi telah kami upload melalui google drive sehingga sangat kondusif untuk di download. Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan, link download soal ppg tersedia di sini. semoga bermanfaat
Inilah kisi-kisi soal ppg dalam jabatan yang sangat lengkap terbaur tahun 2018. Silahkan dipelajari sesuai kompetensi yang diampu. Semoga bermanfaat.
Sehubungan dengan banyaknya link error, maka kami mohon maaf. Berikut daftar link prediksi soal ppgj yang sudah kami perbaiki. Semoga membantu


Prestest ppg dalam jabatan sebentar lagi akan dilaksanakan. Semua guru tentunya berharap lulus dan menerima nilai yang baik. Walaupun demikian tanpa perjuangan dan kerja keras, maka tidak mungkin menerima nilai miniman UTN PLPG 2017 yang cukup tinggi yakni 80. Oleh sebab itu mempelajari kisi-kisi soal pretest ppgj 2017 sangat penting dan salah satu tips lulus UTN 2017. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa jumlah Peserta yang mengikuti UTN pada tahun 2016 sebanyak lima puluh ribu empat ratus lima puluh tiga orang sedangkan yang lulus hanya sembilan ribu tiga puluh orang. Nah bagi akseptor PLPG yang belum lulus wajib mengikuti UKG ulang pada tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan maret hingga dengan april (Info sesual Jadwal UKG ulang tahun 2017).
Intro pendidikan - JANGAN LUPA SILAHKAN DOWNLOAD 150 SOAL TES PRETEST PPG 2018 - PELAJARI DISINI
Adapun berikut ini sedikit informasi mengenai UJI TULIS NASIONAL (UTN) PPG tahun 2017:
  1. UTN dilaksanakan secara daring (dalam jejaring/online) dan diikuti oleh akseptor yang telah lulus PLPG.
  2. Soal Ujian Tulis Nasional (UTN) dikembangkan secara nasional di bawah kendali KSG.
  3. Soal UTN disusun dalam bentuk tes objektif pilihan ganda 4 (empat) opsi dengan mempertimbangkan HOTS minimal level C4 dan mengacu pada kisi-kisi UTN yang telah ditetapkan.
  4. Durasi waktu pelaksanaan UTN selama 120 menit dengan jumlah butir menyesuaikan durasi waktu tersebut. apa itu ujian tulis nasional? nilai kelulusan UTN dalam plpg
  5. UTN sanggup dilaksanakan di LPTK Penyelenggara atau daerah uji kompetensi (TUK) sesudah akseptor dinyatakan lulus ujian selesai PLPG.
  6. Nilai batas minimal kelulusan UTN ialah 80.
  7. Peserta yang telah memenuhi batas minimal kelulusan UTN berhak menerima akta pendidik.
  8. Peserta yang belum memenuhi batas minimal kelulusan UTN diberikan kesempatan mengulang UTN pada tahun berikutnya sebanyak 4 kali dalam waktu 2 tahun sesudah melaksanakan peningkatan kompetensi secara mandiri.
  9. Ujian ulang UTN/UKG dilaksanakan di daerah uji kompetensi (TUK) yang ditetapkan Pemerintah.
  10. Guru yang dinyatakan lulus PLPG dan mempunyai skor UKG 2015 ≥ 80, tidak menempuh UTN/UKG dan pribadi diberikan akta pendidik.
intro pendidikan

Contoh Soal UTN dan Kisi-kisi PLPG Tahun 2017 - DOWNLOAD DISINI

Nah untuk mempermudah bapak dan ibu guru dalam menghadapi UTN tahun 2017, maka pada postingan kali ini akan bagikan kumpulan atau rujukan soal latihan UTN 2017 dilengkapi dengan kunci tanggapan sehingga bisa dipelajari untuk persiapan menghadapi UTN 2017. Soal-soal UTN 2017 ini juga bisa diunduh melalui Tautan yang kami sisipkan dibawah. Semoga bermanfaat
Intro pendidikan - PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik verbal (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan simpel bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3) Untuk mengetahui kemampuan awal akseptor didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang akseptor didik
D. tes awal (pre-test)
4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan berguru sanggup dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced ialah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah sanggup diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan akseptor didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan berguru serta mencari siswa yang mengalami tanda-tanda terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan berguru lainnya )
5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan seni administrasi pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran
6) Salah satu unsur seni administrasi pembelajaran ialah Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur seni administrasi di atas dalam konteks pembelajaran ialah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi akseptor didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
7) Yang ditekankan di dalam seni administrasi pembelajaran interaktif adalah... A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara akseptor didik
C. pembelajaran didominasi aba-aba dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu ……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk , sanggup mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor didik mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya biar menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Allah Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal ialah dengan cara ……..
A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap selesai pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran ketika pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa perihal capaian atau dilema berguru yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam berguru
13) Upaya merancang pengayaan bagi akseptor didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan embel-embel materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes embel-embel dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan embel-embel sumber baaan embel-embel yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan embel-embel materi berupa sumber bimbing dari penerbit yang berbeda
14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara akseptor didik dan pendidik
15) Bentuk penilaian yang menghendaki akseptor didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
Demikian intro pendidikan kali ini tentang Soal Pretest Ppg 2018. silahkan download file pdf nya melalui LINK BERIKUT. terima kasih

0 comments:

Post a Comment