Tuesday, October 13, 2015

Apa itu PIVOT Dalam Permainan Bola Bakset (Edisi Bola Basket Bagian 6)

Apa itu PIVOT Dalam Permainan Bola Bakset (Edisi Bola Basket Bagian 6)-Pernah mendengar PIVOT ketika membicarakan permainan bola basket? Atau mungkin ketika ulangan sekolah ada pertanyaan begini, apa yang dimaksud dengan pivot dalam permainan bola basket? Kali ini kita akan menjelaskan pengertian PIVOT tersebut.

Seorang pemain basket harus menguasai teknik PIVOT, terutama pemain yang dalam posisi penyerang. Karena dengan menguasai teknik ini pemain akan memiliki kemungkinan besar untuk melakukan shooting. Teknik ini juga akan menyulitkan pemain belakang lawan. >>Baca juga: Teknk-teknik dasar dalam permainan bola basket

Apa itu PIVOT Dalam Permainan Bola Bakset (Edisi Bola Basket Bagian 6)
Gambar ilustrasi pemain basket saat melakukan Pivot. Sumber gambar: Google
Pengertian PIVOT dalam permainan Bola Basket
PIVOT adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sambil memegang bola basket. Dengan ketentuan sebagai berikut:
  • gerakan putaran pada pivot  tidak boleh sampai menggeser letak kaki yang dipakai berputar. jika sampai bergeser maka sudah termasuk pelanggaran.
  • gerakan berputar itu bisa sampai 380 derajat. 
  • pivot dilakukan oleh pemain bola basket dengan tujuan untuk menyelamatkan bola agar tidak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan.
>>Baca: Ukuran lapangan Basket standar internasional 

Gerakan-gerakan yang dilakukan oleh seorang pemain setelah melakukan pivot yaitu:
  • a. setelah pivot kemudian dribble (membawa bola)
  • b. setelah pivot kemudian passing (melempar bola)
  • c. setelah pivot kemudian shooting (menembakan bola)

Bagaimana cara melakukan PIVOT?
Teknik dasar dari POVOT adalah:
  • pilih salah satu kaki anda sebagai poros kaki kita dan mentransfer berat badan kita di atasnya.
  • kita bebas untuk mengangkat dan memindahkan kaki kita yang lain sepanjang poros kaki kita tidak bergerak.
  • setelah menyelesaikan pivot, kembali ke sikap dasar dan bersiap-siap untuk langkah berikutnya.
PIVOT juga bisa dilakukan pada saat seorang pemain akan melakukan shooting atau mengoper bola basket kepada pemain lain. seorang pemain dapat memutar dan bergerak dengan satu kaki tetap di tempat, di lantai. kaki yang dipilih sebagai "poros", atau "poros kaki", dan jika sampai bergeser maka pemain tesebut dikenai pelanggaran oleh wasit. >>Baca: Peraturan-peraturan dalam permainan Bola Basket

Selain artikel tentang Bola Basket ini, kamu juga dapat membaca artikel olahraga lainnya diantaranya artikel tentang permainan bola voli ini:
>>Mengenal teknik-teknik dasar dalam permainan Bola Voli
>>Aturan-aturan baru dalam permainan Bola Voli

Nah sekarang kamu sudah tahu kan apa itu pivot dalam permainan bola basket? Dengan penjelasan singkat diatas, diharapkan kamu mengerti atau setidaknya mempunyai gambaran tentang teknik PIVOT dalam permainan bola basket. Minta keterangan lebih detail kepada guru olahraga kamu di sekolah, dan minta pula guru basket kamu tersebut untuk memberikan contoh dari teknik pivot ini!

0 comments:

Post a Comment