Thursday, July 27, 2017

100 SOAL LATIHAN TES ONLINE OGN 2017 WAWASAN KEPENDIDIKAN (KOMPETENSI PEDAGOGIK)

Tes online merupakan salah satu jenis tes pada babak final OGN 2017. Materi tes yaitu wawasan

kependidikan atau kompetensi pedagogik. Tes lain pada babak final OGN adalah...

Tes Teori (Umum dan Pedagogik) Baca DI SINI

Tes Workshop Bahan Ajar Baca DI SINI

Presentasi Bahan Ajar Baca DI SINI

Berikut disajikan 100 (serratus)  soal persiapan tes online pedagogik yang disusun berdasarkan 10

(sepuluh) kompetensi pedagogik guru dalam permendiknas nomor 16 tahun 2007.

PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK


1.        Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A.      kemampuan berkomunikasi

B.       Kemampuan untuk memecahkan duduk perkara

C.       kemampuan berinteraksi

D.      kemampuan untuk mengintegrasikan diri


2.        Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan penerima didik. Faktor utama yang mensugesti perkembangan kognitif anak adalah.....

A.      inspirasi

B.       budaya

C.       inspirasi

D.      pengasuhan dan lingkungan


3.        Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A.      0 - 2 tahun

B.       2 -- 7 tahun

C.       7 -- 11/12 tahun

D.      11/12/ -- 14/15 tahun


4.        Menggunakan potongan sapu lidi , kelereng , globe , gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yaitu sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan

A.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

BACA: PEMBAHASAN SOAL / RINGKASAN MATERI PERKEMBANGAN KOGNITIF


SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK


5.        Kemampuan penerima didik untuk membina relasi dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

A.      Kognitif

B.       Sosial

C.      Emosional

D.      moral


6.        Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi , ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A.      sosial-emosional

B.       kognitif

C.       moral

D.      spritual

BACA PEMBAHASAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK


SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK


7.             Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif , menjajaki pilihan-pilihan , dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu instruksi moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

a.        penalaran pascakonvensional

b.        penalaran konvensional

c.         penalaran prakonvensional

d.        penalaran interkonvensional


8.        Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga , kelompok , masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.

Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral

a.         Prakonvensional

b.        Konvensional

c.         Pascakonvensional

d.        Interkonvensional

BACA: PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK


SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA


9.        Memaksimalkan acara ekstrakurikuler , melaksanakan rekreasi dengan guru , dan melaksanakan acara informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal ….

A.      mengemukakan gagasan

B.       mengaktualisasikan diri

C.       penciptaan relasi yang baik

D.      menformulasikan tindakan


10.    Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ....

A.      kesulitan akademis

B.       gangguan simbolik

C.       gangguan nonsimbolik

D.      gangguan sosial


11.    Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....

A.      Membantu siswa biar dapat memecahkan duduk perkara pribadinya

B.       Menbantu siswa biar dapat melaksanakan adaptasi diri dengan lingkungannya

C.      Membantu siswa biar dapat mengatasi kesulitan belajar

D.      Membantu siswa biar memperoleh informasi tertentu


12.    Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan berguru penerima didik yang bersumber dari faktor sosial yaitu …

A.      sosiometri

B.       angket

C.       wawancara

D.      brainstorming

BACA : PEMBAHASAN/ MATERI KESULITAN BELAJAR SISWA


SOAL TEORI BELAJAR


13.        Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan relasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering relasi (bond) antara rangsangan dan jawaban terjadi , maka akan semakin kuatlah relasi keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…

A.      Behaviorisme

B.       Humanistik

C.       Sibernetik

D.      Kontruktivisme


14.    Di dalam proses pembelajaran , para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data , membuat dugaan (hipotesis) , mencoba-coba (trial and error) , mencari dan menemukan keteraturan (pola) , menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum , mengambarkan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A.      Sibernetik

B.       Humannistik

C.       Behaviorisme

D.      Konstruktivisme


15.    Menurut teori ini , peranan guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator , motivator , dan menawarkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami perilaku berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini yaitu ….

A.      Humanistik

B.       Konstruktivisme

C.       kognitivisme

D.      Nativisme


16.    Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat berguru setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi sebab kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….

A.      Sibernetik

B.       Konstruktivisme

C.       Behaviorisme

D.      Kognitivisme 


17.    Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yaitu teori belajar…

A.      Behaviorisme

B.       Konstruktivisme

C.      Kognitivisme

D.      Sibernatik

BACA PEMBAHASAN/ MATERI TEORI BELAJAR


SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


18.    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A.      Silabus

B.       RPP

C.       Silabus dan RPP

D.      SKL


19.    Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

A.      Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , indikator , tujuan pembelajaran , materi , metode , media pembelajaran , sumber berguru , langkah-langkah pembelajaran , evaluasi

B.       Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , tujuan pembelajaran , indikator ,materi , metode , media pembelajaran , sumber berguru , langkah-langkah pembelajaran , evaluasi

C.       Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , indikator , tujuan pembelajaran , materi , metode , sumber berguru , media pembelajaran , langkah-langkah pembelajaran , evaluasi

D.      Identitas , kompetensi Inti , kompetensi dasar , indikator , tujuan pembelajaran , materi , metode , media pembelajaran , sumber berguru , evaluasi , langkah-langkah pembelajaran


20.    Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran , perbedaannya yaitu sebagai berikut:

A.      Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan acara berguru untuk mencapai kompetensi dasar

B.       Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan , sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C.       RPP dibuat oleh setiap guru , sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D.      RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.


21.    Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu

A.      Materi atau materi didik berbasis kompetensi

B.       Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada penerima didik

C.       RPP bersumber dari silabus

D.      Alokasi waktu sesuai dengan agenda pada setiap satuan pendidikan


22.    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut ......

1)        Kompetensi dasar :Mengenal acara bermusyawarah

2)        Indikator : menyebutkan dua ciri acara bermusyawarah

3)        Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri acara musyawarah dengan benar

Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

A.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

B.       Mendorong partisipasi aktif penerima didik

C.       Memperhatikan perbedaan individu penerima didik

D.      Keterkaitan dan keterpaduan


23.    Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      ingatan; pemahaman , analisis , aplikasi , sintesis , dan evaluasi;

B.       ingatan , pemahaman , aplikasi , analisis , síntesis , dan evaluasi

C.       ingatan , pemahaman , síntesis , aplikasi , analsis , dan evaluasi

D.      ingatan , pemahaman , analisis , aplikasi , evaluasi , dan , síntesis.


24.    Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan berikut:

A.      ingatan; pemahaman , analisis , aplikasi , sintesis , dan evaluasi;

B.       ingatan , pemahaman , aplikasi , analisis , síntesis

C.       ingatan , pemahaman , síntesis , aplikasi , analsis , dan evaluasi

D.      ingatan , pemahaman , aplikasi ,analisis , evaluasi , dan , mencipta.


25.    Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif , memecahkan duduk perkara yang dihadapi secara realistis , merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan duduk perkara yang dihadapi dengan sempurna , adalah….

A.      Role Playing

B.       Inquiry

C.       Problem Solving

D.      Picture and Picture


26.    Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan duduk perkara proses pembelajaran adalah:

A.      Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B.       Rumusan duduk perkara yang harus didiskusikan

C.       Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran

D.      Motivasi berguru siswa


27.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan pembelajaran

D.      Pencapaian standar kelulusan


28.    Apa yang paling sempurna dilakukan guru , jikalau seorang penerima didik tidak menawarkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?

A.      Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut

B.       Memberikan kritik biar penerima didik berusaha menjawab walaupun salah

C.       Menyederhanakan isi pertanyaan biar mudah dipahami penerima didik

D.      Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.


29.    Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

A.      Cakupan , kedalaman , tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik , intelektual , sosial , emosional , dan spritual penerima didik.

B.       Adanya relasi yang konsisten (ajeg , taat asas) antara kompetensi dasar , indikator , materi pokok/pembelajaran , pengalaman berguru , sumber berguru , dan sistem penilaian.

C.       Cakupan indikator , materi pokok/pembelajaran , pengalaman berguru , sumber berguru , dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

D.       Komponen-komponen silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi.


30.    Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL yaitu sebagai berikut , kecuali....

A.      Sharing dengan teman

B.       Guru kreatif

C.       Pengalaman nyata

D.      Menggunakan satu sumber


31.    Dalam memilih dan berbagi materi pembelajaran , Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya , tidak ketinggalan jaman dan menawarkan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…

A.      Sahih

B.       Kebermanfaatan

C.      Layak dipelajari

D.      Menarik minat


32.    Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....

A.      Kausal

B.       Spiral

C.      Kronologis

D.      inquiri

BACA PEMBAHASAN PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN

SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN


33.    Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya , apakah untuk berguru individual , kelompok kecil , kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...        

A.      tujuan           

B.       sasaran didik

C.       ketersediaan 

D.      konteks penggunaan


34.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

A.      Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B.       Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C.       Pendidik harus mengikuti keadaan dengan kemampuan sekolah.

D.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.


35.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya , media dapat dibagi ke dalam..

A.      media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas       

B.       media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat        

C.       media tradisional dan media berbasis TIK  

D.      media dua dimensi dan media tiga dimensi 


36.    Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif , sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A.      Tujuan , sasaran didik , karakteristik media , waktu pengoperasian , biaya , ketersediaan ,konteks penggunaan , dan mutu teknis.

B.       Sasaran didik , karakteristik media , waktu mengoperasikan , tujuan , misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C.       Tujuan , sasaran didik , karakteristik media , visi sekolah dan konteks penggunaan

D.      Kultur sekolah , tujuan , waktu pengoperasiaan dan karakteristik media


37.    Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber berguru untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:         

A.      media pembelajaran yang paling baik yaitu media yang berbasis TIK     

B.       sebuah media dapat digunakan untuk semua acara pembelajaran          

C.       media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu acara pembelajaran         

D.      memilih media tidak perlu banyak pertimbangan biar tidak merepotkan



38.    Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan penerima didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya , media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah: 

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar        

B.       Membuat konkrit konsep yang abstrak  

C.       Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.      

D.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.


39.    Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar , beliau tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini yaitu salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A.      Menampilkan objek yang terlalu besar , misalnya pasar , candi.

B.       Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C.       Membuat konkret konsep yang abnormal , misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.

D.      Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.


40.    Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan , ide , atau refleksi yang bersifat eksklusif atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…        

A.      book 

B.       forum           

C.       blog  

D.      e-portofolio


41.    Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

A.      program mencari informasi  

B.       program desktop publishing

C.       program untuk menjelajahi laman

D.      program penciptaan laman


42.    Saat kita akan informasi perihal suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

A.      www.yahoo.com

B.       www.gmail.com

C.       www.hotmail.com

D.      www.cari-data.com


43.    Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat , tabel , gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi acara guru tersebut adalah... 

  1. Microsoft Database    
  2. Microsoft PowerPoint            
  3. Microsoft Desktop Publishing           
  4. Microsoft Word

44.    Seorang guru dapat menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat materi presentasi adalah....

A.      Microsoft Database

B.       Microsoft Spread Sheet

C.       Microsoft powerpoint

D.      Microsoft Desktop Publishing

      BACA PEMBAHASAN / MATERI MEDIA PEMBELAJARAN


SOAL MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

45.    pertanyaan , mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik , mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan , keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan episode dari model pembelajaran…

A.      portofolio

B.       saintifik

C.       penemuan

D.      autentik


46.    Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan duduk perkara sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya , dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing penerima didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

A.      projek based learning

B.       discovery Learning

C.       Problem Based Learning

D.      Inquiry learning


47.    Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat , ide , dan tanggapan terhadap skenario secara bebas , sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....

A.      Project based learning

B.       inquiry learning

C.       Discovery learning

D.      problem based learning 


48.    Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1)        Penentuan Pertanyaan Mendasar ,

2)        Mendesain Perencanaan Proyek ,

3)        Menyusun Jadwal (Create a Schedule) ,

4)        Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project) ,

5)        Menguji Hasil (Assess the Outcome) ,

6)        Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar yaitu ....

A.      1-2-3-4-5-6

B.       1-3-2-4-5-6

C.       1-3-2-5-6-4

D.      1-2-3-5-4-6


49.    Perhatikan langkah-langkah acara pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1)        Mengorganisasi siswa dalam berguru

2)        Orientasi siswa pada duduk perkara

3)        Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok

4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning , urutan langkah yang sempurna yaitu ....

A.      1-2-3-4

B.       2-3-1-4

C.       3-2-1-4

D.      2-3-1-4

BACA PEMBAHASAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN
SOAL PENILAIAN


50.        Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yaitu rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diharapkan faktor-faktor….

A.      Kompleksitas indikator , daya dukung , dan kemampuan guru

B.       Kemampuan guru , sarana/prasarana , dan intake siswa

C.       Kompleksitas indikator , daya dukung , dan intake siswa

D.      Kemampuan guru , tingkat kesulitan kompetensi dasar , dan intake siswa


51.    Fungsi KKM yaitu sebagai berikut , kecuali....

A.      sebagai pola penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B.       merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C.       dapat digunakan sebagai episode dari komponen dalam melaksanakan evaluasi agenda pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D.      Sebagai acara pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif. 


52.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….   

A.      Pencapaian standar kompetensi

B.       Pencapaian kompetensi dasar.

C.       Pencapaian tujuan pembelajaran

D.      Pencapaian standar kelulusan


53.    Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran , tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;

A.      Menilai tingkat pencapaian hasil berguru siswa

B.       Menambah materi pelajaran gres

C.       Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti agenda tindak lanjut

D.      Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan agenda tindak lanjut


54.    Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:

A.      Pedoman observasi

B.       Kuesioner

C.       Pedoman wawancara

D.      Tes hasil belajar


55.    Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru penerima didik , manakah yang pertama kali harus dipelajari:

A.      Buku sumber yang digunakan

B.       Kurikulum dan silabus

C.       Indikator pencapaian kompetensi

D.      Kemampuan awal siswa


56.    Salah satu prinsip dalam penilaian hasil berguru penerima didik yaitu penilaian harus terpadu artinya:

A.      penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur

B.       penilaian merupakan episode yang tak terpisahkan dari acara pembelajaran

C.       penilian berdasarkan kriteria yang terang perihal kompetensi yang harus dicapai

D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi


57.    Instrumen penilaian hasil berguru yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut , kecuali:

A.      Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan

B.       Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai

C.       Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik

D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan simpulan semester


58.    Untuk mengetahui prestasi berguru yang dicapai oleh semua penerima didik pada satu rombongan berguru dapat dilakukan dengan menghitung nilai;

A.      Mean

B.       Modus

C.       Median

D.      Simpangan baku


59.    Standar penilaian pendidikan merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan

A.      Penilaian hasil berguru penerima didik

B.       Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

C.       Penilaian silabus dan RPP

D.      Penilaian standar kompetensi lulusan


60.    Penilaian yaitu penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil berguru penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai , perbedaan latar belakang agama , sosial-ekonomi , budaya , bahasa , gender , dan relasi emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….           

A.      Objektivitas.

B.       Transparan

C.       Bermakna

D.      Menyeluruh


61.    Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut:

A.      Memberikan pemanis materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda

B.       memberikan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.       memberikan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.      diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi 


62.    Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….

A.      proses pengajaran remedial pada dasarnya yaitu proses berguru mengajar biasa

B.       tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik

C.       sasaran terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa

D.      strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang


63.    Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi penerima didik tampak dalam acara guru ….

A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial

B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi berguru siswa

C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi


64.        .  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh sekolah , pada prinsipnya merupakan:

A.           Nilai batas ambang kompetensi

B.           Nilai minimal yang dicapai penerima didik

C.           Nilai maksimal yang dicapai penerima didik

D.           Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah


65.    Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….

A.      Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa

B.       Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial


66.    Penilaian hasil berguru siswa didasarkan pada karya siswa dan peran siswa , kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....

A.  Konstruktivisme

B.  Authentic assesment

C.  Efektif



SOAL PENDEKATAN PENILAIAN


67.    Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah….

A.      Penilaian berkelanjutan

B.       penilaian menyeluruh

C.       penilaian pola patokan

D.      penilaian pola norma


68.    Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian pola kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai , daya dukung , dan karakteristik penerima didik.

Dengan demikian , Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....

a.         Penilaian berkelanjutan

b.        Penilaian autentik

c.         Penilaian pola patokan

d.        Penilaian pola norma

BACA PEMBAHASAN PENDEKATAN PENILAIAN


SOAL TUJUAN , FUNGSI , DAN PRINSIP PENILAIAN


69.    Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik telah menguasai suatu kompetensi , merupakan…

A.      tujuan penilaian

B.       prinsip penilaian

C.      fungsi penilaian

D.      hasil penilaian


70.    Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap , pengetahuan , dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan agenda pengayaan merupakan….

A.      prinsip penilaian

B.       tujuan penilaian

C.       fungsi penilaian

D.      bentuk penilaian.


71.    Assesment hasil berguru penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut , kecuali:

A.      objektif

B.       adil

C.      kooperatif

D.      terpadu.


72.    Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur , hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:

A.      adil

B.       objektif

C.      valid

D.      sistematis


73.    Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan , baik dari segi teknik , prosedur , maupun akhirnya , hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.      adil

B.       akuntabel

C.       valid

D.      sistematis


74.    Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku , hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…

A.      adil

B.       objektif

C.       valid

D.      sistematis


75.    Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil berguru penerima didik , kecuali….

A.      ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi

B.       menggunakan pola kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi

C.       ditindaklanjuti dengan agenda remedial dan pengayaan

D.      dilakukan pengulangan jikalau ternyata akhirnya banyak yang jelek


BACA PEMBAHASAN TUJUAN , FUNGSI , DAN PRINSIP PENILAIAN


SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN


76.  Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk berguru sesuai dengan kecepatan , kesempatan , dan gaya berguru masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial , yaitu...

A.      Fleksibilitas

B.       Interaktif

C.      Adaptif

D.      Kesinambungan


77.  Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran perihal memahami teks anekdot ternyata akhirnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti agenda remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti agenda pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...

A.      Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

B.       Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

C.       Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

D.      Memberi peran mengerjakan Lembar Kerja Siswa


78.  Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut:

A.      Memberikan pemanis materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda

B.       memberikan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C.       memberikan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D.      diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi


79.  Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….

A.      proses pengajaran remedial pada dasarnya yaitu proses berguru mengajar biasa

B.       tujuan pengajaran remedial yaitu sama dengan test diagnostik

C.      sasaran terpenting pengajaran remidial yaitu peningkatan kecerdasan siswa

D.      strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang


80.    Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi penerima didik tampak dalam acara guru ….

A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial

B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi berguru siswa

C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

BACA PEMBAHASAN PEMBELAJARAN REMEDIAL
BACA PEMBAHASAN PEMBELAJARAN PENGAYAAN


SOAL PTK


81.  Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan sempurna , Anda dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu acara itu yaitu pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan acara PTK pada langkah ...

A.      merumuskan duduk perkara

B.       mengidentifikasi masalah

C.      Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan

D.      menyusun proposal penelitian


82.    Mengetahui proses tindakan , pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja) , (c) keadaan dan kendala tindakan , (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan acara PTK pada langkah ….

A.      refleksi

B.       observasi

C.       perencanaan

D.      pelaksanaan


83.    Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud yaitu ….

A.      A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan

B.       refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi

C.       perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi

D.      perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi


84.    Rumusan duduk perkara dalam PTK berikut , yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk perkara PTK?

A.      Apakah pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?

B.       Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?

C.       Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?

D.      Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?


85.    Dalam Penelitian tindakan kelas , duduk perkara yang diteliti berasal dari ....

A.      kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar

B.       keriasauan pendidik akan mutu pendidikan

C.       keinginan untuk membantu guru

D.      kepedulian peneliti akan kinerja guru


86.    Di bawah ini yaitu prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto , kecuali….

A.      Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja

B.       Kegiatan yang direkayasa

C.       Perencanaan

D.      Upaya empiris dan sistematis


87.    Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….

A.      Pengumpulan data

B.       Menganalisis masalah

C.       Mencapai tujuan

D.      Menentukan ruang lingkup


88.    Peran guru dalam PTK yaitu sebagai…

A.      Guru

B.       Peneliti

C.      Guru dan Peneliti

D.      Objek Penelitian


89.    Berikut ini acara PTK pada tahap pertengahan tindakan , kecuali….

A.      Pelaksanaan tindakan

B.       Observasi dan intepretasi

C.       Diskusi balikan

D.      Analisis data


90.    Tujuan PTK adalah…

A.      Perbaikan KBM

B.       Menyusun teori baru

C.       Memperbaiki teori

D.      Menyusun generalisasi


91.    Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…

A.      Analisis

B.       Refleksi

C.       Observasi

D.      Diskusi


92.    Latar belakang , tujuan penelitian , dan manfaat penelitian harus menjadi episode dari PTK khususnya pada bagian….

A.      Kesimpulan

B.       Prosedur penelitian

C.      Pendahuluan

D.      Metodologi penelitian


93.    Persiapan awal dalam PTK adalah…

A.      Menyiapkan cara wawancara

B.       Membuat analisis kelayakan hipotesis

C.      Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya

D.      Menyiapkan fasilitas dan sarana


94.    Proposal penelitian dalam PTK adalah….

A.      Usulan untuk menerima dana penelitian

B.       Uraian perihal komponen-komponen yang harus dilakukan guru

C.       Uraian projek penelitian pendidikan

D.      Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK


95.    Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK , kecuali…

A.      Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan

B.       Analisis kelaikan hipotesis tindakan

C.       Persiapan tindakan

D.      Observasi dan inperetasi.

BACA PEMBAHASAN DESAIN PTK

BACA PEMBAHASAN 4 TAHAP PTK

BACA PEMBAHASAN PROPOSAL PTK

BACA PEMBAHASAN LAPORAN PTK


SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN


96.  Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja , tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah....

A.      untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran

B.       untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.

C.       untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya

D.      untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.


97.  Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran yaitu melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yaitu ….

A.      Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil berguru penerima didik

B.       Untuk melaksanakan evaluasi diri terhadap hasil berguru yang telah dilakukan

C.       untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran

D.      Untuk berbagi model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu


98.  Kegiatan refleksi merupakan acara terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada acara inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip , diantaranya yaitu ....

A.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.       Penilaian dilaksanakan di simpulan pembelajaran

D.      Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga simpulan pembelajaran


99.    Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip , di antaranya yaitu ….

A.      Penilaian dilaksanakan di simpulan pembelajaran

B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

C.       Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan sangat kritis

D.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran


100.Untuk mengetahui keberhasilan berguru penerima didik , baik selama maupun setelah penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau wawancara perihal kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan menawarkan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yaitu ...

A.      Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?

B.       Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan biar efektif?

C.       Apakah kompetensi awal penerima didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?

D.      mengapa penerima didik kita menawarkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan

BACA PEMBAHASAN REFLEKSI PEMBELAJARAN

BAHAN LENGKAP (SOAL , PEMBAHASAN , RINGKASAN MATERI) OGN 2017 SELEKSI PROVINSI DAN FINAL TINGKAT NASIONAL BACA DI SINI

BREAKING NEWS
BACA PETUNJUK TEKNIS PKB-GURU PEMBELAJAR




0 comments:

Post a Comment