KISI-KISI UKK 2016/2017 BAHASA INDONESIA KELAS XI
KURIKULUM 2006
Kompetensi Dasar | Indikator Soal | Bentuk Soal | Nomor Soal |
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar | Disajikan penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar , siswa dapat menentukan pokok isi yang sesuai dengan pembicaraan tersebut dengan benar. | PG | 1 |
Disajikan penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar , siswa dapat menentukan pokok isi yang tidak sesuai dengan pembicaraan tersebut dengan benar. | PG | 2 | |
Disajikan penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar , siswa dapat menentukan rangkuman isi pembicaraan tersebut dengan benar. | PG | 3 | |
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | Disajikan pernyataan yang berupa pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar , siswa dapat menentukan kalimat persetujuan yang tepat. | PG | 4 |
Disajikan pernyataan yang berupa pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar , siswa dapat menentukan kalimat penolakan/sanggahan yang tepat. | PG | 5 | |
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar | Disajikan kutipan laporan hasil penelitian , siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan benar. | PG | 6 |
Disajikan kutipan laporan hasil penelitian , siswa yang kalimatnya tidak efektif , siswa dapat menentukan perbaikan kalimat yang tepat. | PG | 7 | |
10.2 Mengomentari jawaban orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | Disajikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian , siswa dapat mengomentari ketepatan isi jawaban tersebut dengan benar. | PG | 8 |
Disajikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian , siswa dapat mengomentari kalimat jawaban dari segi bahasa dengan tepat. | PG | 9 | |
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit | Disajikan dua teks teks , siswa dapat menentukan perbedaan isi dua teks dengan benar. | PG | 10 |
Disajikan dua teks teks , siswa dapat menentukan persamaan isi dua teks dengan benar | PG | 11 | |
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | Disajikan penggalan editorial , siswa dapat menentukan kalimat fakta dengan benar. | PG | 12 |
Disajikan penggalan editorial , siswa dapat menentukan kalimat opini dengan benar. | PG | 13 | |
Disajikan penggalan editorial , siswa dapat menentukan pihak yang dituju dengan benar. | PG | 14 | |
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku | Disajikan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf , siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf pertama dengan benar. | PG | 15 |
Disajikan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf , siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf kedua dengan benar. | PG | 16 | |
Disajikan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf , siswa dapat menentukan rangkuman/ringkasan dengan benar. | PG | 17 | |
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan teladan penulisannya | Disajikan pendapat dua orang anggota rapat , siswa dapat menentukan rangkuman atas dua pendapat tersebut dengan benar. | PG | 18 |
Disajikan penggalan notulen yang dirumpangkan satu atau lebih bab notulen , siswa dapat menentukan bab yang sempurna untuk melengkapi notulen tersebut dengan benar. | PG | 19 | |
12.3 Menulis karya ilmiah ibarat hasil pengamatan , dan penelitian | Disajikan data dua buku , siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka yang tepat. | PG | 20 |
Disajikan sebuah topik karya ilimiah , siswa dapat menentukan latar belakang yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut yang tepat. | PG | 21 | |
Disajikan sebuah topik karya tulis , siswa dapat menentukan rumusan duduk perkara yang tepat. | PG | 22 | |
Disajikan sebuah penulisan judul dalam karya tulis yang masih salah , siswa dapat menentukan penulisan judul yang benar. | PG | 23 | |
Disajikan sebuah kalimat dari karya tulis yang belum efektif , siswa dapat menentukan perbaikannya dengan benar. | PG | 24 | |
Disajikan sebuah paragraf yang mengandung kalimat penjelas yang tidak padu , siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang tidak padu tersebut dengan benar. | PG | 25 | |
13.1 Mengidentifikasi alur , penokohan , dan latar dalam cerpen yang dibacakan | Disajikan kutipan cerpen , siswa dapat menentukan bab alur (plot) sesuai isi kutipan dengan benar. | PG | 26 |
Disajikan kutipan cerpen , siswa dapat menentukan konflik cerpen dengan benar | PG | 27 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan watak tokoh cerpen dengan benar. | PG | 28 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan cara pendeskripsian watak tokoh cerpen dengan benar. | PG | 29 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan latar (tempat , waktu , suasana) cerpen dengan benar. | PG | 30 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan bukti kalimat dari latar suasana dengan benar. | PG | 31 | |
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan | Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan nilai sopan santun dalam cerpen dengan benar. | PG | 32 |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan nilai budaya dalam cerpen dengan benar. | PG | 33 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan nilai sosial dalam cerpen dengan benar. | PG | 34 | |
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh | Disajikan kutipan teks biografi tokoh pendidikan , siswa dapat menentukan hal yang menarik tentang tokoh dengan benar. | PG | 35 |
Disajikan kutipan teks biografi tokoh budaya , siswa dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan benar. | PG | 36 | |
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat | Disajikan penggalan hikayat , siswa dapat menentukan karakteristik hikayat yang menonjol dengan benar. | PG | 37 |
Disajikan penggalan hikayat , siswa dapat menentukan kemustahilan yang terdapat pada hikayat dengan benar. | PG | 38 | |
16.2 Menarasikan pengalaman insan dalam bentuk pecahan dan latar pada naskah drama. | Disajikan penggalan naskah drama yang dirumpangkan dialognya , siswa dapat melengkapinya dengan benar. | PG | 39 |
Disajikan penggalan naskah drama yang dirumpangkan petujuk lakuannya , siswa dapat melengkapinya dengan benar. | PG | 40 | |
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan hikayat | Disajikan penggalan novel Indonesia/terjemahan dan penggalan hikayat , siswa dapat membandingkan unsur intrinsiknya (tema , latar , amanat , nilai kehidupan) dengan benar. | Uraian | 41 |
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit | Disajikan teks terdiri 3 paragraf , siswa dapat menentukan pandangan gres pokok paragraf dengan tepat | Uraian | 42 |
16.2 Menarasikan pengalaman insan dalam bentuk pecahan dan latar pada naskah drama. | Disajikan sebuah ilustrasi berupa pengalaman yang menarik (salah paham dengan teman) , siswa dapat menarasikannya dalam bentuk pecahan dan latar pada naskah drama yang benar. | Uraian | 43 |
11.3 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | Disajikan sebuah editorial , siswa dapat menentukan kalimat fakta , kalimat opini pada editorial , dan tujuan penulisan editorial dengan benar. | Uraian | 44 |
12.3 Menulis karya ilmiah ibarat hasil pengamatan , dan penelitian | Disajikan sebuah judul karya ilmiah , siswa dapat menuliskan paragraf latar belakang yang sesuai dengan judul tersebut dengan benar. | Uraian | 45 |
0 comments:
Post a Comment