Thursday, October 15, 2015

Mau Kuliah Dimana Setelah Kamu Lulus Sekolah?

Mau Kuliah Dimana Setelah Kamu Lulus Sekolah? Pertanyaan itu mesti kamu siapkan jawabannya dari sekarang. Ini buat kamu yang saat ini kelas 12 tentunya. Karena bentar lagi kamu akan lulus, dan setelah lulus tentu kamu akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu kuliah. Memilih jurusan sangat menentukan terhadap masa depan kamu, salah pilih jurusan itu sama saja membuang-buang biaya. Begitupun dengan memilih universitas, salah pilih universitas bisa-bisa ijazah kamu setelah lulus tidak diakui, ini terkait makin banyaknya kampus abal-abal yang belakangan mulai diberantas pemerintah.

Ada ratusan universitas negeri di Indonesia, dan lebih banyak lagi dari bilangan itu jumlah universitas swasta di Indonesia. Di setiap unversitas ada banyak fakultas yang juga banyak jurusannya. Nah, sedari sekarang mestinya kamu sudah mulai memikirkan jurusan apa yang akan kamu pilih dan di universitas mana kamu akan kuliah?

Mau Kuliah Dimana Setelah Kamu Lulus Sekolah?

Tidak penting, universitas negeri atau swasta
Jangan tergoda promosi, dan bujukan teman atau pacar kamu untuk memilih universitas dan jurusan tertentu, kalau ternyata itu bukan yang terbaik menurut kamu. Pilihlah jurusan yang memang sesuai dengan minat kamu. Dan pilihlah universitas yang sudah jelas baik gedung, akreditasi dan mutunya. Tidak penting memilih universitas negeri atau swasta, yang lebih penting adalah mutu dari universitas tersebut, baik atau tidak.

Untuk mengetahui muru suatu universitas, kamu bisa melihat dari fasilitas yang ada disana, tentu bukan cuma fasilitas secara keseluruhan tapi lebih spesifik fasilitas yang terdapat untuk jurusan yang kamu pilih. Percuma saja lab komputernya baik dan canggih kalau jurusan yang kamu pilih tidak terlalu memerlukan lab komputer.Cari tahu pula tentang mutu dosen disana, apakah profesional atau abal-abal. Untuk mengetahui dosen di universitas yang akan kmau pilih itu profesional atau abal-abal, kamu bisa mencari tahu latar pendidikannya apakah sudah S2, S3 atau masih S1 tapi profesional. Kamu juga bisa menelusuri karya-karya dari dosen tersebut, entah tulisan atau prestasi lainnya yang biasanya bisa dengan mudah kita minta ke pihak universitas.

Baca juga:>> Bener Gak Sih Fakta Ini Yang Kamu Alami Saat SMA?

Yang biayanya mahal pasti mutunya bagus
Universitas atau kampus-kampus yang membanderol biaya kuliah mahal memang rata-rata mutunya kelas satu. Tapi itu bukan berarti jaminan bahwa jurusan yang kamu pilih mutunya kelas satu di unviersitas tersebut. Bisa saja sebaliknya. Karenanya kamu harus jeli dan banyak bertanya dan mencari tahu sebelum kamu memutuskan kuliah di kampus yang mahal tersebut.

Kalau sudah tau secara detail mutu jurusan yang kamu pilih, tau pula siapa yang akan menjadi dosen kamu, di ruang mana dan fasilitas belajarnya seperti apa, baru kamu pertimbangkan dengan biaya kuliahnya apakah bisa orang tua kamu memenuhinya atau tidak. Ini juga menjadi pertimbangan selanjutnya....

Baca juga:
Fakta Ini Bisa Meyakinkan Kamu Bahwa Pacaran Itu Bisa Membuat Prestasi Kamu Anjlok

Memilih jurusan kuliah
Memilih jurusan kuliah juga gampang-gampang susah. Kesannya gampang tinggal pilih, tapi ternyata susah juga sebab ketika memilih jurusan maka kamu sudah menentukan mau jadi apa kamu nanti. Memilih jurusan kedokteran berarti kamu nantinya siap untuk menjadi dokter. Memilih jurusan komputer maka masa depan kamu juga tidak akan jauh-jauh dari teknologi komputer.

10 Kampus Terbaik Versi Kemenristek Dikti Yang Layak Kamu Pilih Sebagai Tempat Kuliah

Untuk memilih jurusan, kamu harus sesuaikan dengan minat hobi dan keilmuan yang ingin kamu pelajari secara serius, bukan cuma ikut trend dan ikut saran teman dengan iming-iming lapangan kerja untuk jurusan yang kamu pilih itu banyak. Tapi pilhlah jurusan yang memang sangat kamu minati dan menarik keingintahuan kamu untuk belajar lebih serius dibidang tersebut.

0 comments:

Post a Comment