Thursday, July 27, 2017

RINGKASAN MODUL E PKB / GURU PEMBELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


KELOMPOK KOMPETENSI E PROFESIONAL

TEORI DAN GENRE SASTRA INDONESIA

PENULIS : HARI WIBOWO DKK.

DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

2016


TEORI DAN GENRE SASTRA INDONESIA

A. Tujuan
Setelah mempelajari modul ini , Anda dapat memahami teori dan genre puisi baik puis , prosa , maupun drama dengan baik.
B. Kompetensi dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Guru Mata
Pelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
20.6 Memahami teori dan genre Sastra
20.6.1 Menjelaskan teori dan genre Puisi
20.6.2 Menjelaskan teori dan genre Prosa
20.6.3 Menjelaskan teori dan genre Drama

C. Uraian Materi
1. Teori dan Genre Puisi Indonesia
.
Secara etimologi , istilah puisi berasal dari bahasa Yunani poeima yang berarti ‘membuat’ atau poeisis ‘pembuatan’ , dan dalam bahasa Inggris disebut poem dan poetry. Puisi diartikan ‘membuat’ dan ‘pembuatan’ karena lewat puisi pada dasarnya seorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri yang mungkin berisi pesan atau gambaran suasana-suasana tertentu , baik
fisik maupun batiniah.
Dengan mengutip pendapat Mc. Caulay dan Hudson , Aminuddin (1987: 134) mengungkapkan bahwa puisi yaitu salah satu produk sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi , ibarat halnya lukisan yang menggunakan
garis dan warna dalam menggambarkan gagasan pelukisnya. Rumusan pengertian puisi di atas , sementara ini , dapatlah diterima karena kita seringkali diajuk oleh suatu ilusi perihal keindahan , terbawa dalam suatu angan-angan , sejalan dengan keindahan penataan unsur bunyi , penciptaan
gagasan , maupun suasana tertentu sewaktu membaca puisi.
Puisi yaitu karya sastra yang imajinatif. Bahasa sastra bersifat konotatif karena banyak menggunakan makna kias dan makna lambang (majas). Dibandingkan dengan bentuk karya sastra yang lain , puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih memiliki kemungkinan banyak makna. Hal ini disebabkan adanya pengkonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan
bahasa di dalam puisi. Struktur fisik dan struktur batin puisi juga padat. Keduanya bersenyawa secara padu.
Deskripsi di atas seluruhnya berkenaan dengan bentuk fisik dan bentuk batin puisi. Bentuk fisik puisi yaitu bahasa atau struktur , sedangkan bentuk batin puisi yaitu isi atau tema. Marjorie Boulton (1979: 17 dan 129) menyebut kedua unsur pembentuk puisi itu dengan bentuk fisik (physical form) dan bentuk mental (mental form).

Struktur puisi pada dasarnya mempunyai dua unsur yang sama dengan unsur puisi menurut Marjorie di atas , yaitu unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik puisi berkaitan dengan bentuk , sedangkan unsur batinnya berkaitan dengan isi dan makna. Menurut Herman J. Waluyo (2008: 76) , struktur fisik yang disebut juga dengan metode puisi terdiri dari (1) diksi , (2) pengimajian , (3) kata konkret , (4) bahasa figurasi atau majas , (5) versifikasi , dan (6) tata wajah atau tipografi. Struktur fisik atau metode puisi tersebut juga dipengaruhi oleh penyimpangan penggunaan bahasa atau sintaksis. Adapun struktur batin yaitu struktur yang bekerjasama dengan tema ,
perasaan , nada dan suasana , amanat atau pesan.
1.1 Ragam Puisi Berdasarkan Bentuk dan Isi
Ditinjau dari bentuk maupun isinya , puisi dapat dikelompokkan ke dalam banyak sekali ragam berikut: (1) puisi naratif , (2) puisi lirik , (3) Puisi deskriptif , (4) puisi fisikal , (5) puisi platonic , (6) puisi metafisikal , (7) puisi subjektif , (8) puisi objektif , (9) puisi konkret , (10) puisi diafan , (11) puisi prismptis , (12) puisi parnasian , (13) puisi inspiratif , (14) puisi pamphlet , (15) puisi demonstrasi , dan (16) puisi alegori.
Puisi naratif yaitu puisi yang di dalamnya terkandung suatu dongeng , dengan pelaku , perwatakan , setting , maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin dongeng tersebut. Termasuk ke dalam jenis puisi ini yaitu apa yang biasa disebut dengan balada yang dibedakan antara folk ballad , dengan literary ballad. Balada merupakan ragam puisi yang berkisah perihal kehidupan insan dengan segala macam sifat pengasihnya , kecemburuan , kedengkian , ketakutan , kepedihan , dan keriangannya. Jenis puisi lain yang termasuk dalam puisi naratif adalah poetic tale sebagai puisi yang berisi dongeng-dongeng rakyat.
Puisi lirik adalah puisi yang berisi luapan batin individual penyairnya dengan segala macam endapan pengalaman , sikap , maupun suasana batin yang melingkupinya. Jenis puisi lirik umumnya paling banyak terdapat di dalam khazanah sastra moderen Indonesia , ibarat tampak dalam puisi-puisi Chairil Anwar , Sapardi Djokodamono , Goenawan Mohammad , dan lain-lainnya (Aminuddin , 1987: 135).
Puisi deskriptif adalah puisi yang mencoba memberi kesan terhadap keadaan/peristiwa , benda , atau suasana yang dipandang menarik perhatian oleh penyair. Jenis puisi yang dapat diklasifikasikan ke dalam puisi deskriptif , misalnya , puisi satire , kritik sosial , dan puisi-puisi impresionistik. Satire juga merupakan puisi yang mengungkapkan perasaan tidak puas penyair terhadap suatu keadaan , namun dengan cara menyindir atau meyatakan keadaan sebaliknya.
Puisi fisikal bersifat realistis , artinya menggambarkan kenyataan apa adanya. Yang dilukiskan yaitu kenyataan dan bukan gagasan. Hal-hal yang dilihat , didengar , atau dirasakan merupakan obyek ciptaannya. Puisi-puisi naratif , ballada , puisi yang bersifat impresionistis , dan juga puisi dramatis biasanya merupakan puisi fisikal.
Puisi platonik adalah puisi yang sepenuhnya berisi hal-hal yang bersifat spiritual atau kejiwaan. Puisi-puisi ide atau harapan dapat dimasukkan ke dalam pembagian terstruktur mengenai puisi platonik. Puisi-puisi religius dan didaktik juga dapat dikategorikan sebagai puisi platonik yang mengungkap nilai
spiritual dan pendidikan secara eksplisit.
Puisi metafisikal adalah puisi yang bersifat filosofis dan mengajak pembaca merenungkan kehidupan dan merenungkan Tuhan.
Puisi subyektif juga disebut puisi personal , yakni puisi yang mengungkapkan gagasan , pikiran , perasaan , dan suasana dalam diri penyair sendiri.
Puisi obyektif berarti puisi yang mengungkapkan hal-hal di luar diri penyair itu sendiri. Puisi obyektif disebut juga puisi impersonal. Puisi naratif dan deskriptif kebanyakan yaitu puisi obyektif , meskipun juga ada beberapa yang subyektif.
Puisi konkret sangat terkenal dalam dunia perpuisian Indonesia semenjak tahun 1970. X.J. Kennedy dalam Herman J. Waluyo (2008:159) menyebut puisi jenis ini sebagai bersifat visual yang dapat dihayati keindahan bentuknya dari sudut penglihatan (poems for the eye).
Puisi diafan , atau puisi polos , yaitu puisi yang kurang sekali menggunakan pengimajian , kata konkret dan bahasa figuratif , sehingga  uisinya ibarat dengan bahasa sehari-hari. Puisi yang demikian akan sangat mudah dihayati maknanya.
Puisi prismptis adalah puisi yang berupaya menyelaraskan kemampuan menciptakan majas , versifikasi , diksi , dan pengimajian sedemikian rupa sehingga pembaca tidak terlalu mudah menafsirkan makna puisinya , namun tidak juga terlalu gelap.
Puisi parnasian adalah puisi dari sekelompok penyair Perancis pada pertengahan selesai kurun 19 yang menunjukkan sifat atau nilai keilmuan. Puisi parnasian diciptakan dengan pertimbangan ilmu atau pengetahuan , bukan didasari oleh wangsit atau adanya mood dalam jiwa penyair.
Puisi inspiratif diciptakan berdasarkan mood atau passion. Penyair benar-benar masuk ke dalam suasana yang hendak dilukiskan. Suasana batin penyair benar-benar terlibat ke dalam puisi itu.
Puisi demonstrasi mengacu kepada puisi-puisi Taufiq Ismail dan
mereka yang oleh Jassin disebut Angkatan 66. Puisi ini merupakan hasil refleksi demonstrasi para mahasiswa dan pelajar – KAMI-KAPPI- sekitar tahun 1966. Menurut Subagio Sastrowardojo , puisi-puisi demonstrasi 1966 bersifat kekitaan , artinya melukiskan perasaan kelompok bukan perasaan individu.
Puisi pamfet juga berbasis protes sosial. Disebut puisi pamfet karena bahasanya yaitu bahasa pamfet. Kata-katanya mengungkapkan rasa tidak puas kepada keadaan. Munculnya kata-kata yang berisi protes secara spontan tanpa protes pemikiran atau perenungan yang mendalam.
Puisi alegori adalah puisi yang sering mengungkapkan dongeng yang isinya dimaksudkan untuk menunjukkan pesan yang tersirat perihal budi pekerti dan agama. Jenis alegori yang terkenal ialah parable yang juga disebut dongeng perumpamaan. Di dalam kitab suci banyak dijumpai dongeng-dongeng perumpamaan yang maknanya dapat dicari di balik kata-kata yang tersurat.
1.2 Jenis-jenis Puisi
1.2.1 Puisi Lama
Puisi lama yaitu puisi yang terikat oleh aturan-aturan. Karena itu , puisi lama biasanya bersifat anonim (merupakan puisi rakyat yang tidak dikenal nama pengarangnya); disampaikan secara ekspresi dari individu ke individu lain; merupakan sastra lisan; terikat aturan jumlah baris tiap bait ,
jumlah suku kata maupun rima. Termasuk ke dalam puisi lama yaitu pantun , gurindam , dan syair.
1.2.1.1 Pantun
Pantun pada mulanya yaitu senandung atau puisi rakyat yang dinyanyikan. Dalam kesusastraan , pantun pertama kali muncul dalam Sejarah Melayu dan hikayat-hikayat populer yang sezaman. Kata pantun sendiri mempunyai asal-usul yang cukup panjang dengan persamaan dari bahasa
Jawa yaitu kata parik yang berarti pari , artinya paribasa atau peribahasa dalam bahasa Melayu. Arti ini juga berdekatan dengan umpama dan seloka yang berasal dari India.
Menurut H. Overbeck , yang terpengaruh oleh pendapat Abdullah Munsyi , pasangan atau dua baris pertama pada pantun memang tidak mempunyai arti; tidak memiliki kekerabatan pikiran sama sekali , atau hanya untuk menjadi penentu sanjak {rima} pada pasangan atau dua baris kedua
pantun. Pantun yaitu puisi Melayu asli yang cukup mengakar dan membudaya dalam masyarakat.
Pantun memiliki ciri-ciri bentuk sebagai berikut: (1) Setiap bait terdiri atas empat baris , (2) Baris pertama dan kedua berfungsi sebagai sampiran , (3) Baris ketiga dan keempat merupakan isi , (4) Bersajak a – b – a – b , (5) Setiap baris terdiri atas 8 – 12 suku kata , dan (5) Berasal dari kawasan atau masyarakat Melayu (Indonesia).
Contoh Pantun:
(1) Ada pepaya ada mentimun (a)
Ada mangga ada salak (b)
Daripada duduk termangu (a)
Mari kita membaca sajak (b)
1.2.1.2 Gurindam
Gurindam yaitu puisi lama yang berasal dari Tamil (India) . Gurindam memiliki cirri-ciri sebagai berikut: (1) Setiap bait terdiri dari dua baris , (2) Sajak selesai berirama a – a , b – b , c – c , dan seterusnya; (3) Berasal dari Tamil (India); (4) Isinya merupakan pesan yang tersirat , yakni menjelaskan atau menampilkan situasi karena akibat; dan (5) Bersifat mendidik.
Contoh Gurindam
Kurang pikir kurang siasat (a)
Tentu dirimu akan tersesat (a)
Barang siapa tinggalkan sembahyang (b)
Bagai rumah tiada bertiang ( b )
Jika suami tiada berhati lurus (c)
Istri pun kelak menjadi kurus ( c )
1.2.1.3 Syair
Syair yaitu puisi lama yang berasal dari Arab. Ciri – ciri syair yaitu sebagai berikut: (1) Setiap bait terdiri dari empat baris; (2) Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata; (3) Bersajak a – a – a – a; dan (4) Semua baris merupakan isi , tidak memiliki sampiran.
Contoh Syair :
Pada zaman dahulu kala (a)
Tersebutlah sebuah dongeng (a)
Sebuah negeri yang aman sentosa (a)
Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)
Negeri berjulukan Pasir Luhur (a)
Tanahnya luas lagi subur (a)
Rakyat teratur hidupnya makmur (a)
Rukun raharja tiada terukur (a)
Raja berjulukan Darmalaksana (a)
Tampan indah elok parasnya (a)
Adil dan jujur penuh wibawa (a)
Gagah perkasa tiada tandingnya (a)
1.2.2 Puisi Baru
Puisi gres yaitu puisi yang lebih bebas daripada puisi lama , baik dalam segi jumlah baris , suku kata , maupun rima. Di antara jenis puisi gres yaitu soneta. Soneta yaitu puisi yang terdiri atas: (1) empat belas baris; (2) empat bait yang dibangun oleh dua quatrain dan dua terzina; (3) dua
quatrain merupakan sampiran dan merupakan satu kesatuan yang disebut oktaf; (4) dua terzina merupakan isi dan merupakan satu kesatuan yang disebut sextet; (5) penggalan sampiran biasanya berupa gambaran alam; (6) sextet yang berisi curahan atau balasan atau simpulan dari apa yang
dilukiskan dalam octav; (7) voltayang merupakan peralihan dari octav ke sextet; (8) koda yang merupakan penambahan baris pada soneta; (9) sembilan hingga empat belas suku kata dalam tiap baris; dan (10) rima selesai a-b-b-a , a-b-b-a , c-d-c , dan d-c-d.
Contoh soneta
Gembala
Perasaan siapa takkan nyala (a)
Melihat anak berelagu dendang(b)
Seorang saja ditengah padang(b)
Tiada berbaju buka kepala (a)
Beginilah nasib anak gembala (a)
Berteduh dibawah kayu nan rindang (b)
Semenjak pagi meninggalkan sangkar (b)
Pulang kerumah di senja kala (a)
Jauh sedikit sesayup hingga (a)

Terdengar olehku bunyi serunai (a)
Melagukan alam nan semok permai (a)
Wahai gembala di segara hijau (c)
Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau (c)
Maulah gua menurutkan dikau (c)
1.2.3 Puisi Kontemporer
Kata kontemporer secara umum bermakna masa kini , sesuai dengan perkembangan zaman , atau selalu mengikuti keadaan dengan perkembangan zaman. Puisi kontemporer dapat diartikan sebagai puisi yang lahir dalam kurun waktu terakhir. Puisi kontemporer berusaha lari dari ikatan
konvensional puisi pada umumnya. Puisi kontemporer seringkali memakai kata-kata yang kurang memerhatikan kesantunan bahasa; memakai kata-kata kasar , ejekan , dan lain-lain. Pemakaian kata-kata simbolik atau lambang intuisi , gaya bahasa , irama , dan sebagainya dianggap tidak begitu penting lagi.
Puisi kontemporer pernah sangat popular di Indonesia pada dasawarsa 1980-an. Penyair-penyair tanah air yang pernah malang melintang dan menjadi penggagas puisi kontemporer di Indonesia , di antaranya , yaitu Sutardji Calzoum Bachri , Ibrahim Sattah , dan Hamid Jabbar. Sutardji terkenal
dengan tiga kumpulan puisinya , yakni O , Amuk , dan O Amuk Kapak. Ibrahim Sattah popular dengan kumpulan puisinya Hai Ti. Sedangkan Hamid Jabbar masyhur dengan kumpulan puisinya Wajah Kita.
Puisi kontemporer tidak tampil dalam bentuk yang benar-benar seragam di antara para penyairnya. Ada beberapa bentuk puisi kontemporer. Yang paling menonjol di antaranya yaitu puisi mantra. Puisi mantra yaitu puisi yang mengambil sifat-sifat mantra. Sutardji Calzoum Bachri yaitu orang yang pertama memperkenalkan puisi mantra dalam puisi kontemporer.
Puisi mantra memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) tidak dihadirkan untuk dipahami pembaca , melainkan disajikan untuk menyebabkan efek atau akhir tertentu; (2) berfungsi sebagai penghubung insan dengan dunia misteri; (3) mengutamakan efek atau akhir berupa kemanjuran dan kemanjuran itu terletak pada perintah. Contoh puisi (kontemporer) mantra
yaitu sebagai berikut:
Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
ya tak ping ya tak pong
sembilu jarakMu menancap nyaring
(Sutardji Calzoum Bachri dalam O Amuk Kapak , 1981)
2. Teori dan Genre Prosa Indonesia
Slamet Mulyana mengemukakan , istilah prosa berasal dari bahasa latin oratio provorsa yang berarti ‘ucapan eksklusif bahasa percakapan’ sehingga prosa berarti bahasa bebas , bercerita , dan ucapan langsung. Kata prosa diambil dari bahasa Inggris , prose , yang berarti ‘bahasa tertulis atau
tulisan’. H.B. Jasin mengemukakan , prosa itu pengucapan dan pemikiran bahasa dalam karangan ilmu pengetahuan. Prosa ditulis berdasarkan pikiran dan menjauhi segala yang mungkin menggerakkan perasaan. Prosa semacam ini sering disebut sebagai prosa ilmiah. Namun
demikian , ada juga prosa yang bersifat sastra. Prosa jenis ini haruslah memenuhi syarat kesenyawaan yang harmonis antara bentuk dan isi , kesatuan yang serasi antara pikiran dan perasaan.

Prosa sastra disebut juga dengan istilah prosa fiksi. Kata fiksi berasal dari fiction (bahasa Inggeris) yang berarti ‘rekaan’. Dengan demikian , dapatlah disimpulkan bahwa prosa fiksi yaitu dongeng rekaan dimana tokoh , peristiwa dan latar di dalamnya bersifat imajiner.
Sudjiman , (1984:17) menyebut prosa fiksi ini dengan istilah ceritera rekaan , yaitu kisahan yang mempunyai tokoh , lakuan , dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi , dalam ragam prosa. Prosa , sebagai salah satu bentuk cipta sastra , mendukung fungsi sastra pada umumnya.
Fungsi prosa yaitu untuk memperoleh keindahan , pengalaman , nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng , dan nilai-nilai budaya yang luhur. Selain itu , prosa dapat pula membuatkan cipta , rasa , serta membantu pengebangan pembelajaran (secara tidak langsung).
Prosa sebagai salah satu bentuk karya sastra , sering menbimbulkan persoalan dalam mengajarkannya. Hal ini muncul karena dongeng yang ditulis dalam bentuk prosa pada umumnya panjang. Masalah ini tentu saja dapat memengaruhi proses pembelajaran prosa karena bimbingan apresiasi yang menyangkut teks enggan diberikan. Seperti halnya puisi , prosa pun sebaiknya
dinikmati oleh siswa secara utuh supaya fungsi prosa benar-benar terwujud.
Secara umum , prosa dikelompokkan atas prosa lama dan prosa baru. Paparan mengenai kedua kelompok prosa tersebut dapat dilihat pada penggalan berikut.
2.1 Prosa Lama
Prosa lama yaitu karya sastra yang berbentuk dongeng atau narasi; berbeda dengan pantun , gurindam , dan sebagainya. Disebut prosa lama karena produk sastra ini selalu bersifat anonim (tanpa nama penulis) , sangat statis , dan selalu dianggap milik bersama. Karena dianggap milik bersama , hampir semua produk prosa lama disebut dongeng rakyat Cerita rakyat merupakan sastra ekspresi yang berkembang di masyarakat , terutama pada masa lalu. Cerita rakyat yaitu dongeng yang pada dasarnya disampaikan oleh seseorang kepada orang lain melalui penuturan ekspresi , yakni
penciptaan , penyebaran , dan pewarisannya dilakukan secara ekspresi melalui tutur kata satu orang ke orang lainnya di kalangan masyarakat pendukungnya secara turun–temurun dari satu generasi ke generasi. Cerita rakyat terdiri dari banyak sekali versi , biasanya tidak diketahui pengarangnya
(anonim).
William R. Bascom dalam James Danandjaja (2007 : 50) membagi dongeng rakyat ke dalam tiga kelompok , yaitu mite , legenda , dan dongeng. Di sisi lain , ada juga andal sastra yang memasukkan hikayat ke dalam kelompok dongeng rakyat. Di dalam buku sumber berguru ini , hanya akan dibahas lebih lanjut mengenai dongeng dan hikayat.
2.1.1 Dongeng
Menurut Sudjiman (1986: 15) , dongeng yaitu dongeng perihal makhluk khayali. Makhluk khayali yang menjadi tokoh-tokoh dongeng semacam itu biasanya ditampilkan sebagai tokoh yang memiliki kebijaksanaan untuk mengatur persoalan insan dengan segala macam cara. Bascom dalam James Danandjaja ( 2007: 50) menyatakan bahwa dongeng yaitu dongeng prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar terjadi oleh yang mempunyai dongeng , dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng merupakan dongeng yang tidak benar-benar terjadi terutama pada zaman dahulu.
Kebanyakan orang beranggapan bahwa dongeng yaitu dongeng mengenai makhluk peri. Kenyataannya , banyak dongeng yang tidak menceritakan kehidupan para peri. Sejumlah dongeng bercerita perihal isi dan plot dongeng yang wajar.
Beberapa andal sastra lama membagi dongeng atas empat golongan besar , yakni: (1) dongeng binatang , (2) dongeng biasa , (3) lawakan dan anekdot , dan (4) dongeng berumus.
Dongeng binatang yaitu dongeng yang ditokohi binatang. Binatang-binatang ini digambarkan sebagai sosok yang pintar berbicara dan berakal budi ibarat manusia. Jenis binatang yang selalu dilibatkan di dalam dongeng dongeng , antara lain , anjing , rubah , kelinci , buaya , harimau , gajah , dan kancil. Di Indonesia , dongeng dongeng yang melibatkan kancil sebagai tokoh dongeng sangat banyak jumlahnya. Di dalam cerita-cerita itu , kancil selalu digambarkan sebagai sosok binatang yang cerdas dan baik budi. Sementara itu , sebagai tokoh lawan dari binatang yang cerdas dan baik budi , dihadirkan sosok binatang yang pandir yang selalu menjadi bulan-bulanan binatang yang
cerdik dan cerdas tadi. Dalam banyak sekali dongeng dongeng , sosok hewan ibarat ini , misalnya , beruang , buaya , harimau , dan sebagainya.
Dongeng biasa yaitu jenis dongeng yang ditokohi insan , dan biasanya berupa kisah suka-duka seseorang. Di Indonesia , dongeng biasa yang sangat popular bertipe “Cinderella”. Dongeng bertipe ini relative banyak jumlahnya , ibarat “Bawang Putih dan Bawang Merah” (Jakarta) , “Si Melati dan Kecubung” (Jawa Timur) , dan sebagainya.
Lelucon dan anekdot merupakan dongeng-dongeng yang dapat menggelikan hati sehingga menyebabkan tawa bagi yang mendengar maupun yang menceritakan. Anekdot menyangkut kisah fiktif lucu seorang atau beberapa orang tokoh yang benar-benar ada. Sedangkan lawakan menyangkut kisah fiktif lucu kolektif , ibarat suku bangsa dan ras. Misalnya kisah lucu
Albert Enstein di sebut anekdot , sedangkan kisah lucu orang Israel disebut lelucon.
Dongeng-dongeng berumus merupakan dongeng yang , oleh Antti Aarne dan Stith Thompson (dalam KSG Unimed , 2013: 316) , disebut formula tales. Struktur dongeng ini terdiri atas pengulangan-pengulangan. Subbentuk dongeng berumus yaitu dongeng yang bertimbun dongeng untuk mempermainkan orang , dan tidak memiliki akhir. Dongeng , yang juga disebut dongeng berantai , ini yaitu dongeng yang dibentukdengan menambah keterangan lebih rinci pada setiap pengulangan inti cerita. Simaklah dongeng berumus beikut ini:
Alkisah , di suatu lorong pada suatu hari , seorang nyonya lari terbirit-birit ketakutan karena diburu seekor tikus kecil. Tikus kecil lari terbirit-birit ketakutan karena diburu seekor kucing. Kucing lari terbirit-birit ketakutan karena diburu seekor anjing. Anjing lari terbirit-birit ketakutan karena diburu seorang pemabuk Israel. Pemabuk Israel lari terbirit-birit ketakutan karena diburu polisi. Polisi lari terbirit-birit ketakutan karena diburu MOZAD.
2.1.2 Hikayat
Hikayat yaitu jenis prosa lama yang berkisah perihal riwayat hidup seorang tokoh. Riwayat hidup tokoh yang diceritakan adakalanya realistis , dengan sumber informasi dan data terpercaya. Tetapi , ada juga hikayat yang sumber penceritaannya bercampur baur antara fakta dan fiksi atau opini penulisnya.
Hikayat berisi dongeng kebaikan dan kemuliaan sang tokoh pada masa hidupnya. “Hikayat Nabi Idris” , misalnya , berisi dongeng mengenai kejujurannya , kesalehannya , kepatuhannya beribadah kepada Tuhan , menjauhi semua larangan Tuhan , dan sama sekali tidak mau merampas hak orang lain (lihat Djamaris dkk. , 1985: 7). Karena berbicara mengenai kebaikan dan kemuliaan
seorang tokoh , maka hikayat ditulis untuk berfungsi sebagai pemberi wawasan , pesan yang tersirat , pedoman hidup , dan wangsit kepada pembaca. Dengan membaca hikayat , seseorang diperlukan dapat mengubah dan memperbaiki kualitas hidupnya pada masa depan.
2.2 Prosa Baru
Prosa gres yaitu karya sastra yang berbentuk dongeng atau narasi juga , sama dengan prosa lama. Disebut prosa gres karena produk sastra ini tidak lagi bersifat anonim (tanpa nama penulis). Penulis prosa gres sudah sangat sadar akan hak-hak individualnya dan karena itu merasa memiliki wewenang untuk mencantumkan namanya pada karya prosa yang mereka tulis. Dengan
demikian , karya-karya prosa yang mereka tulis tidak dapat lagi dianggap sebagai milik bersama masyarakat , melainkan milik individu penulis.
Selain itu , prosa gres sudah memperlihatkan semangat yang dinamis , baik dalam hal isi atau tema maupun bentuknya. Para penulis prosa gres sudah memiliki keberanian menuliskan sesuatu yang berbeda dan bahkan menentang hal-hal yang menjadi kebiasan umum. Isi atau tema prosa gres sudah bersifat masyarakat sentris. Semua perubahan ini dimungkinkan karena para penulis prosa gres mulai mendapat pengaruh yang kuat dari perkembangan sastra Barat. Kenyataan ini jauh berbeda dari karakteristik prosa lama yang isi atau temanya selalu disebut bersifat istana sentris , yakni berorientasi kepada kepentingan penguasa.
Sebagai karya sastra , prosa gres hadir dalam banyak sekali bentuk , ibarat cerpen , novel , dan drama. Paparan mengenai bentuk-bentuk prosa gres tersebut dapat dilihat pada penggalan berikut.
2.2.1 Cerita Pendek
Cerita pendek , atau sering disingkat dengan cerpen , yaitu suatu bentuk prosa naratif fiktif. Berapa ukuran panjang atau pendek yang dimaksud memang tidak ada aturan baku yang dianut maupun akad di antara pengarang dan para ahli. Edgar Allan Poe , dalam Burhan
Nurgiantoro (1995: 11) , menyatakan bahwa dongeng pendek yaitu sebuah dongeng yang selesai dibaca sekali duduk , kira-kira berkisar antara setengah jam hingga dua jam.
Untuk menentukan panjang pendeknya cerpen , khususnya berkaitan dengan jumlah kata yang digunakan , berikut ini dikemukakan beberapa pendapat. Menurut Staton cerpen biasanya menggunakan 15.000 kata atau setara dengan lebih kurang 50 halaman. Sedangkan Notosusanto menyatakan bahwa jumlah kata yang digunakan di dalam cerpen sekitar 5.000 kata atau
kira-kira 17 halaman kuarto dengan spasi rangkap (lihat KSG Unimed , 2013: 292).
Cerita pendek , selain kependekannya ditunjukkan oleh jumlah penggunaan kata yang relative terbatas , peristiwa dan isi dongeng yang disajikan juga sangat pendek. Peristiwa yang disajikan memang singkat , tetapi mengandung kesan yang dalam. Isi dongeng memang pendek karena
mengutamakan kepadatan ide. Karena itu , peristiwa dan isi dongeng dalam cerpen relatif lebih sedikit jikalau dibandingkan dengan roman atau novel.
Cerita pendek cenderung padat dan eksklusif pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang , ibarat novel. Karena singkatnya , cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra , ibarat tokoh , plot , tema , bahasa , dan insight , secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi lain yang lebih panjang. Disyaratkan oleh H.B. Jassin bahwa dongeng pendek haruslah memiliki penggalan perkenalan , pertikaian , dan penyelesaian (Korrie Layun Rampan , 1995: 10).
Ciri-ciri dongeng pendek , menurut Stanton (2007: 76) , adalah: (1) haruslah berbentuk padat , (2) realistik , (3) alur yang mengalir dalam dongeng bersifat fragmentaris dan cenderung inklusif. Sedangkan menurut Guntur Tarigan , cirri-ciri cerpen adalah: (1) singkat , padu , dan intensif (brevity , unity , dan intensity) , (2) memiliki unsur utama berupa episode , tokoh , dan gerak
(scene , character , dan action) , (3) bahasanya tajam , sugestif , dan menarik perhatian (incisive , suggestive , dan alert) , (4) mengandung impresi pengarang perihal konsepsi kehidupan , (5) menyebabkan efek tunggal dalam pikiran pembaca , (6) mengandung detil dan insiden yang benar-benar terpilih , (7) memiliki pelaku utama yang menonjol dalam dongeng , dan (8) menyajikan kebulatan efek dan kesatuan emosi.
Berdasarkan banyak sekali batasan dan ciri dongeng pendek di atas , dapat disimpulkan bahwa dongeng pendek yaitu bentuk prosa fiktif naratif yang habis dibaca sekali duduk , serta mengandung konflik dramatik. Cerita pendek yaitu dongeng fiksi bentuk prosa yang singkat yang unsur ceritanya berpusat pada satu peristiwa pokok sehingga jumlah dan pengembangan pelaku
terbatas , dan keseluruhan dongeng memberi kesan tunggal.
2.2.1.1 Unsur Intrinsik Cerita Pendek
Unsur intrinsik yaitu unsur-unsur yang membangun karya sastra. Unsur-unsur inilah yang menyebabkan karya sastra hadir sebagai karya sastra; unsur-unsur yang yang secara faktual akan dijumpai jikalau orang membaca karya sastra.
Unsur intrinsik cerpen dapat dikelompokkan ke dalam enam penggalan , masingmasing: (1) tema , (2) alur , (3) penokohan atau perwatakan , (4) latar , (5) sudut pandang atau point of view , dan (6) amanat. Pembahasan terhadap unsurunsur intrinsik  pembangun dongeng pendek yang telah disampaikan di atas diuraikan sebagai berikut.
Tema. Tema yaitu makna yang dikandung oleh sebuah dongeng atau gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh dongeng sehingga bersifat menjiwai keseluruhan cerita. Tema suatu karya sastra letaknya tersembunyi dan harus dicari sendiri oleh pembaca. Pengarang karya sastra tidak akan secara gamblang mengatakan
apa yang menjadi inti permasalahan hasil karyanya , walaupun kadangkadang terdapat kata-kata atau kalimat kunci dalam salah satu penggalan karya sastra. Melalui kalimat kunci itu pengarang seperti merumuskan apa yang bahu-membahu menjadi pokok permasalahan.
Ada beberapa cara untuk menafsirkan tema menurut Stanton (2007: 44) , yakni: (1) harus memperhatikan detil yang menonjol dalam dongeng rekaan , (2) tidak terpengaruh oleh detil dongeng yang kontradiktif , (3) tidak sepenuhnya bergantung pada bukti-bukti implisit , kadang-kadang harus yang eksplisit juga , (4) tema itu dianjurkan secara terang oleh dongeng yang bersangkutan. Perlu ditambahkan di sini bahwa faktor pengarang dengan pandangan-pandangannya turut menentukan  tema karyanya. Penokohan. Penokohan merupakan salah satu unsur dalam dongeng yang menggambarkan keadaan lahir maupun batin seseorang atau pelaku. Setiap insan mempunyai huruf yang berbeda-beda. Karena cerpen pada dasarnya menceritakan
insan dalam bekerjasama dengan lingkungannya , maka setiap tokoh dalam dongeng akan memiliki watak yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Melalui huruf tokoh dongeng , pembaca mengikuti jalan dongeng sehingga maksud dongeng akan menjadi lebih jelas.
Istilah tokoh merujuk pada orang atau pelaku cerita. Watak , perwatakan , dan huruf , menunjuk pada sifat dan sikap para tokoh. Penokohan dan karakterisasi sering disamakan artinya dengan huruf dan perwatakan. Penokohan menunjuk pada penempatan tokoh-tokoh tertentu dengan watak-watak tertentu dalam sebuah dongeng (Nurgiantoro , 1995: 165).
Kaprikornus yang dimaksud dengan penokohan atau karakteristik yaitu ciriciri jiwa seseorang tokoh dalam suatu cerita. Seluruh pengalaman yang dituturkan dalam dongeng kita ikuti berdasarkan tingkah laku dan pengalaman yang dipelajari melalui pelakunya. Melalui perilaku ilmiah pembaca mengikuti jalannya seluruh dongeng dan berdasarkan huruf , situasi dongeng dapat
dikembangkan.
Plot atau Alur. Plot atau alur yaitu urutan peristiwa yang merupakan dasar terciptanya sebuah cerita. Alur bisa tampak apabila pengarang bisa membangun saling hubung antara tema , pesan , dan amanat dalam cerita. Cerita bergerak dari satu peristiwa ke peristiwa yang lain. Masing-masing peristiwa itu disusun secara runtut , utuh dan saling bekerjasama sehingga
membangun plot. Plot merupakan unsur fiksi yang penting , bahkan banyak orang menganggap sebagai unsur yang terpenting. Plot dapat mempermudah pemahaman seseorang perihal suatu cerita. Tanpa plot , pembaca akan kesulitan memahami suatu cerita. Plot karya fiksi yang kompleks sulit dipahami kekerabatan kaosalitas antarperistiwanya. Akibatnya , dongeng sulit dipahami. Dalam suatu dongeng biasanya dituliskan banyak sekali peristiwa dalam urutan tertentu. Peristiwa yang diurutkan itulah yang disebut alur atau plot. Plot biasanya dikelompokkan atas tiga tahap , yakni awal-tengah-akhir. Tahap awal sering disebut juga dengan tahap perkenalan. Tahap ini berisi informasi-informasi penting yang bekerjasama dengan banyak sekali hal yang
akan dikisahkan berikutnya. Tahap tengah , atau tahap pertikaian , menampilkan konflik atau pertentangan yang sudah mulai dimunculkan pada tahap sebelumnya. Tahap akhir , atau tahap peleraian , menampilkan episode tertentu akhir klimaks. Pada penggalan ini , dimunculkan selesai dari cerita.
Latar (setting). Latar , atau biasa disebut dengan setting , merujuk kepada pengertian tempat¸ kekerabatan waktu , dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar menunjukkan kesan realistis kepada pembaca. Latar dibedakan dalam tiga unsur pokok yaitu tempat , waktu dan sosial. Latar tempat merujuk pada lokasi terjadinya peristiwa , latar waktu
bekerjasama dengan persoalan kapan peristiwa terjadi , dan latar social mengacu kepada hal-hal yang bekerjasama dengan perilaku kehidupan social masyarakat dalam cerita.
Sudut Pandang (point of view). Sudut pandang , atau point of view , adalah cara atau pandangan yang dipergunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh , tindakan , latar dan banyak sekali peristiwa yang membentuk dongeng dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca (Abrams , dalam Burhan Nurgiantoro , 1995: 248). Dengan demikian , sudut pandang pada hakikatnya merupakan seni administrasi , teknik , siasat , yang secara sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasan dan ceritanya. Segala sesuatu yang dikemukakan dalam karya fiksi , memang milik pengarang. Namun , semuanya itu , dalam karya fiksi , disalurkan lewat sudut pandang tokoh , lewat beling mata tokoh dongeng (Burhan Nurgiantoro , 1995: 248). Sudut pandang atau point
of view
penceritaan dapat dibedakan atas tiga macam , masing-masing: (1) sudut pandang orang pertama; pengarang sebagai gua (gaya akuan) Dalam hal ini , pengarang dapat bertindak sebagai omnicient (serba tahu) dan dapat juga sebagai limited (terbatas) , (2) pengarang sebagai orang ketiga (gaya diaan). Dalam hal ini , pengarang dapat bertindak sebagai omniscient (serba
tahu) dan dapat juga bertindak limited (terbatas) , (3) point of view gabungan , artinya pengarang menggunakan gabungan dari gaya bercerita pertama dan kedua.
Gaya. Gaya dapat diartikan sebagai gaya pengarang dalam bercerita atau gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam karyanya. Keduanya saling bekerjasama , yaitu gaya seorang pengarang dalam bercerita akan terlihat juga dalam bahasa yang digunakannya.
Gaya bahasa yaitu ekspresi personal , keseluruhan respons , pengarang terhadap persitiwa-peristiwa melalui media bahasa , seperti: jenis bahasa yang digunakan , kata-kata , sifat atau ciri khas imajinasi , struktur , dan irama kalimat-kalimatnya. Menurut Herman J. Waluyo dan Nugraheni (2008: 41) , gaya pengarang satu dengan yang lainnya berbeda. Karena itu , bahasa
karya sastra bersifat ideocyncratic , artinya sangat individual. Perbedaan gaya itu disebabkan oleh perbedaan pemikiran dan kepribadian.
Amanat. Amanat yaitu suatu fatwa moral yang ingin disampaikan pengarang. Panuti Sujiman (1988: 51) menyatakan bahwa amanat yaitu gagasan yang mendasari karya sastra , pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Menurut Suharianto (1982: 71) , amanat dapat
disampaikan secara tersurat dan tersirat. Tersurat artinya pengarang memberikan eksklusif kepada pembaca melalui kalimat , baik berupa keterangan pengarang atau pun berbentuk dialog pelaku. Seorang pengarang , dalam karyanya , tidak hanya sekedar ingin memgungkapkan
gagasannya , tetapi juga mempunyai maksud tertentu atau pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pesan tertentu itulah yang disebut amanat.
Amanat dalam sebuah karya sastra biasanya mencerminkan pandangan hidup pengarang yang bersangkutan , pandangan perihal nilai-nilai kebenaran dan  berbagai hal yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Amanat dalam dongeng biasanya dimaksudkan sebagai suatu saran yang bekerjasama dengan hal tertentu yang bersifat praktis , yang dapat diambil dan ditafsirkan lewat dongeng yang bersangkutan oleh pembaca.
2.2.2 Novel
Novel merupakan salah satu jenis fiksi. Novel dan dongeng pendek merupakan dua bentuk karya sastra yang sekaligus disebut fiksi. Bahkan dalam perkembangannya yang kemudian , novel dianggap bersinonim dengan fiksi. Dengan demikian , pengertian fiksi juga berlaku untuk novel (Burhan Nurgiantoro , 1995: 9).
Herman J. Waluyo (2002: 37) mengemukakan bahwa novel mempunyai ciri: (1) ada perubahan nasib dari tokoh cerita; (2) ada beberapa episode dalam kehidupan tokoh utamanya; (3) biasanya tokoh utama tidak hingga meninggal. Di dalam novel tidak dituntut kesatuan gagasan , impresi ,
emosi dan setting ibarat dalam dongeng pendek.
Secara etimilogis , kata novel berasal dari kata novellus yang berarti ‘baru’. Kaprikornus , novel yaitu bentuk karya sastra dongeng fiksi yang paling baru. Novel yaitu satu genre sastra yang dibangun oleh unsur-unsur pembangun yang secara fungsional memiliki keterjalinan. Untuk membangun totalitas makna dengan media bahasa sebagai penyampai gagasan pengarang perihal hidup dan seluk-beluk kehidupan manusia.
Telaah struktur novel dalam konteks ini akan dilakukan dengan pendekatan intertekstualitas. Dalam pendekatan intertekstualitas , penulis menekankan bahwa struktur novel terdiri dari unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik.
2.2.2.1 Unsur Intrinsik
Unsur-unsur instrinsik novel terdiri atasi (1) tema , 

(2) plot atau alur , (3) penokohan , (4) perwatakan atau karakterisasi , (5) setting atau latar , dan (6) sudut pandang atau point of view. Unsur-unsur ekstrinsik novel terdiri atas: (1) biografi pengarang , (2) karya-karya pengarang , (3) proses kreatif pengarang , dan (4) unsur sosial budaya.
Tema adalah gagasan dasar umum sebuah karya novel. Gagasan dasar umum inilah yang tentunya telah ditemukan sebelumnya oleh pengarang dan dipergunakan untuk membuatkan cerita. Dengan kata lain , dongeng tentunya akan “setia” mengikuti gagasan dasar umum yang telah ditetapkan sebelumnya sehingga banyak sekali peristiwa konflik dan pemilihan banyak sekali
unsur instrinsik yang lain , ibarat penokohan , pelataran , dan penyudutpandangan diusahakan mencerminkan gagasan dasar umum tersebut.
Alur Cerita atau Plot , menurut Lukman Ali (1978: 120) , yaitu sambung sinambung peristiwa berdasarkan hukum karena akhir yang tidak hanya mengemukakan apa yang terjadi , tetapi yang lebih penting yaitu mengapa hal itu terjadi. Alur dongeng terdiri dari tiga penggalan , yaitu:

 (1) alur  awal , terdiri atas paparan (eksposisi) , rangsangan (inciting moment) , dan penggawatan (rising action);
(2) alur tengah , terdiri atas pertikaiaan (conflict) , perumitan (complication) , dan klimaks atau puncak penggawatan (climax);
(3) alur selesai , terdiri dari peleraian (falling action) dan penyelesaian (denouement). konflik dongeng yang berasal dari peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelumnya. 

Falling action adalah peredaan konflik cerita. Konflik yang telah mencapai puncak , kesudahannya menurun karena sudah ada tandatanda adanya  penyelesaian pertikaian. Denouement adalah penyelesaian yang dipaparkan oleh pengarang dalam mengakhiri penyelesaian konflik yang terjadi.

Penokohan dan Perwatakan mempunyai kekerabatan yang sangat erat. Penokohan bekerjasama dengan cara pengarang menentukan dan memilih tokohnya serta memberi nama tokoh dalam cerita. Perwatakan bekerjasama dengan karakteristik atau bagaimana watak tokoh-tokoh itu. Keduanya berkaitan dengan tokoh-tokoh dalam dongeng novel. Membicarakan perwatakan , Mochtar Lubis (1981: 18) memasukkannya dalam teknik dongeng dengan menyebut sebagai gambaran rupa atau pribadi atau watak pelakon (character delineation).


Setting atau Latar
berfungsi memperkuat pematutan dan factor penentu bagi kekuatan plot , begitu kata Marjeric Henshaw (dalam Herman J. Waluyo , 2002: 198). Abrams membatasi setting sebagai tempat terjadinya peristiwa dalam dongeng (1977: 157). Dalam setting , menurut Harvy (1966: 304) , faktor waktu lebih fungsional daripada faktor alam. Wellek mengatakan 


bahwa setting berfungsi untuk mengungkapkan perwatakan dan kemauan yang bekerjasama dengan alam dan insan (Wellek , 1962: 220). Herman J. Waluyo mengatakan bahwa setting yaitu tempat kejadian dongeng (2009: 34). 


Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat dikatakan bahwa setting dongeng berkaitan dengan waktu dan tempat penceritaan. Waktu dapat berarti siang dan malam , tanggal , bulan , dan tahun; dapat pula berarti di dalam atau di luar rumah , di desa atau di kota , dapat juga di kota mana , di
negeri mana dan sebagainya. Unsur setting lain yang tidak dapat dipisahkan yaitu hasil budaya masa lalu , alat transportasi , alat komunikasi , warna local dan kawasan , dan lain-lain.


Setting berfungsi: (1) mempertegas watak pelaku; (2) menunjukkan tekanan pada tema cerita; (3) memperjelas tema yang disampaikan; (4) metafora bagi situasi psikis pelaku; (5) sebagai atmosfir (kesan); (6) memperkuat posisi plot Point of View atau Sudut Pandang mengacu
kepara cara sebuah dongeng dikisahkan. Ia merupakan cara dan atau pandangan yang dipergunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh , tindakan , latar , dan banyak sekali peristiwa yang membentuk dongeng dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca.


Nurgiyantoro (2009: 256-266) menyebutkan , ada tiga jenis sudut pandang , yaitu: (1) sudut pandang persona ketiga: “dia” yang terdiri dari: (a) “dia” Mahatahu; (b) “dia” terbatas , “dia” sebagai pengamat; (2) sudut pandang persona pertama “aku” yang terdiri dari (a) “aku” tokoh utama , dan (b) “aku” tokoh tambahan; (3) sudut pandang campuran. Sudut pandang campuran ini dapat terjadi antara sudut pandang persona ketiga dengan teknik “dia” mahatahu dan “dia” sebagai pengamat , persona pertama dengan teknik “aku” sebagai tokoh utama , dan “aku” tambahan , bahkan dapat berupa campuran antara persona pertama dan persona ketiga , antara “aku dan “dia” sekaligus.


2.2.2.2 Unsur Ekstrinsik Novel dan Cerpen
Unsur ekstrinsik yaitu unsur yang berada di luar teks novel , tetapi memberi pengaruh yang tidak kalah kuatnya terhadap isi novel dan cerpen daripada unsur intrinsik. Beberapa andal sastra mengatakan bahwa unsur ekstrinsik bahkan lebih menentukan dimensi isi karya novel dan cerpen. Unsur ekstrinsik mencakup: (1) latar belakang masyarakat , (2) latar belakang seorang pengarang , dan (3) nilai-nilai yang terkandung di dalam novel. Latar belakang masyarakat sangat kuat pada penulisan novel dan cerpen. Latar belakang masyarakat tersebut bisa berupa , antara lain , kondisi politik , idiologi negara , kondisi sosial , dan juga kondisi perekonomian masyarakat.


Latar belakang seorang pengarang terdiri atas biografi pengarang , kondisi psikologis pengarang , aliran sastra yang dimiliki penulis , dan minatnya terhadap sesuatu sangatlah mensugesti terbentuknya sebuah cerpen atau novel. Riwayat hidup sang penulis mensugesti jalan pikir penulis atau sudut pandang mereka perihal suatu. Faktor riwayat hidup ini mensugesti gaya bahasa dan genre khusus seorang penulis novel/cerpen. Kondisi psikologis merupakan mood atau
motivasi seorang penulis saat menulis cerita. 


Mood atau psikologis seorang penulis ikut mensugesti apa yang ada di dalam dongeng mereka , misalnya jikalau mereka sedang sedih atau bangga mereka akan membuat suatu dongeng sedih atau bangga pula. Aliran sastra merupakan “agama” bagi seorang penulis dan setiap penulis memiliki aliran sastra yng berbeda-beda. Hal ini sangat memengaruhi gaya penulisan dan genre dongeng yang biasa diusung oleh sang penulis di dalam karyakaryanya. Nilai- nilai yang terkandung di dalam cerpen/novel , ibarat nilai agama ,
nilai social , nilai moral , dan nilai budaya , turut menentukan arah karya penulis.
2.2.3 Prosa Lirik


Prosa Lirik yaitu salah satu bentuk karya sastra dalam ragam prosa yang ditulis dan diungkapkan dengan menggunakan unsur-unsur puisi. Meskipun bahasanya berirama , dan pencitraannya ibarat puisi , tetapi ikatan antarkata dalam sebuah kalimat , atau kekerabatan antarkalimat dalam sebuah paragraf (secara sintaksis) lebih mendekati bentuk prosa. 


Suroso (dalam Mudini dkk , 2016;77) menuliskan bahwa prosa lirik yaitu karangan berbentuk prosa yang berisi curahan perasaan ibarat puisi. Ciri-ciri prosa lirik: 


(1) Ikatan kalimatnya berbentuk prosa , 
(2) terdapat irama yang selaras dengan perasaan yang terkandung di dalamnya.
 (3) bersifat liris; curahan perasaan. 
(4) tidak terdapat sajak di dalamnya. Kalaupun ada sajak , hanya kebetulan saja , 
(5) tidak untuk membawakan gosip , tetapi berisikan lukisan perasaan tertentu yang dikandung pengarang. 
(6) karangan disusun paragraf demi paragraf ibarat prosa  biasa , dan 
(7) prosa lirik terdapat dalam kesusastraan baru.

Contoh Prosa Lirik:
Berselisih
(Karya Amir Hamzah)
Berselisih kami , ia dua berjalan , gua ibarat selamanya
seorang diri. Adiknya yang dipimpinnya itu menoleh-noleh ke
belakang , matanya berkilat-kilat melihat segala berwarna warni ,
putar-rimutar , kelap- kumilap di tepi jalan itu.
Ya , panjang-jinjing , lembut-lemah , kudungnya , tertudungsingkap , diusap- usap angin , ditolak-tolakkan anak rambutnya.
Berhenti ia , payung bertulis , dihujam agak tipis , dipanas agak kecil ,
dilihat , dipulung- pulungnya , ditawarnya , kemahalan ...

Terhenti gua , kakiku enggan terus , di hadapanku berdiri
perempuan renta , sanggulnya merangkum kuntum , layu belum ,
kembang tak jadi. Bertanya beliau. Menoleh ia ke belakang , kulihat
matanya seketika , rasaku bercermin pada air yang jernih , dangkal
entahkan dalam , kelopak matanya yang segan terbuka , enggan
bertemu itu , melayap-hinggap semangatku serasa bermimpi ,
mendaduhkan hatiku yang rusuh-resah ini...
Di manakah gua telah melihatnya? Kutandai muka dan rupa ,
bangkit dan anggunnya , kukenal seluk-bentuk tubir bibirnya ...
Aduh hatiku , terasa ada , terkatakan tidak.


3 . Teori dan Genre Drama Indonesia
3.1 Pengertian Drama


Kata drama berasal dari bahasa Yunani draomai yang berarti ‘berbuat’ , ‘berlaku’ , atau ‘bertindak’. Kaprikornus , secara literal , drama berarti ‘perbuatan’ atau ‘tindakan’. Namun demikian , sebagai istilah di dalam dunia sastra , drama pada awalnya diartikan sebagai kualitas komunikasi , situasi , action (segala yang terlihat di pentas) yang menyebabkan perhatian , kehebatan (acting) , dan ketegangan pada para pendengar/penonton. 


Dalam perkembangan selanjutnya , kata drama mengacu kepada bentuk karya sastra yang berusaha mengungkapkan perihal kehidupan insan melalui gerak percakapan di atas panggung , atau suatu karangan yang disusun dalam bentuk percakapan dan yang dapat dipentaskan. Oleh karena itu , dalam naskah drama selain percakapan pelaku , berisi pula petunjuk gerak atau penjelasan mengenai gerak-gerik dan tindakan pelaku , peralatan yang dibutuhkan , penataan pentas atau panggung , musik pengiring , dan sebagainya.

Ciri khas drama yaitu naskahnya berbentuk percakapan atau dialog. Dialog bahkan disebut-sebut sebagai hal yang paling membedakan drama dari karya fiksi lainnya , ibarat cerpen dan novel (KSG Unimed , 2013: 265). Dialog menjadi penggalan awal yang eksklusif terlihat berbeda dari teks fiksi lainnya. Artinya , teks drama lebih mayoritas penggalan dialognya dibandingkan
dengan teks fiksi lainnya.


Dalam menyusun dialog , pengarang harus memperhatikan pembicaraan tokoh-tokoh dalam kehidupan sehari-hari dan pantas untuk diucapkan di atas panggung. Ragam bahasa dalam dialog tokoh-tokoh drama yaitu bahasa ekspresi yang komunikatif dan bukan ragam bahasa tulis. Pilihan
kata (diksi) pun dipilih sesuai dengan dramatic action dari plat out. Diksi bekerjasama dengan irama lakon , artinya panjang pendeknya kata-kata dalam dialog kuat terhadap konflik yang dibawakan lakon.Dialog dalam sebuah drama pun harus estetis atau memiliki keindahan bahasa.


 Namun , nilai estetis tersebut tidak boleh mengganggu makna yang terkandung dalam naskah. Selain itu , dialog harus hidup. Artinya , dialog harus dapat mewakili tokoh yang dibawakan. Untuk itu , observasi di lapangan perlu dilakukan oleh penulis untuk membantu menulis dialog drama supaya realistis.

Pementasan drama haruslah mengandung unsur keindahan atau estetika. Kualitas kedua unsur drama di atas terutama bergantung pada: (1) naskah lakon; (2) pemain film dan aktris pendukungnya; (3) teladan pengagendaan atau mis en scene; (4) tata artistik; (5) tata rias ; (6) tata busana; (7) tata
cahaya; (8) tata suara; (9) tata musik; dan (10) tata gerak. Drama dibangun oleh unsur-unsur tema , plot , tokoh , huruf , latar , dan amanat serta unsur bahasa yang berbentuk dialog. Unsur-unsur ini akan dibahas lebih lanjut pada penggalan berikut ini.
3.1.1 Tema
Tema merupakan dasar atau inti cerita. Suatu dongeng harus mempunyai tema atau dasar , dan dasar inilah yang paling penting dari seluruh cerita. Cerita yang tidak memiliki dasar tidak ada artinya sama sekali atau tidak memiliki kegunaan (Lubis , 1981: 15). Tema sebagai central idea and sentral purpose
merupakan ide dan tujuan sentral (Stanton , 1965: 16). Tema dapat timbul dari keseluruhan dongeng , sehingga pemahaman antara seorang penikmat dengan penikmat lain tidak sama (Jones , 12968: 31). Ada pula yang berpendapat bahwa tema merupakan arti dan tujuan dongeng (Kenny , 1966:
88).
Menurut Nurgiyantoro (1995: 70) , tema dapat dipandang sebagai gagasan dasar umum sebuah karya novel. Gagasan dasar umum inilah yang tentunya telah ditentukan sebelumnya oleh pengarang dan dipergunakan untuk membuatkan cerita. Dengan kata lain dongeng harus mengikuti gagasan utama dari suatu karya sastra.


Pendapat di atas dapat menggambarkan simpulan bahwa: (1) tema merupakan dasar suatu dongeng rekaan; (2) tema harus ada sebelum pengarang mulai dengan ceritanya; (3) tema dalam dongeng atau novel tidak ditampilkan secara eksplisit , tetapi tersirat di dalam seluruh cerita; dan (4) dalam satu dongeng atau novel terdapat tema mayoritas atau tema sentral dan tema-tema kecil lainnya.

3.1.2 Plot atau Plot
Plot atau plot yaitu rangkaian dongeng yang dibentuk dalam tahapantahapan peristiwa sehingga menjalin suatu dongeng yang utuh. Plot disusun tidak lepas dari tema. Jalan dongeng yang disusun atau dijalin tidak boleh meloncat ke lain tema. 


Tiap-tiap kejadian akan bekerjasama sehingga seluruh dongeng merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Lubis (1981: 18) memberikan cara memulai dan menyusun dongeng yang disampaikan oleh Tasrif yang dibagi menjadi lima tahapan , yakni penggambaran situasi awal (exposition) , peristiwa mulai bergerak menuju krisis diwarnai dengan konflik-konflik (complication) , keadaan mulai memuncak (rising action) , keadaan mencapai puncak penggawatan (klimaks) , kemudian pengarang menunjukkan pemecahan atau jalan keluar permasalahan sehingga dongeng berakhir (denouement). Cara memulai dan menyusun dongeng ibarat di atas dinamakan plot atau dramatic conflict.

3.1.2 Penokohan dan Perwatakan


Esten (dalam Kelan , 2005: 14) menyatakan bahwa penokohan yaitu permasalahan bagaimana cara menampilkan tokoh: bagaimana membangun dan membuatkan watak tokoh-tokoh tersebut dalam sebuah karya fiksi? Kaprikornus antara pengertian tokoh dan penokohan memiliki makna yang berbeda. Tokoh berbentuk suatu individu , sedangkan penokohan yaitu proses
menampilkan individu tersebut dalam cerita.


Dalam proses penciptaan pemeranan , sang pemain film atau aktris harus memunyai daya cipta yang tinggi untuk mencoba semaksimal mungkin menjadi tokoh yang diperankan. Ia harus sanggup menjiwai tugas yang dipegangnya , sehingga ia (seperti) benar-benar merupakan sang tokoh
dengan apa adanya dalam pementasan lakon tersebut. Pada penampilan imajinasinya , tokoh juga dibantu oleh laku , pakaian yang dikenakan , dan rias. Semua unsur tidak bisa dipisah-pisahkan , bahkan harus saling mendukung , sehingga bisa mewujudkan huruf dari tokoh ibarat yang dikehendaki dalam lakon yang bersangkutan.


Untuk menggambarkan huruf seorang tokoh , pengarang dapat menggunakan teknik sebagai berikut. (1) Teknik analitik: huruf tokoh diceritakan secara eksklusif oleh pengarang; (2) Teknik dramatik , yaitu teknik huruf tokoh dikemukakan melalui: 


(a) penggambaran fisik dan perilaku tokoh; 
(b) penggambaran lingkungan kehidupan tokoh; 
(c) penggambatran ketatabahasaan tokoh; 
(d) pengungkapan jalan pikiran tokoh; dan 
(e) penggambaran oleh tokoh lain. Pendapat tersebut dikuatkan oleh Waluyo (2009: 30) yang menuliskan bahwa penggambaran watak tokoh mempertimbangkan tiga dimensi watak , yaitu dimensi psikis (kejiwaan) , dimensi fisik (jasmpniah) , dimensi sosiologis (latar belakang kekayaan ,  pangkat , dan jabatan)

Tokoh dan penokohan yaitu unsur yang vital dan pembangun dari dalam yang tidak dapat dikesampingkan kedudukannya. Nurgiyantoro (2000: 164) berpendapat bahwa pembicaraan mengenai tokoh dan perwatakannya dengan banyak sekali citra dalam jati dirinya. Dalam banyak sekali hal , penokohan bisa lebih menarik perhatian orang daripada berurusan dengan plot.


3.1.3 Amanat

Amanat merupakan unsur dongeng yang bekerjasama erat dengan tema. Amanat akan berarti apabila ada dalam tema , sedangkan tema akan tepat apabila di dalamnya ada amanat sebagai pemecah jalan keluar bagi tema tersebut. Sudjiman (dalam Alwi , 1998: 08) manyatakan bahwa amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang. 

Amanat terdapat pada sebuah karya sastra secara implisit atau eksplisit. Amanat dinyatakan secara implisit jikalau jalan keluar atau fatwa moral itu disiratkan dalam tingkah laku menjelang dongeng berakhir. Sementara itu , amanat dilukiskan secara eksplisit apabila pengarang pada tengah atau selesai dongeng memberikan permintaan , saran , peringatan , pesan yang tersirat , ajuan , larangan , dan sebagainya.

Pengertian amanat yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa amanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang , baik secara implisit atau eksplisit kepada pembaca. Di dalam drama , ada amanat yang eksklusif tersurat , tetapi pada umumnya sengaja disembunyikan secara tersirat dalam naskah drama yang bersangkutan. Hanya penonton yang profesional yang bisa menemukan amanat implisit tersebut.


Cerita drama yang sudah dipanggungkan disebut dengan teater. Oleh karena itu , pembicaraan drama kerap dikaitkan dengan teater. Tak ayal , terkadang orang menyebut drama sebagai teater dan sebaliknya , teater dikatakan dengan drama. Kedua hal ini tetap berbeda. Perbedaan tersebut
dapat dilihat dari tabel berikut.


3.2 Jenis Drama atau Teater
3.2.1 Tragedi
Boulton (1958:147) menjelaskan , drama tragedi yaitu sebuah permainan dengan selesai yang menyedihkan , biasanya setidaknya terdapat satu selesai hidup , tindakan dan pikiran dibuat secara serius dan dengan menghormati hak pribadi manusia. Sementara itu , Massofa (2009)
menuliskan bahwa drama tragedi yaitu perbuatan yang menampilkan sang tokoh dalam kesedihan , kemuraman , keputusasaan , kehancuran , dan kematian.


Senada dengan pendapat di atas , Wiyanto (2002:08) menjelaskan bahwa drama tragedi yaitu drama yang penuh kesedihan. Pelaku utama dari awal hingga selesai pertunjukan selalu sia-sia (gagal) dalam memperjuangkan nasibnya yang jelek. Beberapa pendapat di atas dapat
menjelaskan pengertian bahwa drama tragedi yaitu drama yang bersifat ringan yang menggambarkan kedukaan atau kesedihan yang dialami oleh tokoh.


3.2.2 Melodrama
Boulton (1958: 148) memaparkan bahwa melodrama yaitu kekerabatan yang rendah dari sebuah tragedi. Ini mungkin perihal kesedihan atau selesai yang menyenangkan , meskipun berakhir menyedihkan ibarat tumpukan jenazah atau teriakan orang gila akan menjadi komplemen sensasi
pertunjukan yang mungkin lebih mengharukan. Hal ini dikenal sebagai tragedi yang bahu-membahu dengan penggambaran huruf seseorang yang kasar dan mungkin baik atau jahat secara realistis.
Sementara itu , Massofa (2009) menjelaskan bahwa melodrama yaitu perbuatan tragedi yang berlebihan. 


Melodrama juga dapat masuk ke dalam dongeng yang mengharukan saat ditampilkan untuk menggambarkan simpati. Ditambahkan oleh Wiyanto (2002:09) bahwa melodrama yaitu
drama yang dialognya diucapkan dengan iringan melodi atau musik. Beberapa pendapat para andal di atas dapat menyimpulkan bahwa melodrama yaitu drama musikal yang sarat dengan kesedihan yang terkadang sangat berlebihan dan menguras empati penonton.
3.2.3 The Heroic Play (Drama Heroik)
Boulton (1958: 148) menjabarkan bahwa drama heroik yaitu jenis tragedi berlebihan dalam model Inggris pada zaman Dryden. Drama ini berkaitan dengan tema cinta dan keberanian yang tinggi. Ada penggalan episode yang mengejutkan dari plot dongeng yang ajaib dan upaya itu dilakukan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar dari tragedi tradisional. Keinginan untuk menciptakan sensasi yang kuat sehingga menjadi risiko dari sebuah reaksi penolakan , tetapi bentuk itu sekarang telah punah.


Farce menurut Massofa (2009) disebutkan sebagai istilah yakni komedi yang dilebih-lebihkan. Drama farce/heroik ini bisa dikatakan drama yang berlebihan dalam mengekspresikan perilaku tokoh maupun keberanian mengeksplor tema , sehingga menyebabkan dampak yang terkadang di luar dugaan penonton , karena dikemas secara unik dan luar biasa.


3.2.4 Drama Masalah/Problem Play
Boulton (1958: 149) menjelaskan bahwa kegunaan istilah ini untuk diterapkan pada jenis permainan yang menyenangkan dari persoalan sosial atau moral tertentu sehingga membuat orang berpikir cerdas. Secara alami hal ini biasanya berkaitan dengan dilema hidup insan yang menyakitkan.


 Jenis permainan ini bermaksud mengajukan pertanyaan yang baik dan menyediakan balasan atau meninggalkan peradaban untuk menemukan sesuatu.
3.2.5 Komedi (Comedy)
Boulton (1958: 150) menyatakan bahwa fungsi penting dari komedi yaitu untuk menghibur. Hiburan dapat dimulai dari senyum damai lalu kemudian tertawa terbahak-bahak. Komedi dapat menjadi sangat hebat atau sangat sederhana , tetapi juga dapat menenangkan hati insan , ibarat Yellow Sands and The Farmer’s Wife karya Eden Philpott; atau kecerdasan yang bijaksana ibarat The Provok’d Wife atau The Way of The World. Penggunaan komedi dapat diubahsuaikan dengan jenis-jenis drama yang mengikutinya. Sementara itu , Massofa (2009) , mendeskripsikan drama komedi yaitu lakon ringan yang menghibur , menyindir , penuh seloroh , dan berakhir dengan kebahagiaan.


Koestler berpendapat bahwa humor yaitu motivator agresif. Sebenarnya humor yaitu bentuk kekhawatiran , pertahanan diri atau menyerang mendadak (tiba-tiba) dan tertawa lebar. Evolusi biologis insan , katanya , telah jatuh di belakang mental yang berbahaya. Emosi agresif-defensif turun dari neurobiologis lapisan dalam dan memiliki ketekunan yang lebih besar dan dari dalam diri disebut evolusioner kemudian berkembang penalaran yang lebih fleksibel. 

Oleh karena itu peristiwa mental secara tiba-tiba dengan dua matriks biasa tidak kompatibel , akan
tetapi emosi bisa tidak mengikuti dengan cepat ibarat itu dan begitu ketegangan psikologis menemukan solusi dalam tawa , yaitu di sepanjang channel paling perlawanan.

MODUL LENGKAP , SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL LENGKAP , LK , SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI

0 comments:

Post a Comment