Thursday, August 27, 2015

Tips Cara dan Kunci Mengatasi Siswa Terlalu Banyak Bicara di Dalam Kelas

Tips Cara dan Kunci Mengatasi Siswa Terlalu Banyak Bicara di Dalam Kelas  -Topik ini bermanfaat buat guru baru, dan masih layak dibaca buat guru-guru senior lainnya. Pernahkah anda menemukan salah satu siswa atau beberapa siswa yang terlalu banyak bicara, saling cela tidak jelas, sahut-sahutan dengan temannya, ngelawak dan lainnya yang tentunya sangat mengganggu proses mengajar anda?

Susasana seperti ini tentu tidak diinginkan oleh guru, bukan cuma mengganggu tapi juga menghambat tercapainya target-target mengajar hari itu. Guru yang baik tentunya dapat mengatasi hal itu dengan cara cantik. Namun, guru yang tidak baik, dia akan marah atau terbawa arus sehingga pembelajaran menjadi rusak dan tujuan pembelajaran tidak tercapai.

Tips-tips berikut bisa anda coba untuk mengatasi siswa yang terlalu banyak bicara yang tidak jelas di dalam kelas, suka saling cela, dan lainnya.
  • Abaikan Saat mengajar, tiba-tiba ada seorang siswa yang nyerocos bicara tidak jelas, nyela-nyela, ngelawak tidak jelas mencari perhatian. Kalau yang seperti ini sendirian, guru perlu mengabaikan, jangan dilihat, dan pandangan arahkan ke teman lain yang diam. Biarkan saja. Siswa itu akan menghentikan sendiri bicaranya.
  • Tegurlah Jika terus menerus dan mengganggu konsentrasi kelas, guru perlu menegur siswa tersebut. Teguran itu upayakan didengar oleh teman lainnya sehingga siswa yang banyak bicara itu merasa malu.
  • Ingatkan jika siswa banyak bicara berlangsung agak lama dan dilakukan banyak siswa, guru perlu memberikan peringatan dengan suara lebih keras, tepuk, atau ketuk sambil ucapkan kata "coba perhatikan", dengan agak lantang. Tentu langkah ini agak mengganggu yang lainnya, dan cenderung membuat susasana kelas agak tegang. Untuk itu cairkan kembali dengan kemampuan apersepsi anda.
  • Hukumlah Siswa yang berkali-kali berbicara tidak jelas tanpa memperhatikan peringatan atau teguruan perlu diberikan hukuman yang tentunya bersifat mendidik. Umpamanya, siswa itu ditunjuk untuk mengerjakan soal dengan jumlah lebih atau hukuman nonfisik lainnya. Ingat pula hukuman bukan berarti menghakimi, melainkan memberi konsekuensi logis atas prilaku siswa yang mengganggu tersebut.
Nah sebenarnya, Siswa yang terlalu banyak bicara atau overspeech merupakan perwujudan dari rasa ingin diperhatikan, dianggap paling jago, dan disegani dan modus ingin tampil lainnya. Itu merupakan hal yang wajar, namun kalau berlebihan, pembelajaran akan terganggu tentunya.

Baca: Kiat Kiat Sukses Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Murid

Kunci agar siswa tidak terlalu banyak biacara yang tidak jelas
Siswa terlalu banyak bicara bisa terjadi di setiap situasi. Apalagi, saat guru tidak siap, tanpa media, dan tanpa perencanaan, siswa banyak bicara akan terjadi lebih serius dan membuat gaduh. Kunci agar siswa tidak terlalu banyak biacara yang tidak jelas adalah:
  •  Kuasailah kelas dengan tampilan dan suara yang baik dan mudah diterima siswa; 
  • Jangan cepat tertawa dengan lelucon dangkal dari siswa yang hanya bersifat menggoda; 
  • Aturlah pandangan ke semua siswa tanpa pandang buluh; 
  • Berjalanlah dengan penyesuain tinggi terhadap perencanaan; dan 
  • Jangan salah ucap, salah berdiri, dan jangan menggunakan pakaian yang membuat siswa tertawa.
Nah itulah tips dan cara serta kunci mengatasi kendala proses KBM lantaran ada beberapa siswa yang overspeech, bicara tidak jelas, cela mencela sesama teman, dan lainnya yang membuat konsentrasi anda sebagai guru menjadi terganggu. Semoga Tips Cara dan Kunci Mengatasi Siswa Terlalu Banyak Bicara di Dalam Kelas  ini bisa membantu. Beberapa referensi diambil dari blog ini.

0 comments:

Post a Comment