KOMPETENSI PROFESIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SUMBER BELAJAR : KEDUDUKAN, FUNGSI, DAN RAGAM BAHASA INDONESIA
1. Bahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi Salah satu fungsi bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa negara adalah ....
A. kebanggaan bangsa dan Negara
B. sarana pemersatu bangsa
C. wahana persatuan dan kesatuan
D. pengantar di dunia pendidikan
2. Bahasa Indonesia memiliki berbagai fungsi. Salah satunya, bahasa Indonesia merupakan sarana perhubungan antarbudaya dan antardaerah.
Hal tersebut berkaitan dengan fungsi bahasa Indonesia sebagai ...
A. bahasa negara
B. bahasa nasional
C. bahasa budaya
D. bahasa persatuan
3. Kita harus terus berupaya agar bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang kuat baik sebagai bahasa negara maupun bahasa nasional. Upaya yang menunjukkan kegiatan memperkuat kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara adalah ...
A. memelihara bahasa Indonesia agar mencerminkan nilai-nilai budaya bangsa.
B. membina bahasa Indonesia agar bersih dari unsur-unsur bahasa lain.
C. Berpidato di sidang DPR dan acara-acara resmi.
D. menjaga agar bahasa Indonesia tidak terpengaruh sistem bahasa Daerah.
4. Dalam naskah Sumpah Pemuda pada urutan ketiga, bahasa Indonesia dirumuskan sebagai ....
A. bahasa nasional
B. bahasa Negara
C. lambang kebangsaan
D. identitas nasional
D. identitas nasional
5. Cermatilah ilustrasi konsep bahasa berikut ini.
Endah: Tadi pagi saya melihat berita di televisi. Saya ikut prihatin atas kejadian yang menimpa Kampung Banaran Kabupaten Ponorogo.
Zuhri : Memangnya berita tentang apa?
Farhan: Wah, ketinggalan berita kamu, Zuhri. Itu lho, berita tentang tanah longsor.
Endah : Bayangkan saja, hujan deras selama tiga jam telah mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Sampai pagi tadi sudah 6 mayat ditemukan.
Ilustrasi di atas termasuk ke dalam konsep ragam bahasa…
A. Ragam bahasa ilmiah
B. Ragam bahasa sastra
C. Ragam bahasa santai
D. Ragam bahasa formal
D. Ragam bahasa formal
6. Sebagai apresiasi atas keberhasilan negara Indonesia dalam mewujudkan swasembada beras pada tahun 1984, FAO sebagai badan organisasi PBB yang menangani pangan sedunia, mengundang Presiden RI, Soeharto, untuk berpidato menyampaikan pengalamannya dalam mewujudkan swasembada beras. Pada peristiwa penting tersebut, Presiden Soeharto berpidato dengan menggunakan bahasa Indonesia. Peristiwa tersebut merefleksikan perwujudan penggunaan bahasa Indonesia kaitannya dengan kedudukan bahasa Indonesia sebagai ….
A. bahasa nasional
B. bahasa negara
C. bahasa pemersatu bangsa
D. lambang identitas nasional
A. bahasa nasional
B. bahasa negara
C. bahasa pemersatu bangsa
D. lambang identitas nasional
7. Penggunaan bahasa Indonesia yang berdampingan dengan bahasa Inggris di papan nama lembaga pemerintah atau nonpemerintah, petunjuk umum, petunjuk arah di berbagai tempat strategis antara lain di bandara, pelabuhan, parlemen, objek wisata, dan hotel.
Hal itu mencerminkan fungsi bahasa Indonesia sebagai ….
A. lambang kebanggaan kebangsaan
B. lambang identitas nasional
C. alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. alat persatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang
A. lambang kebanggaan kebangsaan
B. lambang identitas nasional
C. alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. alat persatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang
8. Banyak warga Indonesia yang tinggal di negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan negara lainnya. Mereka memilih jauh dari tanah airnya demi pekerjaan, studi, bisnis, karier, dan alasan lainnya. Meskipun demikian, jauh dari tanah air tidak berarti terputus silaturahmi dan tidak peduli terhadap permasalahan bangsanya. Untuk mengobati kerinduan pada tanah air, mereka memprakarsai acara-acara yang bernuansa Indonesia. Mereka secara leluasa berbahasa Indonesia, menyajikan makanan khas daerah masing-masing, dan pertunjukan seni daerahnya. Cerita tersebut memiliki hubungan dengan perwujudan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, kecuali ….
A. Lambang identitas nasional
B. Lambang kebanggaan kebangsaan
C. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. Sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
A. Lambang identitas nasional
B. Lambang kebanggaan kebangsaan
C. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
D. Sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
9. Bahasa Indonesia dipakai untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni, seperti syair, puisi, prosa, Cerpen dll. kadang-kadang bahasa yang dipakai juga memiliki makna konotasi dan makna denotasi.
Fungsi Bahasa Indonesia semacam ini termasuk dalam fungsi...
A. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Mewujudkan seni (sastra).
C. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
D. Memahami IPTEK.
Fungsi Bahasa Indonesia semacam ini termasuk dalam fungsi...
A. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
B. Mewujudkan seni (sastra).
C. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
D. Memahami IPTEK.
10. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting sebagai Bahasa nasional yang tertuang dalam Ikrar Sumpah Pemuda berbunyi:
a. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berrbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Ikrar ketiga dalam Sumpah Pemuda tersebut menegaskan tentang ...
A. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa kebudayaan
B. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa IndonesiaC. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa perdagangan
D. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang universal
a. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
b. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berrbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
c. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Ikrar ketiga dalam Sumpah Pemuda tersebut menegaskan tentang ...
A. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa kebudayaan
B. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa IndonesiaC. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa perdagangan
D. pernyataan tekad bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang universal
11. Alasan yang mendorong dijadikannya bahasa Melayu sebagai cikal bakal bahasa Indonesia adalah....
A. bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif mudah dipelajariB. bahasa Melayu adalah bahasa para bangsawan
C. bahasa Melayu digunakan di pulau Sumatera yang besar
D. bahasa Melayu adalah bahasa para pejuang kemerdekaan
A. bahasa Melayu mempunyai sistem yang sederhana sehingga relatif mudah dipelajariB. bahasa Melayu adalah bahasa para bangsawan
C. bahasa Melayu digunakan di pulau Sumatera yang besar
D. bahasa Melayu adalah bahasa para pejuang kemerdekaan
12. Selama masa perkembangannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia telah mengalami banyak perbedaan dengan bahasa Melayu. Selain pengaruh dari bahasa lain, penyebabnya….
A. kreativitas pemakainyaB. pengajaran bahasa
C. pemikiran para ahli bahasa
D. pengaruh politik pemerintah
A. kreativitas pemakainyaB. pengajaran bahasa
C. pemikiran para ahli bahasa
D. pengaruh politik pemerintah
13. Usaha sadar, terencana, dan sistematis tentang peningkatan mutu pemakaian bahasa, peningkatan kegairahan, dan kebanggaan menggunakannya dinamakan dengan…
A. perencanaan bahasa
B. pengembangan bahasa
C. pemberdayaan bahasa
D. pembinaan bahasa
A. perencanaan bahasa
B. pengembangan bahasa
C. pemberdayaan bahasa
D. pembinaan bahasa
14. Bahasa Melayu sudah berperan sebagai lingua franca pada masa kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Istilah lain dari lingua franca adalah...
A. bahasa resmi
B. bahasa baku
C. bahasa pergaulan
D. bahasa popular
15. Salah satu peristiwa sejarah yang penting berkaitan dengan bahasa Indonesia adalah ditetepkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yaitu pada ….
A. 28 Oktober 1928
B. 17 Agustus 1945
C. 18 Agustus 1945
D. 28 Februari 1975
D. 28 Februari 1975
Sumber
Azhar, Umar. 2016. Kedudukan, Fungsi, dan Ragam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan
Mudini dkk. 2017. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta:Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
0 comments:
Post a Comment