Monday, September 14, 2015

Materi IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Metode Ilmiah

Materi IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Metode Ilmiah-Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP kurikulum 2013 kalian akan diberikan penjelasan materi tentang "metode ilmiah" materi tersebut akan sangat bermanfaat ketika kalian akan melakukan penelitian ilmiah kelak. Tentu pada pelajaran ini kalian akan diperkenalkan dengan bagaimana kalian melakukan kegiatan sains ilmiah yang sangat menyenangkan.

Untuk lebih jelas tentang materi metode ilmiah ini mari simak beberapa hal yang akan kalian ketahui seputar langkah langkah metode ilmiah.
Materi IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Metode IlmiahLangkah langkah meteode ilmiah yaitu:
1. Merumuskan masalah
Yang pertama dilakukan ketika hendak melakukan penelitian adalah menetapkan masalah yang akan dipecahkan, diteliti. Masalah harus di rumuskan secara jelas, dengan langkah sebagai berikut:
  1. Masalah hendaknya dinyatakan dalam bentuk kalimat tanya?
  2. Rumusan masalah harus singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Masalah merupakan masalah yang kemungkinan dapat dicarikan cara pemecahannya.
2. Merumuskan hipotesis dan tujuan
Pada saat merumuskan masalah, sebenarnya pada waktu tersebut jawabannya sudah ada dalam pikiran kita. Jawaban tersebut memang masih diragukan. Jawaban tersebut merupakan jawaban sementara sebelum menemukan jawaban yang sebenarnya.

3. Menyusun kerangkat teori
Kerangka teori merupakan penjelasan sementara  dari masalah suatu objek yang akan diteliti. Kerangka teori diperoelh dari referensi buku, majalah ilmiah, buletin ilmiah, jurnal ilmiah, dan atau hasil penelitian sebelumnya.

4. Memilih alat pengumpul data / instrumen
Alat pengumpul data (instrumen) merupakan alat bantu yang dipolih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatan pengumpulan data penelitian.

5. Mengumpulkan data
Merupakan kegiatan pengumpulan data untuk memperoleh data atau informasi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan penelitian.

6. Mengolah dan menganalisis data
Data yang dikumpulkan tidak akan berguna jika tidak dilakukan pengolahan atau penganalisisan. Langkah pertama dalam pengolahan data dengan cara pengelompokan data sesuai dengan sifat dan jenis data.

7. Membuat kesimpulan
Kesimpulan merupakan tujuan yang akan dicapai dalam keseluruhan proses penelitian.

8. Menyusun laporan ilmiah
Langkah terakhir dari proses penelitian adalah penyusunan laporan ilmiah.

Baca: Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Bab IPA dan Metode Ilmiah

// Download Soal soal UTS SMP Kelas 7,8,9 Semester 1

Itulah uraian singkat Materi IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Metode Ilmiah, semoga bisa membangun semangat belajar siswa siswi kelas VII smp pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di semester pertama ini.

0 comments:

Post a Comment