Tuesday, September 22, 2015

Teknik Melakukan SMASH / SPIKE Dalam Pemainan Bola Voli

Teknik Melakukan SMASH / SPIKE Dalam Pemainan Bola Voli Yang Harus Dikuasi Baik Materi Maupun Praktik Dalam Pelajaran Olahraga Oleh Siswa dan Guru Bidang Studi Olahraga.


Untuk memenangkan suatu pertandingan, teknik spike / smash sangat menentukan perolehan point demi poin. Sebab tim yang atletnya memiliki kualitas spke bagus secara teori bisa memenangkan suatu pertandingan bola voli, tentu harus dibarengi dengan kekompakan dan kerjasama lainya. Spike / Smash menjadi finishing dalam melakukan attack, jadi teknik ini sangat wajib dikuasai oleh atlet volley.

Berikut tahapan-tahapan teknik SMASH / SPIKE dalam permainan Bola Voli

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG BOLA VOLI LAINNYA:
Teknik Melakukan SMASH / SPIKE Dalam Pemainan Bola Voli
Gambar ilustrasi dalam melakukan teknik SMASH / SPIKE dalam Permainan Bola Voli

Tahapan Awalan
Dalam tahapan awal ini pemain perlu perhatikan terlebih dahulu datangnya bola umpan  lalu ambil jarak kira-kira 2,5 sampai 4 meter dari jatuhnya bola untuk selanjutkan melakukan loncatan.

Namun sebelumnya perhatikan secara seksama posisi kaki, pastikan menapak ditanah terlebih dahulu kemudian kaki satunya menysul di sebelahnya.

Atur arah sehingga posisi bola ada didepan pada saat akan melakukan loncatan, sedangkan pastikan mengarah atau menghadap jaring net. Saat akan meloncat kedua lengan menjulur ke depan kemudian di ayunkan ke belakang dan ke atas sesudah langkah pertama, setelah itu ayunkan ke depan sehingga pada saat meloncat kedua lengan itu tergantung ke bawah di depan tubuh.

Tahap Meloncat
Dalam melakukan pukulan right hand, pertama adalah melangkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa, setelah di ikuti oleh kaki kanan dengan langkah panjang dan kaki segera mengikuti dan letakkan pada samping kaki kanan.

Sedangkan Untuk pukulan left hand kebalikan dari right hand Pastikan saat meloncat, telah melakukannya dengan lancar dan tidak tersendat. Pada saat melakukan loncatan kedua lengan yang dalam posisi menjulur digerakkan keatas.

Tahap Memukul Bola Voli
PADA saat melakukan pukulan termasuk langkah penentuan, apakah bola akan meluncur sesuai keinginan karena itu gerakan dalam melakukan pukulan perlu disesuaikan dengan jenis smash yang akan dilakukan.

Gerakan memukul bisa menghasilkan pukulan yang baik dan efektif jika menggunakan lecutan tangan.

Dan ketika melakukan lompatan dan posisi tubuh sedang melayang di udara dimana dalam posisi itu tangan sudah terangkat, lalu melakukan pukulan dengan lecutan tangan, lengan dan badan membungkuk akan menghasilkan pukulan lebih sempurna

Tahap Mendaratkan Badan
KETIKA melakukan pendaratan guna mempertahankan keseimbangan dan tidak terjerembab atau (terjatuh) maka posisi tubuh bagian atas membungkuk ke depan sedangkan kaki juga diarahkan kedepan.

Kemudian mendarat dengan kedua kaki dengan posisi agak ditekuk dengan demikian keseimbangan akan tetap terjaga sehingga badan tetap dalam posisi aman dan siap ketika terjadi serangan balik dari tim lawan.

Demikian topik olahraga mengenai Teknik Melakukan SMASH / SPIKE Dalam Pemainan Bola Voli, silahkan dipelajari secara teori dan di praktikan pada saat pertandingan. Tentu sebelumnya harus ada bimbingan intensif oleh guru mata pelajaran olahraga masing-masing agar tidak terjadi cidera dan lainnya.

0 comments:

Post a Comment