Monday, July 17, 2017

CARA MENGECEK IJAZAH ASLI ATAU PALSU

Gambar dari www.aktual.com
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

Ijazah adalah surat tanda tamat belajar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dewasa ini Ijazah merupakan hal yang sangat urgen bagi manusia. Apalagi saat kita mau mencari pekerjaan maka syarat utama dan pasti adalah ijazah terakhir. Akhir-akhir ini banyak sekali universitas atau lembaga pendidikan tinggi  yang dibuka ditiap daerah yang sering kita jumpai. Dulu ketika orang tua kita kalau mereka mau sekolah sarjana dia harus ke kota untuk menimba ilmu karena sekolah-sekolah tinggi hanya ada diperkotaan atau di ibu kota provinsi. Sangat berbeda sekali saat ini kita bisa melihat betapa banyak sekali sekolah tinggi maupun unversitas baik negeri maupun swasta yang sudah berdiri bahkan sampai ke desa-desa. Seiring dengan banyaknya universitas dan lembaga pendidikan tinggi ini kasus Ijazah Asli tapi palsu kian banyak beredar di masyarakat. Kemenristekdikti menyatakan bahwa disepanjang tahun 2016, terdapat 141 laporan yang masuk dan terverifikasi terkait ijasah palsu yang digunakan Kepala Daerah. Bahkan, tak hanya Kepala Daerah, pihak lain seperti DPRD dan aparatur sipil negara (ASN) juga disebut dalam laporan tersebut. Berkaca dari fenomena di atas kita sebaiknya berhati-hati memilih sekolah tinggi swasta karena umumnya kasus pemalsuan ijazah  terjadi di sekolah tinggi swasta saja. Hal ini tejadi mungkin karena kurangnya pengawasan pemerintah terhadap sekolah-sekolah tinggi swasta yang kian menjamur sampai ke pelosok-pelosok desa. Selain itu banyaknya masyarakat yang menggunakan jalan pintas untuk mendapatkan ijazah juga merupakan factor yang tidak bisa kita lepas dari maraknya penemuan ijazah asli tapi palsu.
Untuk mengantisipasi masalah diatas kali ini Intro Pendidikan akan membahas tentang cara mengecek ijazah yang sudah kita dapatkan dari unversitas tempat kita menempuh pendidikan dulu apakah asli atau palsu . Jika kawan kuliah tahun 2000 dan sesudahnya kawan bisa mengeceknya diPDPT Ristekdikti secara online. Namun jika kawan tidak menemukan namanya disana silahkan laporkan ke https://lapor.go.id/.
Untuk memastikan nama kawan terdaftar atau tidak, silahkan kunjungi 


terlebih dahulu tanpa harus login. Laporan kawan tadi akan disampaikan ke Pusdatin dan Tim PDPT.  Jangan abaikan info ini kawan karena jika nama kawan tidak terdaftar maka bisa dipastikan ijazah yang kawan miliki itu aspal atau asli tapi palsu. Ijazah yang bisa dicek mulai dari D-3 hingga S-3.
Untuk Caranya:
Muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

Isikan Nama Universitas atau sekolah tingi di kolom Perguruan Tinggi
Pilih Jurusan
Masukkan nama kawan
Selanjutnya pada kolom pengamanan isi kolom dengan hasil penjumlahan soal. Lalu klik tombol Cari Mahasiswa

Maka hasilnya tampak seperti ini.


Demikian coretan singkat kali ini, semoga dapat bermanfaat  dan sampai jumpa di coretan-coretan berikutnya kawan. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment