Sunday, November 5, 2017

Ki & Kd Pai Dan Kecerdikan Pekerti Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017

Intro pendidikan - Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Sekolah Menengah Pertama mata pelajaran Agama Islam & Budi Pekerti yang kami bagikan ini sudah mengikuti revisi terbaru kurikulum 2013 sesuai dengan lampiran 34 Permendikbud nomor 24 tahun 2016 (Download Disini).


Dalam evaluasi k13, sebelum mengisi nilai terlebih dahulu guru mata pelajaran harus menciptakan KI dan KD. Untuk mata pelajaran Agama islam terdiri dari 4 kompetensi Inti yang dapat anda download dibawah ini, yaitu:

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual) PAI & Budi Pekerti Doc - COMOT DISINI

  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial) PAI & Budi Pekerti Doc - COMOT DISINI

  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) PAI & Budi Pekerti Doc - COMOT DISINI

  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) PAI & Budi Pekerti Doc - COMOT DISINI

Untuk lebih jelasnya berikut admin bagikan format word dan pdf KI & KD PAI dan Budi Pekerti kelas 7 k13 revisi 2017 semester 1 & 2 Tahun pelajaran 2018/2019.
Untuk KI dan KD kelas 8 (delapan) dan 9 (Sembilan) agan dibagikan pada postingan berikutnya. Sedangkan untuk KI dan KD Kurikulum 2013 SD, MTs, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan segera kami upload.
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
Intropendidikan- 1. Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya.
KOMPETENSI DASAR
1.1 terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Tuhan Swt. akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu
1.2 terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Tuhan Swt. mengasihi orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf
1.3 meyakini bahwa Tuhan Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat
1.4 beriman kepada malaikat-malaikat Tuhan Swt
1.5 meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah ialah perintah agama
1.6 menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang renta dan guru, dan berempati terhadap sesama ialah perintah agama
1.7 menghayati anutan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar menurut syariat Islam
1.8 menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam
1.9 menunaikan salat Jumat sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah
1.10 menunaikan salat jamak qasar saat bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah
1.11. menghayati usaha Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Tuhan Swt
1.12. menghayati usaha Nabi Muhammad saw. periode Madinah dalam menegakkan risalah Tuhan Swt
1.13. menghayati usaha dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus usaha Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Tuhan Swt
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KOMPETENSI DASAR
2.1. menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu sebagai implementasi QS al-Mujadilah/58: 11, QS ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait
2.2. menunjukkan sikap ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman QS an-Nisa/4: 146, QS al-Baqarah/2: 153, dan QS Ali Imran/3: 134, dan Hadis terkait
2.3. menunjukkan sikap percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al-’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
2.4. menunjukkan sikap disiplin sebagai cerminan makna keyakinan kepada malaikat
2.5. menunjukkan sikap jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari
2.6. menunjukkan sikap hormat dan patuh kepada orang renta dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari
2.7. menunjukkan sikap hidup higienis sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar menurut ketentuan syari’at Islam
2.8. menunjukkan sikap demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjemaah
2.9. menunjukkan sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jumat
2.10. menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar
2.11. meneladani usaha Nabi Muhammad saw. periode Makkah
2.12. meneladani usaha Nabi Muhammad saw. periode Madinah
2.13. meneladani sikap terpuji al-Khulafa al-Rasyidun
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
KOMPETENSI DASAR
3.1. memahami makna QS al-Mujadilah /58: 11, QS ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait perihal menuntut ilmu
3.2. memahami makna QS an-Nisa/4: 146, QS al-Baqarah/2: 153, dan QS Ali Imran/3: 134 serta Hadis terkait perihal ikhlas, sabar, dan pemaaf
3.3. memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
3.4. memahami makna keyakinan kepada malaikat menurut dalil naqli
3.5. memahami makna sikap jujur, amanah, dan istiqamah
3.6. memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang renta dan guru, dan tenggang rasa terhadap sesama
3.7. memahami ketentuan bersuci dari hadas besar menurut ketentuan syari’at Islam
3.8. memahami ketentuan salat berjemaah
3.9. memahami ketentuan salat Jumat
3.10. memahami ketentuan salat jamak qasar
3.11. memahami sejarah usaha Nabi Muhammad saw. periode Makkah
3.12. memahami sejarah usaha Nabi Muhammad saw. periode Madinah
3.13. memahami sejarah usaha dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI DASAR
4.1.1. membaca QS al-Mujadilah /58: 11 dan QS ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
4.1.2. menunjukkan hafalan QS al-Mujadilah /58: 11, QS ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait dengan lancar
4.1.3. menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan QS al-Mujadilah /58: 1 dan QS ar-Rahman /55: 33
4.2.1. membaca QS an-Nisa/4: 146, QS al-Baqarah/2: 153, dan QS Ali Imran/3: 134 dengan tartil
4.2.2. menunjukkan hafalan QS an-Nisa/4: 146, QS al-Baqarah/2: 153, dan QS Ali Imrān/3: 134 serta Hadis terkait dengan lancar
4.2.3. menyajikan keterkaitan ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan QS an-Nisa/4: 146, QS al-Baqarah/2: 153, dan QS Ali Imran/3: 134
4.3. menyajikan rujukan sikap yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma’u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as- Sami’, dan al-Bashir
4.4. menyajikan rujukan sikap yang mencerminkan keyakinan kepada malaikat Tuhan Swt
4.5. menyajikan makna sikap jujur, amanah, dan istiqamah
4.6. menyajikan makna hormat dan patuh kepada orang renta dan guru, dan tenggang rasa terhadap sesama
4.7. menyajikan cara bersuci dari hadas besar
4.8. mempraktikkan salat berjamaah
4.9. mempraktikkan salat Jumat
4.10. mempraktikkan salat jamak dan qasar
4.11. menyajikan seni administrasi usaha yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Makkah
4.12. menyajikan seni administrasi usaha yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah
4.13. menyajikan seni administrasi usaha dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun
Demikian sharing intro pendidikan kali ini tentang Ki & Kd Pai Dan Kecerdikan Pekerti Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment