Friday, August 21, 2015

TU Sekolah di Inggri itu Ternyata Seperti ini....

TU Sekolah di Inggri itu Ternyata Seperti ini.... Bagian tata usaha itu memegang peranan penting bagi sekolah, kaitannya dengan administrasi keuangan dan pekerjaan-pekerjaan ketatausahaan lainnya. Tapi tahukah anda bahwa TU di Indonesia itu berbeda dengan TU yang ada di Inggris. Bukan soal gaji, sebab kalau ngomongin gaji pasti jauh banget bedanya, tapi peran TU tersebut. Ternyata kalau di Inggris TU itu bukan ditunjuk oleh pemerintah karena di Inggris sekolah punya otonomi sendiri, jadi TU datang dan bekerja berdasarkan bidang profesional mereka.

Sebenarnya di Indonesia juga TU tidak melulu datang lantararan di tunjuk oleh pemerintah lantaran lolos CPNS. Banyak sekolah yang menerima tenaga kependidikan yang satu ini secara otonomi, tetapi perannya ganda, bukan cuma ngurusin administrasi, melainkan ngurusin pekerjaan lain pula seperti ngurusin administrasi kepala sekolah, ngetikin administrasi guru, bahkan ada TU yang juga mendapat tugas mengajar.

TU Sekolah di Inggri itu Ternyata Seperti ini....
Baca: Ternyata di Inggris itu Orang Tua Bisa Masuk Penjara Kalau Anaknya Bolos Sekolah

Di Inggris, TU itu dibagi empat, yaitu school assistant,  clerical assistant, finance assistant, dan general assistant. TU disini datang dan bekerja di sekolah berdasarkan kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk bekerja dibidang mereka. Karenanya pengalaman dan sertifikat pendidik sangat menentukan dalam kerja mereka, dan mereka bekerja pada bidang disiplin ilmu masing-masing.

Hal ini beda tentunya dengan TU di Indonesia, mereka harus bekerja di semua bidang yang ditugaskan oleh kepala sekolah dan kepala TU. Mereka bekerja tidak sesuai dengan disiplin ilmu mereka. Lulusan SLTA tapi mengelola administrasi keuangan, maka tak heran kalau sistem keuangan di Sekolah kadang tidak jelas dan tumpang tindih.

BACA JUGA YANG INI:
Ini Dia Ciri Kepala Sekolah yang Korupsi
Supaya tidak Nyontek Guru di Sekolah ini Tutupi Muka Muridnya dengan Kertas..
Tugas pokok Wali Kelas dan 12 Langkah menjadi Wali Kelas Profesional

#Referensi: Muhamad Yamin lewat tulisannya di beritapendidikan.com yang dishare ulang disini.

0 comments:

Post a Comment