Tuesday, September 8, 2015

Langkah Langkah Penyusunan RPP Yaitu...

Langkah langkah penyusunan RPP itu seperti apa? Seperti apa tahapan menyusun RPP yang baik? RPP yang baik itu seperti apa? Bagaimana cara membuat RPP? RPP itu apa? 

Pertanyaan pertanyaan diatas sering kita dengar, baik dari guru newbie alias baru jadi guru, maupun dari guru senior. Membuat RPP itu memang gampang tapi susah, gampangnya kalau dikerjakan, dan susahnya ya susah mengerjakannya, bukan susah tapi malas.

Berikut langkah langkah bagaimana menyusun RPP tersebut:
    Langkah Langkah Penyusunan RPP Yaitu...
  1. menuliskan identitas mata pelajaran, yang meliputi: nama sekolah, kelas/semester, mata pelajaran/tema pelajaran, alokasi waktu, jumlah pertemuan.
  2. menuliskan standar kompetensi (SK). standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setap kelas dan suatu mata pelajaran. standar kompetensi bisa dilihat pada standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.
  3. menuliskan kompetensi dasar (KD); kompetensi dasar ada pada standar isi atau silabus pembelajaran yangtelah dibuat guru.
  4. menuliskan indikator pencapaian kompetensi (ndikator)
  5. merumuskan tujuan pembelajaran. 
  6. menuliskan materi ajar.
  7. menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
  8. merumuskan kegiatan pembelajaran. terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir
  9. menentukan media/alat/bahan/sumber belajar
  10. penilaian hasil belajar
BACA JUGA
Administrasi Guru SMA Kelas 10,11,12 (RPP, Silabus, Prota, Prosem, KKM dan SK) Lengkap
Ketahui Sebab Akibat Kekerasan Terhadap Peserta Didik (Penting Buat Guru)

Kira kira ada 10 langkah penyusunan rpp yang harus diketahui oleh guru. Kalau sudah tau silahkan mulai menyusun RPP sendiri dengan melihat contoh contoh rpp yang sudah ada. Kalau masih belum paham juga bisa minta bantuan ke rekan guru di gugus, atau langsung minta pencerahan pengawas pembina.

0 comments:

Post a Comment