Intro pendidikan - Bagi guru yang telah menciptakan rpp k13 bahasa indonesia revisi 2017 pastinya telah menciptakan ki kd edisi revisi 2017 yang sesuai dengan permendikbud nomor 24 tahun 2016. Artinya tinggal kopi paste saja untuk pengolahan nilai rapor.
Tetapi bagi guru yang belum mempunyai ki kd versi revisi 2017 tidak perlu khawatir, alasannya akan admin bagikan secara lengkap dalam format doc.
Kompetensi inti dan kompetensi dasar k13 yang admin bagikan ini khusus kelas 7 semester 1, sedangkan untuk semester 2 juga kelas 8 dan 9 akan aku bagikan di postingan berikutnya. Selengkapnya ambil file ki kd dibawah ini
- Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Dasar bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
- Kompetensi Dasar bahasa indonesia Doc - COMOT DISINI
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
KOMPETENSI DASAR 3.1. mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.2. menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
3.3. mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
3.4. menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
3.5. mengidentifikasi teks mekanisme ihwal cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara menciptakan kuliner khas daerah, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
3.6. menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme ihwal cara melaksanakan sesuatu dan cara menciptakan (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara menciptakan kuliner khas daerah, dll.) dari banyak sekali sumber yang dibaca dan didengar
3.7. mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
3.8. menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
3.9. menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.10. menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
3.11. mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat langsung dan surat dinas yang dibaca dan didengar
3.12. menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat langsung dan surat dinas yang dibaca dan didengar
3.13. mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.14. menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
3.15. mengidentifikasi informasi ihwal fabel/legenda tempat setempat yang dibaca dan didengar
3.16. menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda tempat setempat yang dibaca dan didengar
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR 4.1. menjelaskan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
4.2. menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan⁄atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan verbal dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara verbal maupun tulis
4.3. menceritakan kembali isi teks narasi (cerita imajinasi) yang didengar dan dibaca secara lisan, tulis, dan visual
4.4. menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk dongeng imajinasi secara verbal dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan
4.5. menyimpulkan isi teks mekanisme ihwal cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
4.6. menyajikan data rangkaian acara ke dalam bentuk teks mekanisme (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara menciptakan cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara verbal dan tulis
4.7. menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
4.8. menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara verbal dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
4.9. menciptakan peta pikiran/sinopsis ihwal isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
4.10. menyajikan jawaban secaralisan, tulis, dan visualterhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
4.11. menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat langsung dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
4.12. menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi
4.13. menyimpulkan isi puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis dan lisan
4.14. menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar
4.15. menceritakan kembali isi dongeng fabel/legenda tempat setempat yang dibaca/didengar
4.16. memerankan isi fabel/legenda tempat setempat yang dibaca dan didengar
Demikian sharing intro pendidikan kali ini tentang Ki Kd Kurikulum 2013 Revisi 2017 Smp Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment