Thursday, September 17, 2015

Mengenal Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli

Mengenal Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli - Ini materi pelajaran olahraga yang harus diberikan oleh guru mata pelajaran olahraga baik secara teori maupun praktik. Sehingga siswa dapat mengetahui secara benar teori teori dari materi teknik dasar permainan bola voli ini, juga siswa pada akhirnya dapat mempraktikan semua teknik dasar yang diberikan guru.

Untuk mengetahui komptensi dari penguasaan teknik dasar perminan bola voli ini, guru dapat melakukan penilaian praktik, bagaimana teknik-teknik ini diterapkan atau digunakan oleh siswa secara personal ataupun pada saat pertandingan.

SEBELUMNYA BACA:
Autran Aturan Dalam Permainan Bola Voli Terbaru Yang Harus Diketahui Siswa

Mengutip pendapat para ahli bahwa: Dalam permainan bola voli ada beberapa bentuk teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik-teknik dalam permainan bola voli terdiri atas servis, passing bawah, passing atas, block, dan smash atau spike (Ahmadi, 2007:20)

Mengenal Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli

Dalam peraturan pengurus besar PBVSI bahwa beberapa teknik dasar bola voli:
  • service adalah pukulan bola yang dilakukan di daerah sebelah kanan belakang dari garis belakang lapangan permainan (daerah service) melampaui net ke daerah lawan. pukulan service dilakukan pada permukaan dan setelah terjadinya setiap kesalahan. pukulan service dapat berupa serangan bila bola dipukul dengan keras dan terarah.
  • passing adalah usaha atau upaya seseorang pemain dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk memperoleh bola kepada teman secepatnya untuk dimainkan di lapangan sendiri.
  • spike/smash adalah bentuk serangan yang paling banyak dipergunakan untuk serangan dalam upaya memperoleh nilai oleh suatu tim.
  • block (bendungan) adalah menggagalkan serangan lawan dengan cara membendung merupakan rintangan yang palin efektif. bendungan merupakan bagian dari pertahanan. 
Untuk lebih jelas, berikut satu persatu pengertian dari macam macam teknik dasar dalam permainan bola voli yang harus dipahami siswa:

Demikian materi tentang Mengenal Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Voli  pada mata pelajaran Olahraga ini, semoga bermanfaat dan siswa pun jadi lebih paham dan tahu beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli ini.

0 comments:

Post a Comment