Tuesday, August 18, 2015

8 Tips Menjadi Ketua OSIS yang Disegani

8 Tips Menjadi Ketua OSIS yang Disegani  -Kalau kamu tahun ini kepilih jadi ketua OSIS, admin TS cuma mau ngucapin "congrat" buat kamu. Berarti kamu hebat dan punya talent sebagai leader. Gak semua siswa punya kemampuan kayak kamu, minimal punya keberanian untuk maju di calonkan menjadi kandidat ketua OSIS.

Tapi jangan bangga dulu, kepilih jadi ketua OSIS bukan berarti kamu selesai dan merasa menjadi siswa pilihan yang terpilih secara demokratis oleh suara terbanyak rakyat sekolah kamu. STOP jauh jauh pikiran kayak begitu. Sebab kepilih jadi ketua OSIS, ini adalah START kamu untuk menunjukan kemampuan memimpin kamu, kemampuan mewujudkan visi misi kamu pada saat kampanye dulu. Kalau kamu bisa meimipin, dan perlahan mampu merealisasikan semua visi misi kamu berarti kamu leader yang hebat dan dengan sendirinya kamu akan di hormati masyarakat akademik sekolah kamu, tapi kalau tidak, hhmmmm siap-siap hukum alam akan menghakimi kamu....mosi tidak percaya, atau bisa jadi akan terjadi revolusi penurunan ketua OSIS.

8 Tips Menjadi Ketua OSIS yang Disegani
Nah sebelum hal buruk terjadi, admin TS mau bagi-bagi tips bagaimana kamu bisa menjadi ketua OSIS yang disegani. Disegani maksudnya di hormati. Dihormati korelasinya dengan ACTION kamu.
  1. Sesudah kamu terpilih dan resmi di lantik menjadi ketua OSIS segera melakukan koordinasi dengan anggota-anggota OSIS lainnya. Anggota OSIS biasanya adalah kandidat yang tidak terpilih, maka segera berkoordinasi dengan mereka, anggap saja ini koalisi. Buat pendekatan intensif, ajak bicara dengan hati kamu agar mereka memahami visi misi kamu.
  2. Bangun komunikasi yang baik dengan anggota kamu, beri kebebasan pada mereka untuk memberikan ide-idenya ke kamu, tapi tetep kamu mesti punya pakem aturan yang mesti dipatuhi semuanya. Dan inget, kamu gak bakal bisa mewujudkan satu pun dari visi misi kamu tanpa dukungan anggota, maka bekerjasamalah dengan mereka.
  3. Buag agenda rapat, kapan, dimana, dan berapa kali dalam sebulan. Rapat itu penting bro buat koordinasi anggota-anggota kamu, tapi jangan terlalu sering, sebab rapat yang terlalu sering kadang bikin bete, sebab anggota lain juga punya kehidupan lain diluar organisasi bernama OSISI ini.
  4. Jangan jadi pemarah kalau ada anggota yang menurut kamu tidak satu visi, dekati dia dan ajaklah berbicara di kantin sekolah, sekali-kali kamu harus "royal" dengan mentraktir temen kamu yang an organisasi tersebut. Ini bukan nyogok, tapi ini model diplomasi modern yang dalam menyelesaikan suatu masalah gak mesti dengan urat leher.
  5. Capai target pertama dari misi kamu, kalau target yang pertama dapat diraih, target berikutnya juga bukan sesuatu yang tidak mungkin. Apa target pertama kamu? 
  6. Berkoordinasi dan bekerjasamalah dengan organisasi sekolah lainnya, seperti dengan PMR, Paskibra, atau eskul lainnya baik di sekolah kamu maupun dengan organisasi diluar sekolah kamu.
  7. Berkoordinasi pula dengan guru pembimbing OSIS kamu, dengan kesiswaan, dan dengan guru lainya, ajak bicara mereka untuk memberikan pemikirannya terhadap target-target kamu.
  8. Yang lebih penting jangan TUKIEM, alias sesudah dibentuk diem. Koar-koarnya cuma waktu kampanye doang tapi setelah terbentuk kamu "not responding" alias diem gak melakukan apa-apa.
tips menjadi ketua OSIS
BACA JG:
Ini Dia 12 Tips Menjadi Ketua Kelas Yang Disegani
Uraian Tugas Ketua Kelas, Wakil Ketua Kelas, Sekretaris dan Bendahara Kelas
19 Alasan Kenapa Pacaran Dilarang di Sekolah

Nah setidaknya itu 8 tips yang bisa kamu coba agar kamu bisa menjadi ketua OSIS yang disegani. Ingat, dalam organisasi itu banyak halangan rintangannya, tapi itulah seni berorganisasi, kerjasama yang baik dengan seluruh anggota menjadi kunci sukses keberhasilan memimpin kamu sebagai ketua OSIS.Tips ini terinspirasi dari tulisannya pak Namin di blognya yang berjudul tips menjadi ketua osis yang oke.

0 comments:

Post a Comment