Thursday, August 6, 2015

Mendikbud: Empat Pola Pengajaran untuk Hadapi Tantangan ke Depan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan dalam menghadapi tantangan di masa depan, ada empat pola pengajaran yang dapat diterapkan kepada peserta didik. Yakni berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

Anies mengatakan jika dulu pendidikan lebih menekankan pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, maka pendidik masa depan adalah pendidik yang mampu membaca perubahan zaman. Empat pola pengajaran tersebut sifatnya adalah mengajarkan, menginspirasi, dan menggerakkan

Lebih lanjut Anies mengatakan bahwa guru yang menjadi teladan untuk berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif sangat dibutuhkan bagi para guru masa depan. Apabila guru dapat menjadi inspirator bagi murid-muridnya tentu akan diingat sepanjang masa.

Dikatakannya lagi bahwa pendidikan tidak selalu dalam hal administratif tetapi juga dalam arti yang luas. Anies berharap agar guru dapat berinteraksi dengan baik kepada para siswa. Dengan adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa, maka para siswa akan meneladani dengan melihat apa saja yang dilakukan gurunya.

"Jika itu diterapkan dalam pemberian materi pelatihan, maka menjadi bagian dari menciptakan guru masa depan. Selain itu juga penekanan interaksi baik antara guru dan siswa menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar," kata Mendikbud
(Dikutip dari kemdikbud.go.id dan sumber lainnya)

0 comments:

Post a Comment