Sunday, September 6, 2015

Pengertian Prakerin/PKL, Tujuan Prakerin/ PKL, dan Manfaat Prakerin / PKL

Pengertian Prakerin/PKL, Tujuan Prakerin/ PKL,  dan Manfaat Prakerin / PKL Bagi yang belum tahu tujuan praktek kerja industri (Prakerin) atau kalau dulu PKL alias praktik kerja lapangan, mari cari tahu jawabannya berikut ini. Oh ya sebelumnya, prakerin atau PKL ini hanya ada di SMK biasanya diadakan ketika kalian naik di kelas 11, biasanya sih diawal semester satu, atau ada juga sih yang Prakerin di kelas 12 semester pertama.

Apa itu Prakerin / PKL?
Pengertian Prakerin/PKL, Tujuan Prakerin/ PKL,  dan Manfaat Prakerin / PKLPraktek Kerja Industri (Prakerin) atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Disamping dunia usaha , Prakerin /PKL juga dapat memberikan keuntungan sendiri buat siswa, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bisa didapat didunia usaha. Begitu kira kira.

Tujuan Prakerin / PKL itu apa saja?
  1. Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
  2. Menumbuhkan & meningkatkan sikap profosional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha,
  3. Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya,
  4. Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Apa saja manfaat dari Prakerin / PKL tersebut?
  1. Menambah wawasan pada siswa/i.
  2. Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
  3. Mendapatkan pengalaman untuk bekal  pada saat bekerja nantinya.
  4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
BACA JUGA:
Profil 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik di Indonesia

Nah sekarang kalian sudah tau kan tentang pengertian prakerin/PKL, tujuan Prakerin/PKL, dan manfaat Prakerin/PKL tersebut. Kalau udah tau sekarang tinggal siap-siap saja buat nanti kalau kalian sudah dapat jadwal PKL.

0 comments:

Post a Comment