Saturday, October 24, 2015

Keseharian Siswa SMA di Jepang itu Ternyata Seperti ini..... Mau Tau?

Keseharian Siswa SMA di Jepang itu Ternyata Seperti ini..... Mau Tau? Selalu penasaran kalau udah ngomongin segala sesuatu di Jepun, apalagi kalo topiknya sekolahan. Kalau lihat di anime-anime itu kayaknya siswa siswi SMA di Jepang itu keren-keren banget bikin ngiri pokoknya. Itu kan anime, realitanya kayak gimana ya? Karena penasaran banget, admin TopikSekolahan kepakse deh browsing-browsing buat nyari info tentang keseharian siswa SMA di Jepang, dan akhirnya dapet beberapa info keren yang cocok buat topik ini. Yuk kita cari tahu seperti apa sih kebiasaan siswa SMA di Jepang itu?
Keseharian Siswa SMA di Jepang itu Ternyata Seperti ini

Di Jepang kegiatan jam Sekolah dimulai pukul 08.30
Di Jepang itu jam mulai kegiatan sekolah itu pulul 08.30. Kenapa siang amat ya? Sebab di Jepang itu kalau jam 7 itu belum terlalu terang kayak subuh-subuh lah. Nah kalau udah jam 08.30 baru terang. Dan kalau pukul 19.00 malam disana masih terang, alias belum malam. Jadi alasan di Jepang mulai jam sekolahnya pukul 08.30 itu lantaran faktor cahaya matahari disana. Tapi seperti di Indonesia, para siswa itu udah bangun pagi-pagi sekali buat nyiapin ini itu yang akan dibawa ke sekolah.

Para siswa itu berangkat ada yang naik kereta, bus, sepeda, jalan kaki ke sekolah-sekolah yang tempatnya jauh dari tempat tinggal mereka. Jarak yang jauh tidak masalah bagi siswa di Jepang, yang penting sekolahnya punya reputasi bagus dan berkualitas. Ketika di perjalanan, misalnya di dalam kereta siswa di Jepang itu kebanyakan anteng mendengarkan musik dan baca buku. Biasanya sih Novel yang mereka baca.

Siswa SMA di Jepang Membaca Buku

Oh ya, untuk menunjukan reputasi Sekolah itu berkualitas, para siswa disana dilarang untuk tidak membaca, mengunyah permen karet, makan dan minum sambil berjalan. Kalau udah sampe di Sekolah para pelajar itu kudu melepas sepatunya dan menaruhnya di Loker, dan harus menggantinya dengan menggunakan sepatu khusus di dalam kelas (Uwabiki).

UWABUKI

Baca:
Di Jepang Itu Murid Murid Harus Buka Sepatu Sebelum Masuk Kelas Dan Memakai Sepatu Yang Disediakan Sekolah, Kenapa ya?

Mata pelajaran SMA di Jepang itu apa saja ya?
Para pelajar di Jepang itu sebelum memulai pelajaran terbiasa memberi salam terlebih dahulu, sama seperti di Indonesia, tentu dengan salam khas Jepang, yaitu berdiri dan membungkuk. Lihat deh film-film Jepang.

Mata pelajaran di SMA Jepang

Mata pelajaran pokok di Jepang adalah Bahasa Jepang sebagai bahasa nasional. Dan pelajaran lainnya yaitu Bahasa Inggris. Oh ya untuk memudahkan pelajaran bahasa asing, di Jepang itu para pelajar semuanya menggunakan kamus elektronik. Bukan cuma bahasa asing sih, bahasa Jepang sendiri terasa lebih mudah kalau menggunakan kamus elektronik tersebut. Dan Sekolah di Jepang memiliki Gedung Olahraga, halaman sekolah dan kolam renang sendiri. Gedung olahraga tersebut digunakan pada jam mata pelajaran olahraga.

Siswa di Jepang itu pada bawa Bekel 
Pada jam istirahat sekolah para pelajar di Jepang makan makanan yang mereka bawa sendiri dari rumah, alias pada bawa bekel. Makanan yang mereka makan biasanya dibuatkan oleh ibu mereka atau mereka siapkan sendiri sebelum berangkat ke Sekolah. Dimana mereka makan? Kelas juga bisa dijadikan tempat melahap bekel mereka selain di kantin. Wiiih....

Keseharian Siswa SMA di Jepang itu Ternyata Seperti ini..... Mau Tau?

Pulang sekolahnya jam 4 sore
Jam sekolah di Jepang berakhir pukul 16.00 lewat. Sama seperti di kita, sebelum pulang para siswa itu kudu membersihkan kelas terlebih dahulu, ada yang ngebersihin papan tulis, nyapu, ngepel dan kegiatan membersihkan kelas lainnya. Kalau udah beres, mereka harus menggnti kembali sepatu khusus yang mereka kenakan dengan sepatu mereka yang ditaro di loker. Baca:>> Guru-guru ini mengajar dengan cara yang tidak lazim banget 


Tidak semua pulang sih, masih ada pelajar yang tetep di sekolah untuk mengikuti BIMBEL. Biasanya sih anak kelas XII yang sedang mempersiapkan ujian semester dan persiapan masuk perguruan tinggi. Oh ya di Jepang itu gak ada yang namanya UJIAN NASIONAL.

Baca juga topik ini:
Tips Mendekati Cowok Kalem dan Cuek di Sekolah Agar Jatuh Cinta Sama Kamu
Kumpulan Soal UTS SMA IPA IPS Semester 1/Ganjil Kelas 10,11,12 KTSP
Bocoran Soal UN SMA SMK tahun 2016 lengkap

Nah itulah cerita singkat tentang keseharian siswa SMA di Jepang, semoga bisa memberi referensi dan pengetahuan tentang kultur budaya dan habit para pelajar di Jepang sana, kita ambil positifnya dan buang yang negatifnya. Kayaknya sih positif semua ya, contohnya sebelum pulang mesti bersih-bersih kelas dulu, padahal di kita kebiasaan seperti itu udah males banget dilakuin para siswa. Referensi: http://gierei-nyappy.blogspot.co.id

0 comments:

Post a Comment