Sunday, October 11, 2015

Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional (Edisi Bola Basket Bagian 3)

Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional (Edisi Bola Basket Bagian 3)-Kita lanjutkan materi permainan bola basket, yang sudah dibahas pada dua posting terdahulu yaitu sejarah bola basket dan teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket.

Berikut hal hal yang berkaitan dengan ukuran bola basket
Sama halnya seperti olahraga lainnya, olahraga ini juga memiliki ukuran lapangan basket yang sudah ditetapkan oleh federasi tertinggi yaitu FIBA. Berikut ukuran lapangan basket yang sudah standar internasional :
  • Lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Di bagian tengah ada lingkaran yang mempunyai jari-jari 1,80 meter. Untuk ukuran lingkaran, jari-jarinya diukur mulai dari sebelah luar lingkaran.
  • Garis tembakan hukuman : area ini berbentuk melengkung, dan digunakan untuk melakukan tembakan hukuman yang disebabkan pemain melanggar lawan.
  • Papan pantul : papan pantul dapat terbuat dari katun / bahan lain yang terpenting sifatnya sama, tebal papan pantul 3 cm. berbentuk persegi panjang dengan panjang 1,80 meter dan lebar 1,20 meter. Di tengahnya terdapat garis bingkai yang berbentuk persegi panjang yang berukuran 0,59 m x 0,45 m.
  • Tiang penyangga : tiang penyangga atau disebut dengan simpei yang berbahan besi. Memiliki garis tengah 20 milimeter, tiang penyangga harus memiliki ketinggian 3,03 meter dari atas permukaan lantai.
  • Bola basket : harus memiliki keliling antara 75 cm – 78 cm, serta berat sekitar 600 grm – 650 grm.
Artikel di atas merupakan penjelasan dari aturan standar dari FIBA tentang ukuran lapangan basket. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kamu tentang basket.

Materi olahraga bola basket lainnya:
Sejarah Permainan Bola Basket (Edsi Bola Basket Bagian 1)
Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket Lengkap
Untuk ilustrasi lapangan bola basket internasional bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini:

Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional (Edisi Bola Basket Bagian 3)

Beberapa topik olahraga lain bisa anda baca:
Selain topik olahraga, kalian juga bisa membaca beberapa top artikel lainnya, diantaranya:
Demikian beberapa informasi tentang ukuran lapangan bola basket standar internasional yang bisa admin bagi pada kesempatan posting kali ini. Semoga ada manfaatnya. Jangan bosan untuk terus belajar, terutama buat kamu yang naksir sama permainan bola basket ini. Keep semangat...

0 comments:

Post a Comment