Thursday, October 15, 2015

Tahukah Kamu Perbedaan BASEBALL dan SOFTBALL?

Tahukah Kamu Perbedaan BASEBALL dan SOFTBALL? Hai kawan, bagi kamu yang masih bingung untuk membedakan sofball dengan baseball, hari ini tidak perlu bimbang (cieee bahasanya bimbang, kaya judul lagu aja ya?) lagi karena saya akan membahasnya pada artikel ini. Kalau udah baca artikel ini dijamin kamu bakal bisa negebedain antara Baseball dan SoftBall.

Berikut coba kamu baca dengan seksama bahasan mengenai Baseball dan Softball ini. Bacanya sampai tuntas ya biar tidak ada info yang kelewat.

Tahukah Kamu Perbedaan BASEBALL dan SOFTBALL?
Ilustrasi Gambar dari en.wikipedia.org
Sofbol atau softball
softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim. Permainan softball lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago padatahun 1887. Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol(baseball) atau hardball. Bola Softball saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter, bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemainlawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Terdapatsebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari (runner) hingga menyentuh base akhir yaitu home plate.Terdapat tiga tipe permainan softball yaitu : fast pitch softball (permainan yang sengat ditentukan oleh kekuatan pitcher), Modified pitch softball (melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch ) dan Slow pitch softball (memberikan kemudahan bagi batter untuk memukul bola).

Ilustrasi Gambar dari cnn.com

Bisbol atau baseball
Baseball adalah olahraga yang dimainkan dua tim.Pelempar (pitcher) dari tim yang melempar berusaha melempar bola yang disebut bola baseball,sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat). Tim yang melempar (defense) berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim yang memukul (offense) agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar.Tim yang memukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh base. Baseball juga disebut sebagai hardball untuk membedakannya dengan sofbol.

Baseball adalah olahraga yang dilakukan secara tim dan populer di Amerika Utara, Amerika Latin,Karibia, dan Asia Timur. Di banyak negara, baseball merupakan olahraga utama. DiAmerika Serikat, baseball adalah pengisi waktu luang nasional (national pastime),untuk menyaksikan Liga Baseball Amerika melebihi jumlah penonton olahraga jenis lainnya,tapi dikalahkan Sepak bola Amerika (futbol) dalam jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan melalui televisi.Meskipun Baseball dan Softball nampak sejenis, namun ada perbedaan mendasar didalamnya.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara baseball dengan softball adalah :
  • Baseball hanya dimainkan oleh Pria, maka kadang Baseball juga disebut Hardball,sedangkan Softball bisa dimainkan oleh pria dan wanita.
  • Bola Softball besar (lebih besar beberapa inch dari bola Baseball), Baseball lebih kecil(seukuran bola tenis lapangan).
  • Cara melempar pun beda, Softball dilempar dari bawah ke atas, sedangkan Baseballdari atas lurus ke arah Pemukul (Batter).
  • Ukuran lapangan pun beda, bentuknya sih sama, tapi Baseball lebih besar dibandingSoftball.
Dan beberapa perbedaan lainnya....
Area pelempar bola (Pitcher) di Baseball ada gundukan tanahnya atau disebut Mount sedangkan Softball rata-rata aja.Tapi keduanya mempunyai Plate (semacam base yang berbentuk pesegi panjang) sebagai tempat pitcher. Di plate ini pun terjadi perbedaan, dibaseball ketika akan melempar pitcher dapat menyentuh plate hanya dengan meletakkan satu kakinya, sedangkan di softball diharuskan untuk meletakkan kedua kakinya di plate tersebut.

Dari segi permainan, terdapat peraturan yang disebut stealing atau mencuri base. Jika batter atau pemukul telah berhasil mencapai base 1,2 atau 3, maka pada giliran batter selanjutnya runner yang berada di base dapat meninggalkan base sejauh 3 langkah dan berlari ke base selanjutnya dengan kondisi bola telah lepas dari lemparan pitcher. Hal ini terjadi dibaseball,sedangkan di softball runner tidak dizinkan meninggalkan base se inci pun. Jadi,di softball stealing benar-benar mengandalkan kecepatan lari dari runner. Peraturan ini diberlakukan karena jarak antar base di softball lebih pendek dibanding baseball.

>>Baca juga: Sejarah Permainan Bola Basket Masuk Indonesia

Nah sekarang udah tau kan perbedaan Baseball dan Softball? Dari artikel di atas, semoga kamu tidak bingung lagi dengan permainan baseball dengan softball. Dan untuk kamu yang membacanya, selamat mencoba olahraga yang asyik ini.

#Kiriman tulisan dari: Suryati, siswi SMK Nida El-Adabi, Bogor

0 comments:

Post a Comment