Thursday, July 27, 2017

LATIHAN SOAL AKHIR MODUL KKC PENGEMBANGAN KURIKULUM-PERENCANAAN PEMBELAJARAN


 SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diperlukan dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A.   Silabus

B.    RPP

C.    Silabus dan RPP

D.   SKL

2.    Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A.   Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , indikator , tujuan pembelajaran , materi , metode , media pembelajaran , sumber mencar ilmu , langkah-langkah pembelajaran , evaluasi

B.    Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , tujuan pembelajaran , indikator ,materi , metode , media pembelajaran , sumber mencar ilmu , langkah-langkah pembelajaran , evaluasi

C.    Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , indikator , tujuan pembelajaran , materi , metode , sumber mencar ilmu , media pembelajaran , langkah-langkah pembelajaran , evaluasi

D.   Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , indikator , tujuan pembelajaran , materi , metode , media pembelajaran , sumber mencar ilmu , evaluasi , langkah-langkah pembelajaran

3.    Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran , perbedaannya yaitu sebagai berikut:

A.   Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan mencar ilmu untuk mencapai kompetensi dasar

B.    Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan , sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C.    RPP dibuat oleh setiap guru , sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D.   RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

4.    Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu

A.   Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi

B.    Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik

C.    RPP bersumber dari silabus

D.   Alokasi waktu sesuai dengan aktivitas pada setiap satuan pendidikan

 5.    Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....

A.   Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD

B.    Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD

C.    Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD

D.   Silabus untuk mengarahkan ke­giatan mencar ilmu akseptor didik dalam upaya mencapai KD

6.    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut ......

1)    Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah

2)    Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah

3)    Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A.   Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B.    Mendorong partisipasi aktif akseptor didik

C.    Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik

D.   Keterkaitan dan keterpaduan

7.    Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar , guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini , kecuali satu yakni;:

A.   Metode mengajar yang digunakan guru

B.    Karakteristik materi bimbing

C.    Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran

D.   Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran

8.    Jika seorang guru melaksanakan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:

1)    Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta , melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi ,

2)    Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing mencar ilmu akseptor didik.

3)    Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian duduk perkara dengan berpatokan pada aturan yang berlaku , menyerupai peta konsep , diagram ven , portopolio , uji kompetensi , dan ujian komprehensif.

Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang berbasis....

A.   Kognitivisme

B.    Behaviorisme

C.    Konstructivisme

D.   Humanisme

9.    Menurut Piaget , periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia akseptor didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…

A.   Penggunaan media , alat peraga termasuk sumber belajar.

B.    Pemberian peran yang tersetruktur.

C.    Penggunaan metode bervariasi

D.   Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.

10. Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.   ingatan; pemahaman , analisis , aplikasi , sintesis , dan evaluasi;

B.    ingatan , pemahaman , aplikasi , analisis , síntesis , dan evaluasi

C.    ingatan , pemahaman , síntesis , aplikasi , analsis , dan evaluasi

D.   ingatan , pemahaman , analisis , aplikasi , evaluasi , dan , síntesis.

11. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom menyebarkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.   ingatan; pemahaman , analisis , aplikasi , sintesis , dan evaluasi;

B.    ingatan , pemahaman , aplikasi , analisis , síntesis

C.    ingatan , pemahaman , síntesis , aplikasi , analsis , dan evaluasi

D.   ingatan , pemahaman , aplikasi ,analisis , evaluasi , dan , mencipta.

12. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif , memecahkan duduk perkara yang dihadapi secara realistis , merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan duduk perkara yang dihadapi dengan sempurna , adalah….

A.   Role Playing

B.    Inquiry

C.    Problem Solving

D.   Picture and Picture

13. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan duduk perkara proses pembelajaran adalah:

A.   Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B.    Rumusan duduk perkara yang harus didiskusikan

C.    Jumlah akseptor didik yang mengikti pembelajaran

D.   Motivasi mencar ilmu siswa

14. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru ihwal media dan alat bantu pembelajaran adalah:

A.   Memilih materi untuk membuat media/alat bantu

B.    Membuat media dan alat bantu sederhana

C.    Menggunakan media dan alat bantu

D.   Merawat media dan alat bantu

15. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A.   Pencapaian standar kompetensi

B.    Pencapaian kompetensi dasar.

C.    Pencapaian tujuan pembelajaran

D.   Pencapaian standar kelulusan

16. Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada ketika siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A.   Mengulang kembali materi yang diajarkan

B.    Memberikan peran supaya siswa mempelajari materi yang belum dipahami

C.    Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D.   Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

17. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan , tindakan apa yang akan dilakukan ?

A.   Memindahkantempat duduk akseptor didik ke meja yang paling depan

B.    Mengulangi penjelasan materi bimbing kepada seluruh akseptor didik

C.    Memberikan santunan mencar ilmu kepada akseptor didik yang bersangkutan

D.   Menugaskan seluruh akseptor didik membaca buku sumber

18. Apa yang paling sempurna dilakukan guru , bila seorang akseptor didik tidak menunjukkan balasan atas pertanyaan yang diajukan ?

A.   Menunjuk akseptor didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B.    Memberikan kritik supaya akseptor didik berusaha menjawab walaupun salah

C.    Menyederhanakan isi pertanyaan supaya mudah dipahami akseptor didik

D.   Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

19. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A.   Cakupan , kedalaman , tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik , intelektual , sosial , emosional , dan spritual akseptor didik.

B.    Adanya korelasi yang konsisten (ajeg , taat asas) antara kompetensi dasar , indikator , materi pokok/pembelajaran , pengalaman mencar ilmu , sumber mencar ilmu , dan sistem penilaian.

C.    Cakupan indikator , materi pokok/pembelajaran , pengalaman mencar ilmu , sumber mencar ilmu , dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D.    Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

20. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL yaitu sebagai berikut , kecuali....

A.   Sharing dengan teman

B.    Guru kreatif

C.    Pengalaman nyata

D.   Menggunakan satu sumber

MODUL LENGKAP , SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL LENGKAP , LK , SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI


0 comments:

Post a Comment